Comscore Tracker

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Kota ini terletak di pesisir pantai yang indah #LokalIDN

Sumbawa merupakan sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Sumbawa. Salah satunya adalah Kota Bima.

Ada hal menarik apa saja di Kota Bima ini? Nah, untuk menambah wawasanmu tentang Kota Bima di Pulau Sumbawa, simak 9 potret dan fakta menarik dari Kota Bima di bawah ini.

1. Bima merupakan sebuah kota yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret gerbang Kota Bima (instagram.com/imanfals31)

2. Kota Bima merupakan kota terbesar yang ada di Pulau Sumbawa. Jika pergi ke Sumbawa, wajib berkunjung ke Bima!

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratilustrasi wisatawan berselancar di perairan Sumbawa (unsplash.com/Marvin Meyer)

3. Kota Bima awalnya adalah bagian dari Kabupaten Bima, namun resmi dimekarkan menjadi kotamadya pada tahun 2002 yang lalu

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpelaksanaan salat Idul Fitri dengan latar Kota Bima (instagram.com/rizky_uqy)

4. Kota Bima terletak di antara Kabupaten Bima dan seluruh perbatasannya dikelilingi oleh Kabupaten Bima dan Teluk Bima

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret Pantai Kalaki, Kabupaten Bima (instagram.com/athun322)

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata di Bima dengan Panorama Alam yang Memukau

5. Di masa lampau, Kota Bima merupakan wilayah Kesultanan Islam Bima. Hingga kini penduduk Kota Bima mayoritas beragama Islam

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret Sultan Muhammad Salahuddin bersama para tamu dari Belanda (id.wikipedia.org)

6. Peninggalan dari Kesultanan Islam tersebut masih dapat kamu lihat di Bima. Di sana terdapat Museum Asi Mbojo hingga Bukit Danatraha

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret Museum Asi Mbojo, Kota Bima (pariwisata.bimakota.go.id)

7. Selain bisa dituju sebagai wisata religi, Kota Bima pun punya pariwisata alam yang indah, khususnya pantai

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret wisatawan di Pantai Lawata, Kota Bima (instagram.com/tauvyq_)

8. Kota yang menghadap ke sebuah teluk ini punya beberapa pantai indah seperti Pantai Kalaki, Lawata, Amahami, Ule, hingga Pulau Kambing

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpemandangan di Pulau Kambing, NTB (instagram.com/watetgilis)

9. Menuju ke Kota Bima, bisa dilalui dengan transportasi air ke Pelabuhan Bima atau transportasi udara ke Bandara Muhammad Salahuddin

9 Fakta Kota Bima, Kota Terbesar di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Baratpotret Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (commons.wikimedia.org)

Nah, itulah kesembilan fakta menarik dari Kota Bima di Pulau Sumbawa. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Kota Bima? 

Baca Juga: 10 Potret Eksotis Pulau Kanewa, Surga Bahari di Nusa Tenggara Barat!

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

fine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya