Comscore Tracker

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan Kisahnya

Ada rumah dari salah satu korban Titanic!

Mansion didefinisikan sebagai rumah besar nan megah. Mansion tak bisa terlepas hubungannya dengan status sosial si empunya yang pasti memiliki status sosial yang tinggi. Tak hanya dikenal di masa sekarang, mansion telah lama ada dan dikenal bertahun-tahun lamanya.

Terdapat mansion di berbagai penjuru dunia yang diketahui telah berdiri sejak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Ada yang masih berdiri kokoh dan ada yang hanya tersisa reruntuhannya, tetapi kisah-kisah mansion ini masih tetap melekat padanya dan masih terdengar hingga kini. Yuk, simak apa saja kisah dalam lima mansion ini.

1. Kastil Criccieth penjara bagi saudara tiri, demi mempertahankan kedudukannya

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan KisahnyaKastil Criccieth (twitter.com/haven)

Kastil Criccieth adalah salah satu kastil dengan berbagai misteri yang kisahnya tidak pernah diceritakan seluruhnya. Sejarah mengatakan kastil yang berada di Wales negara bagian Britania Raya ini telah berdiri sejak abad ke-13. Kastil Criccieth didirikan oleh Llywelyn ab Iorwerth seorang Pangeran Gwynedd di Wales Utara yang akhirnya menjadi penguasa seluruh Wales pada masanya.

Dengan bentengnya yang menjulang tinggi, konon kastil ini telah digunakan sebagai penjara sampai awal 1400-an. Untuk memastikan posisinya sebagai pewaris Gwynedd tetap aman, Daffyd pernah memenjarakan saudara tirinya yakni Gruffydd di kastil ini. Pada abad ke-15 kastil ini dibakar oleh orang-orang Wales pada perjuangan terakhir melawan Inggris. Kini kastil Criccieth dibuka untuk umum. 

2. The Ruins, mansion yang didirikan untuk yang telah tiada

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan KisahnyaThe Ruins (twitter.com/wikivictorian)

Mansion yang terletak di Kota Talisay, Filiphina ini didirikan oleh seorang bangsawan Don Mariano Ledesma Lacson. Mansion ini khusus dibangun untuk mengenang istrinya Maria Braga Lacson yang meninggal ketika mengandung anak ke-11 mereka.

Dalam Perang Dunia II, gerilyawan Filipina membakar kastil ini untuk menghindari Jepang menjadikannya sebagai markas pada invasi Jepang yang terjadi kala itu. Setelah ditinggalkan selama beberapa dekade, mansion ini kini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata yang indah.

Baca Juga: 7 Rumah Terbengkalai Paling Angker di Indonesia, Ada Musik Mistis!

3. Kastil Lennox, kastil yang dialih fungsikan sebagai rumah sakit jiwa

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan KisahnyaKastil Lennox (twitter.com/lagoon_Monster)

Kastil Lennox didirikan pada tahun 1812. Kastil ini didirikan untuk John Lennox Kincaid Lennox, seorang kerabat jauh klan Kincaid, yang merupakan keturunan dari Earl of Lennox penguasa Lennox di Skotlandia Barat.

Kastil ini diubah menjadi rumah sakit jiwa pada tahun 1930-an dan menjadi rumah sakit selama Perang Dunia II. Namun, karena kerusuhan-kerusuhan pasien yang membuat kerusakan yang signifikan pada kastil tersebut, akhirnya rumah sakit tersebut resmi dikosongkan pada tahun 1980-an dan resmi ditutup pada 2002.

4. Lynnewood Hall, mansion salah satu korban tenggelamnya kapal Titanic

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan KisahnyaLynnewood Hall (twitter.com/edavenport933)

Mansion ini didirikan untuk Peter Arrell Brown Widener, seorang pengusaha kaya raya pada masanya. Ia memiliki tiga putra, namun salah satunya menjadi korban dari tenggelamnya kapal terbesar di dunia yakni Titanic. Lynnewood Hall menjadi rumah bersejarah terbesar kedua belas Amerika.

Mansion ini dibangun pada tahun 1900. Rumah yang memiliki 110 kamar ini dipercantik dengan arsitektur neoklasik. Rumah ini ditinggali hingga tahun 1943. Sejak saat itu Lynnewood terbengkalai karena tidak ada yang mewarisinya lagi.

5. Villa de Vecchi, vila dengan berbagai kisah tragis yang menyelimutinya

5 Mansion Terbengkalai di Berbagai Negara dan KisahnyaVilla de Vecchi (twitter.com/Refess)

Vila yang terletak di Danau Como, Italy ini merupakan rumah musim panas bagi keluarga Count Felix De Vecchi. Ia adalah seorang pahlawan perang yang dihormati, pelukis ulung, dan seorang yang berperan dalam pembebasan Milan dari Austria pada tahun 1848.

Berbagai kisah tragis menyelimuti vila megah itu. Setelah setahun dibangun arsitek yang membangun vila tersebut meninggal. Kemudian pada tahun 1862, Count De Vecchi  kembali ke rumah dan menemukan istrinya telah dibunuh dan putrinya hilang. Setelah setahun tidak dapat menemukan keberadaan putrinya, Count De Vecchi mengakhiri hidupnya. Villa de Vecchi telah dikosongkan sejak taun 1960-an. Kini vila tersebut dikenal sebagai salah vila berhantu.

Mansion di berbagai penjuru dunia, kini telah ditinggalkan dan tak berhuni. Tertarik untuk melihat mansion tersebut secara nyata?

Baca Juga: 10 Tempat Terbengkalai Paling Angker di Pulau Jawa, Ada Hantu Bayi!

Chai Chai Photo Writer Chai Chai

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya