Comscore Tracker

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!

Hutannya yang masih bersih dan udaranya segar

Rahong merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kawasan yang dulunya sering dijadikan tempat membuang sampah ini berubah menjadi kawasan wisata sejak tahun 2009 lalu hingga sekarang.

Kawasan wisata Hutan Pinus Rahong yang memiliki luas sekitar 4.5 hektar ini terbagi menjadi beberapa objek wisata. Kamu bisa mengunjunginya satu per satu. Berikut adalah 5 objek wisata yang ada di Hutan Pinus Rahong.  

1. Hutan Pinus Rahong

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!persiapan bermain paint ball di Hutan Pinus Rahong (Dok. Pribadi/Hemofilia Stronger)

Yang pertama ada objek wisata utama, yaitu tempat yang bernama Hutan Pinus Rahong itu sendiri. Selain punya deretan pohon pinus besar yang bisa memanjakan mata, Hutan Pinus Rahong ini juga punya beberapa kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan.

Di Hutan Pinus Rahong ini kamu bisa bermain flying fox, panjat tebing, dan paint ball.

2. Datar Pinus Camp

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!Datar Pinus Camp (instagram.com/mangky)

Setelah sebelumnya adalah tempat yang memiliki banyak wahana permainan, kali ini ada sebuah area camping yang bernama Datar Pius Camp. Sebuah area camping yang menawan.

Datar Pinus Camp ini terletak di bawah rimbunan hutan pinus dan menghadap ke sebelah timur yang mana di sini kamu bisa melihat pemandangan sunrise yang menawan.

Baca Juga: 5 Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Situ Cileunca Pangalengan

3. Pineus Tilu

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!Pineus Tilu (instagram.com/ajanuarif)

Tidak jauh dari Hutan Pinus Rahong, terdapat sebuah sungai yang bernama Sungai Palayangan. Selain bersih dan dikelilingi hutan pinus yang segar, lebih menakjubkan lagi di pinggir Sungai Palayangan ini ada sebuah glamping atau glamorous camping, yang bernama Pineus Tilu Riverside.

Glamping Pineus Tilu ini persis berada di sisi sungai. Tempat yang elegan banget deh buat kamu yang suka camping.

Beda dari yang lain, camping di sini kamu bisa mendengar gemuruh arus Sungai Palayangan. Juga sesekali kamu bakal melihat orang yang sedang berarung jeram di sana.

4. Kampung Singkur

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!Kampung Singkur Pangalengan (instagram.com/_disann)

Masih di pinggiran Sungai Palayangan, terdapat Kampung Singkur yang juga menawarkan suasana lebatnya hutan pinus dan derasnya air sungai. Di Kampung Singkur ini ada banyak spot menarik untuk berfoto. 

Spot foto favorit dari Kampung Singkur ini adalah sebuah jembatan eksotis yang terbuat dari kayu dengan latar sungai dan hutan pinus.

5. Bukit Rahong

5 Objek Wisata di Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Bikin Adem!Wisata Bukit Rahong (instagram.com/anwar.musadad)

Jika tempat sebelumnya berada di dataran pinus biasa dan di pinggiran sungai, kali ini ada Bukit Rahong yang terletak di dataran tinggi Hutan Pinus Rahong. Dari Bukit Rahong ini kamu bisa melihat bentangan hutan pinus yang luas, juga ada bangunan dan dekorasi menarik yang terbuat dari kayu dan bambu.

Nah, itulah kelima spot wisata yang ada di Hutan Pinus Rahong, Pangalengan, Bandung. Tertarik mengunjungi tempat yang mana, nih? Mengunjungi kelima spot wisatanya sekaligus pun bisa banget!

 

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Pinus di Jawa Timur, Seru buat Dijelajahi!

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

fine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya