Comscore Tracker

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!

Ada candi hingga petilasan Prabu Brawijaya V #LokalIDN

Gunung Lawu merupakan gunung yang selalu ramai dikunjungi pendaki, karena gunung ini punya panorama alam yang menakjubkan. Mulai dari lautan awan, sabana, hingga kawah.

Untuk mendaki Gunung Lawu, kamu bisa mendakinya lewat jalur pendakian yang ada dan resmi. Di bawah ini adalah 5 jalur pendakian di Gunung Lawu yang harus kamu ketahui sebelum mendakinya nanti.

1. Cemoro Sewu

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!commons.wikimedia.org

Cemoro Sewu merupakan jalur pendakian termudah di Gunung Lawu walaupun jalurnya cukup panjang. Basecamp pendakian Cemoro Sewu berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jalur Cemoro Sewu ini bersebelahan dengan jalur Cemoro Kandang yang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

2. Cemoro Kandang

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!instagram.com/amedayy_02

Jalur Cemoro Kandang ini bersebelahan dengan Cemoro Sewu dan jalurnya cukup pendek, namun terjal. Jalur Cemoro Kandang ini merupakan satu-satunya jalur yang bisa dilalui untuk bertemu dengan Kawah Candradimuka.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Lawu, Wajib Diketahui sebelum Berkunjung

3. Candi Cetho

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!instagram.com/anisa.uah

Sesuai namanya, titik awal pendakian jalur yang berada di sebelah barat lereng Gunung Lawu ini berada di Candi Cetho. Selain Cetho, kamu juga bakal bertemu dengan candi lain di jalur tersebut.

4. Tambak

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!instagram.com/sinoknw_

Berlokasi di Kabupaten Karanganyar, jalur pendakian Tambak ini hutannya sangat rimbun. Walaupun jalurnya rimbun, namun falisitas di basecamp pendakiannya cukup lengkap dan nyaman. Petunjuk arah menuju puncak pun cukup jelas.

5. Singolangu

5 Jalur Pendakian yang Ada di Gunung Lawu, Semuanya Layak Dijajal!instagram.com/wahyu_tj

Berada di timur lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magelang, jalur Singolangu ini dipercayai merupakan petilasan Prabu Brawijaya V saat menghindari serangan kerajaan Raden Fatah. Selain itu, di jalur ini juga banyak ditumbuhi bunga edelweiss.

Nah, itulah kelima jalur pendakian resmi yang ada di Gunung Lawu. Mau mendaki lewat jalur yang mana?

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Merbabu, Gunung yang Berlapiskan Sabana!

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya