Comscore Tracker

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lain

Jangan dilanggar ya kalau gak mau dihukum

Antarktika, sebuah benua yang memiliki banyak misteri yang belum terkuak. Alamnya yang dingin dan flora serta faunanya yang unik seakan memanggil pelancong untuk pergi mengunjunginya. Namun sayang, pemandangan yang indah di Antarktika merupakan bagian luar guna menutupi kerapuhan benua yang diselimuti es ini. Oleh karena itu dibuatlah peraturan guna melindungi dan menjaga alam, flora dan fauna yang ada di Antarktika. Berikut adalah 10 peraturan yang harus ditaati plancong saat di sana.

1. Dilarang menginjak lumut

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/Simon Matzinger

Lumut adalah salah satu flora yang dijaga di Antarktika karena lumut baru bisa tumbuh setelah 6 bulan. Susahnya tumbuhan untuk tumbuh di Antarktika membuat warga Antartika sangat menjaga alamnya. Oleh karena itu warga Antarktika akan sangat geram jika seseorang tidak berpijak pada jalan dan merusak lumut.

Salah satunya adalah penyanyi Justin Bieber yang pernah membuat video di Antarktika. Justin Bieber yang tampak berguling-guling di lumut. Hal ini dinilai memberikan contoh buruk kepada penggemarnya. Bahkan ranger di sana juga tidak menyetujui adanya perkemahan karena bisa berdampak pada populasi lumut.

2. Jangan membawa hama

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/pixabay

Flora dan fauna di Antarktika adalah jenis yang rapuh dibandingkan daerah lainnya. Beberapa tahun terakhir telah ditemukan hewan tidak asli yang dapat merusak ekosistem  fauna dan flora asli Antarktika. Oleh karena itu pihak asosiasi tur Antarktika selalu membagikan pamflet yang berisikan dilarang membawa hama dari luar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan di antaranya untuk menghindari hal tersebut adalah melakukan pembersihan terkait barang-barang yang akan dibawa ke Antarktika. Serta dilakukan dekontaminasi pada sepatu boot dan jaket.

3. Jangan sentuh penguin

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/Jean van der Meulen

Saat berlayar dengan kapal di laut lepas, jangan kaget jika tiba-tiba terdapat penguin yang melesat di dek kapal. Tetap jaga jarak dan jangan sentuh burung yang tak bisa terbang ini. Biarkan dia pergi karena penguin memiliki radar yang bisa membawanya pulang ke rumahnya. Kemampuannya bernavigasi dengan isyarat visual dan akustik dengan melihat pemandangan yang dilewatinya dapat membantunya untuk pulang. Selain itu tidak menyentuh penguin juga menjauhkan kamu dari serangan amarah penguin.

4. Biarkan lumba-lumba sendirian

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/Guillaume Hankenne

Jika di Indonesia lumba-lumba dijadikan bahan tontonan dan interaksi, berbeda dengan di Antarktika. Di daerah dingin ini lumba-lumba dilindungi dan dilarang untuk dijadikan tontonan bahkan interaksi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya melindungi lumba-lumba. Walaupun begitu tak jarang lumba-lumba cari perhatian kepada kapal-kapal yang berlayar, jika beruntung.

Baca Juga: 7 Satwa Liar Penghuni Antarktika, Ekosistem Terdingin di Dunia 

5. Bantu paus yang terjerat jaring

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/Magda Ehlers

Melakukan pendekatan dengan flora dan fauna di Antarktika memang dilarang namun beda cerita jika mereka dalam keadaan terancam. Tak jarang akan menemukan paus yang terlilit jaring nah saat ini pelancong boleh membantu melepaskan jaring yang menjeratnya tadi. Tak bisa sendiri pasti butuh seorang ahli untuk membantumu.

6. Tidak ada senjata

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/pixabay

Antarktika adalah satu-satunya demiliterisasi di dunia di mana benua ini hanya ditujukan untuk ilmiah dan kedamaian. Antarktika merupakan benua yang rapuh dengan flora dan fauna di dalamnya. Oleh karena itu pasukan militer dilarang masuk di wilayah Antarktika. Bahkan senjata dan hal-hal yang meledak dilarang di sini. Di mana hal ini sudah resmi ditandatangani oleh 50 negara sejak tahun 1984.

7. Dilarang mengambil apapun

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainbas.ac.uk

Seperti halnya flora dan fauna yang dilarang masuk ke dalam ekosistem saat masuk ke Antarktika, sama saat keluar dari Antarktika. Dilarang membawa apapun misalnya batu, bulu, tulang, telur atau apapun dari alam Antarktika. Karena apapun hasil alam di Antarktika merupakan kunci penelitian ilmiah. Satu-satunya yang bisa dibawa adalah foto hasil jepretan pemandangan Antarktika.

8. Jangan ganggu situs bersejarah

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainiaato.org

Pariwisata di Antarktika semakin tahun semakin bertambah, di mana ini akan berdampak pada situs-situs bersejarah. Situs yang ada di Antarktika biasanya berupa pangkalan lama dan gubuk-gubuk yang ditinggalkan oleh penjelajah atau peneliti. Seperti halnya lumut dan batu-batuan, situs bersejarah juga termasuk dalam larangan untuk menyentuh bahkan memindahkan ataupun membawa pulang.

9. Dilarang merokok

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Lainpexels.com/Ann H

Walaupun seakan dikelilingi es dan air, Antarktika adalah benua yang kering. Oleh karena itu orang yang berkunjung atau tinggal di sana harus dekat dengan botol minum. Hal ini dikarenakan daerah yang kering memicu dehidrasi. Selain botol minum, pelembap adalah barang yang harus selalu dibawa. Cuaca kering inilah yang juga menyebabkan adanya larangan merokok karena semua bisa terbakar dengan cepat.

10. Selalu berkumpul dengan kelompok

10 Peraturan yang Hanya Ada di Antarktika, Gak Ada di Negara Laindiscoveringantarctica.org.uk

Penyelamatan di Antarktika mungkin sudah lebih baik pada abad ke-21 ini namun bukan berarti menanggalkan kewaspadaan. Benua Antarktika luasnya 2 kali lebih luas dibanding benua Australia dengan sumber daya manusia yang minim. Oleh karena itu disarankan untuk berkumpul dengan grup agar teman yang lain bisa membantu jika terjadi sesuatu. Bepergian di Antarktika adalah wisata yang tidak bisa diprediksi oleh karena itu kewaspadaan dan hati-hati adalah hal penting.

Nah ini adalah 10 aturan yang harus diingat jika ingin bepergian ke Antarktika. Jangan diabaikan ya karena peraturan ini untuk menjaga lingkungan Antarktika dan diri sendiri.

Baca Juga: 8 Foto ini Akan Menjelaskanmu Bagaimana Susahnya Hidup di Antarktika

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You