Comscore Tracker

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuh

Beberapa tempat letaknya tersembunyi lho

Turki adalah negara yang berada di kawasan Eurasia yang membuatnya memiliki peradaban campuran. Beberapa situs menggambarkan nilai Eropa tapi juga ada kesan Asia. Keunikannya ini menjadikan Turki menjadi tempat wisata yang termasuk wajib dikunjungi, mulai dari alam hingga peninggalan bersejarah lengkap.

Sebagai referensi, berikut destinasi wisata unik yang bisa dikunjungi di negara pimpinan Erdogan ini.

1. Pulau Gemiler

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhcontactyachts.com

Pulau Gemiler adalah pulau indah yang terletak di lepas pantai Turki dekat kota Fethiye. Pulau ini merupakan surganya peninggalan masa lampau yang menjadi favorit bagi para arkeolog.

Selain sebagai tempat parkir untuk kapal bajak laut, di pulau ini pengunjung bisa berkeliling melihat ratusan rumah, kuburan, makam, waduk, dan empat gereja yang instagramable.

Di Pulau Gemiler juga konon ada makam St Nicholas yang merupakan pelindung para pelaut namun sudah dipindah ke Demre. Walaupun begitu, tempat ini juga kerap dikunjungi untuk penghormatan tempat suci.

2. Reruntuhan Myra kuno

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhturkishtravelblog.com

Reruntuhan Myra Kuno tempat yang tepat untuk melihat Turki pada masa lalu. Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan teater megah pada zaman dulu yang berkapasitas 13.000. Ada juga makam yang terletak di tebing. Makam ini diletakkan di tebing-tebing tinggi karena kepercayaan zaman dahulu menyebutkan bahwa jika orang meninggal konon akan dibawa makhluk bersayap.

3. Bangunan batu pasir Mardin

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhgoodmantours.com

Bangunan batu pasir Mardin adalah bangunan yang dibangun oleh Hamdanis pada 975-976. Di tempat ini semua bangunan dibangun dari batu kapur kuning yang terletak di lerang curam. Di Mardin inilah berbagai peninggalan dari bangsa Persia, Romawi, Bizantium, Arab, Seljuk, Mongol, Mamluk, Karakoyunlus, Artuklus, Akkonyunlus, Safevids, dan Ottoman terukir.

Di Mardin juga terdapat masjid tua bernama Masjid Ulu yang didirikan pada tahun 1186. Tak hanya masjid, ada pula rumah bagi Biara Deyrulzafaran. Selain itu tempat ini juga merupakan tempat penting bagi umat Kristen Ortodoks Suriah.

4. Kuil Artemis

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuh7wonders.org

Kuil Artemis adalah kuil yang sudah mengalami berbagai pemugaran mulai dari zaman perunggu. Kuil yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini dibangun pada tahun 550 SM oleh arsitek Kreta Chersiphron dan putranya yang merupakan perintah dari Raja Lydia Croesus.

Di kuil ini banyak menyisakan peninggalan masa lampau di antaranya 1000 item pemujaan dari seniman terkenal seperti Polyclitus, Pheidias, Phradmon dan Cresilas.

Walaupun sudah dibangun lama, kuil ini baru ditemukan pada tahun 1869 berkat ekspedisi arkeologis.

5. Kuda Troya

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhhurriyetdailynews.com

Kuda troya atau Trojan Horse adalah salah satu saksi bisu sebuah sejarah peperangan antara kerajaan Troy dan Mycenaean Yunani. Kuda troya bukanlah nama sebuah kuda nyata tapi kuda besar berlubang yang terbuat dari kayu. Kuda troya ini digunakan Mycenaean Yunani untuk mengelabui kerajaan Troy.

Perwakilan dari Mycenaean Yunani mengatakan bahwa kuda troy adalah persembahan kepada Athena (dewi perang). Dengan tipu dayanya, kuda troya akhinya bisa menembus masuk ke kerajaan Troya yang sebelumnya tak pernah tertembus siapapun. Namun siapa sangka, ternyata kuda berlubang tersebut berisi penuh dengan tentara Yunani yang siap menyerang kerajaan Troya.

Kini replika kuda troya bisa dinaiki oleh pengunjung sembari membayangkan bagaimana gentingnya peperangan yang melibatkan tipu daya kuda troya raksasa ini.

Baca Juga: 5 Minuman Tradisional Khas Turki yang Unik Banget, Mau Coba?

6. Rumah goa di Cappadocia

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhtripadvisor.com

Dari kejauhan mungkin tempat ini akan terlihat seperti rumah semut yang berbentuk kerucut. Padahal jika diteliti lebih lanjut, Cappdocia terdiri dari rumah-rumah yang berada di goa.

Rumah goa di Cappadocia terletak di lembah dengan formasi batuan yang menjulang tinggi. Di tempat ini juga terdapat kuil, rumah, kapel bahkan makam.

Percaya atau tidak, di Cappadocia terdapat 200 desa bawah tanah dan kota terowongan yang lengkap dengan lorong-lorong tersembunyi.

7. Mausoleum di Halicarnassus

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhthehistoryhub.com

Mausoleum adalah makam megah yang didedikasikan untuk Mausolus, penguasa Caria. Makam itu dibangun oleh saudara perempuan dan jandanya untuk penghormatan terakhir.

Makam ini termasuk dalam tujuh keajaiban dunia, dimana terdapat 4 patung penting sebagai penjaga setiap sisi. Patung tersebut adalah Scopas, Bryaxis, Leochares, dan (kemungkinan besar) Timotheus.

Namun sayang, makam dengan tinggi 45 m ini harus kalah dengan gempa bumi yang terjadi pada abad antara ke-11 dan ke-15. Kini pengunjung hanya bisa melihat puing-puing dari kemegahan makam tersebut.

8. Gunung Ararat

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhinquisitr.com

Gunung Ararat, selain dikenal dengan gunung berapi pasif di Turki juga dikenal dengan konon katanya sebagai tempat kapal Nuh terakhir berlayar. Fakta hal ini masih diperdebatkan oleh sejarahwan dan arkeolog. Ada yang mengatakan itu benar dengan adanya puing-puing yang tertinggal namun ada juga yang mengatakan bahwa itu omomng kosong belaka.

Keluar dari perdebatan itu, Gunung Ararat adalah gunung indah yang menampilkan kemegahan. Jika ingin melakukan pendakian di Turki, Gunung Ararat bisa jadi salah satu alternatif. 

9. Nemrut Dagi

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhhaber7.com

Nemrut Dagi atau dalam bahasa Indonesia adalah Gunung Namrut. Di gunung ini terdapat banyak sekali patung kepala yang merupakan bentuk penghormatan untuk matahari.

Pada zaman dulu, Antiokhus I, raja Kerajaan Commagene membangun situs ini menjadi 2 kelompok, patung untuk menyambut matahari terbit dan matahari terbenam. Kini, gunung ini menjadi tempat wisata yang juga terbagi 2 kelompok, saat matahari terbit dan terbenam.

Selain itu, situs ini dinyatakan sebagai warisan dilindungi pada tahun 1987 oleh UNESCO.

10. Pamukkale

10 Wisata Unik di Turki, dari Gunung Patung hingga Kapal Nuhgetyourguide.com

Pamukkale juga dikenal dengan kastil kapas yang sejatinya adalah kolam air panas yang terbentuk secara alami. Air panas ini bahkan memiliki kekuatan penyembuhan yang berguna untuk penyakit terutama sendi.

Nah itu adalah 10 tempat unik yang layak dikunjungi ketika ke Turki. Wisata alam yang penuh dengan peninggalan sejarah membuat Turki menjadi lebih berwarna. Jika ke Turki tak ada salahnya berkunjung ke salah satu tempat ini.

Baca Juga: 9 Potret Indahnya Hagia Sophia, Turki Saat Musim Dingin

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya