Comscore Tracker

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk Healing

Keindahannya masih asri dan alami

Bungbulang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Garut dan lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Bungbulang berada di sisi selatan Garut, dekat dengan garis pantai Samudra Hindia.

Selain itu, Bungbulang memiliki bentangan alam yang cukup luas. Gak heran jika di sana terdapat beberapa wisata alam yang bisa banget dijadikan tujuan wisata.

Suasana alamnya masih asri dan sejuk, terdapat enam rekomendasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi Bungbulang, Garut. Masing-masing memiliki keunikannya sendiri, lho!

1. Leuwi Jurig

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingLeuwi Jurig Bungbulang, Garut (Dok. Pribadi/Mimar Fakhruddin)

Leuwi Jurig masih bagian dari aliran sungai yang berbentuk unik. Airnya jernih dengan dasar sungai yang dalam dan diapit bebatuan. Tempat ini bisa kamu kunjungi untuk sekadar berfoto maupun berenang.

Bila  takut berenang di kedalaman, ada bagian sungai yang dangkal dan airnya pun tetap bersih. Leuwi Jurig lokasinya paling dekat dari perkotaan maupun dari Jalan Raya Bungbulang. Untuk bisa masuk ke Leuwi Jurig kamu hanya perlu membayar Rp10 ribu.

2. Leuwi Korsi

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingLeuwi Korsi Bungbulang, Garut (instagram.com/dayu_ramdani)

Selanjutnya ada Leuwi Korsi yang juga masih satu aliran sungai dengan Leuwi Jurig. Wisata satu ini dinamakan korsi karena bentuk batuan di sisi sungainya yang berbentuk seperti kursi dan bisa diduduki.

Di Leuwi Korsi ini kamu bisa berfoto di pinggiran batu atau berenang di aliran sungainya. Walau terlihat menakjubkan, tapi Leuwi Korsi ini belum dikelola resmi sebagai tempat wisata, sehingga biaya masuk ke tempat ini masih gratis.

3. Leuwi Jubleg

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingLeuwi Jubleg Bungbulang, Garut (instagram.com/buggyaditya)

Masih berupa leuwi atau cekungan aliran sungai, kali ini ada Leuwi Jubleg yang terletak di sisi utara Kecamatan Bungbulang. Leuwi Jubleg adalah  aliran sungai yang membentuk seperti kolam dengan air terjun kecil di sisinya.

Walau luasnya tidak terlalu besar, namun air di sini jernih dengan udara yang sejuk, Leuwi Jubleg bisa banget untuk kamu jadikan tempat healing dari kesibukan bekerja. Leuwi Jubleg pun belum dikelola secara resmi dan kamu bisa mengunjunginya secara gratis.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Garut yang Lagi Hits di Tahun 2021, Seru!

4. Bukit Taman Langit

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingBukit Taman Langit Bungbulang (instagram.com/yytsunda)

Bukit Taman Langit berada di sebelah barat Bungbulang atau lebih tepatnya di Desa Wangunjaya. Berbeda dari tempat-tempat sebelumnya, Taman Bukit Langit sudah dikelola secara resmi, sehingga terdapat banyak akomodasi.

Di sini terdapat beberapa bangunan unik yang terbuat dari kayu dan keren banget untuk dijadikan spot berfoto. Keindahan utamanya berupa view perbukitan yang menawan.

5. Puncak Guha

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingPantai Puncak Guha Bungbulang, Garut (instagram.com/rifqi_awali)

Selain mencakup perbukitan dan sungai, Bungbulang juga punya pantai. Salah satu pantai yang terkenal di Bungbulang, Garut, adalah Pantai Puncak Guha.

Pantai ini tidak berpasir, melainkan berupa bibir tebing yang cukup tinggi dari air laut. Hal itu membuat pemandangan di Puncak Guha sangat menawan. Diitambah dengan rerumputan dan pohon di sekitarnya, tempat ini cukup sejuk untuk didiami.

6. Pantai Cikaso

6 Wisata Alam di Bungbulang Garut yang Cocok untuk HealingPantai Cikaso Bungbulang, Garut (instagram.com/jusufhyung)

Selain bibir pantai berupa tebing, di Bungbulang pun ada pantai berpasir yang letaknya tidak jauh dari Puncak Guha, yaitu Pantai Cikaso. Selain pasir, di Pantai Cikaso pun terdapat bebatuan besar yang selalu terlihat basah diterjang air laut.

Kelebihan Pantai Cikaso ini adalah tempatnya yang tidak terlalu ramai karena belum dikelola secara resmi. Pantai Cikaso  bisa kamu kunjungi sekaligus dengan Puncak Guha.

Keenam wisata alam yang ada di Kecamatan Bungbulang, Garut, ini bisa banget kamu kunjungi. Bungbulang terkenal dengan akses jalannya yang jauh dan berkelok-kelok. Meski begitu, tempat ini cukup istimewa karena menyimpan banyak surga tersembunyi.

Baca Juga: Info Wisata Darajat Pass Garut: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Kamu nomor satu!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya