10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Keju

Beda keju, beda bahan dan beda juga negara yang membuat

Keju adalah makanan yang terbuat dengan bahan dasar susu. Baik itu susu yang berasal dari kambing, domba atau sapi. Susu menjalani proses panjang sehingga terbentuk keju yang diinginkan. Entah dengan tekstur keras atau lembut dan ada juga yang memiliki rasa asin atau pedas.

Semua keju itu memiliki rasa yang khas karena bahan dasarnya yang berbeda antar negara satu dengan yang lain. Bagi pecinta keju pasti hafal dengan rasa-rasa tersebut. Namun, jangan hanya merasakan sekali-kali coba berkunjung ke negara pembuatnya dan langsung rasakan. Dijamin akan ada sensasi berbeda.

1. Inggris

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejucafegorge.co.uk

Bagi penggemar keju Cheddar sepertinya akan terpanggil untuk berkunjung di tempat ini. Nama desanya adalah Cheddar sama seperti keju yang dihasilkan sejak abad ke-12. Jika berkunjung disini jangan sampai terlewat untuk berkeliling di pabrik satu-satunya yang tersisa yaitu Cheddar Gorge Cheese Company. Terutama pada bulan September akan ada pameran pertanian & keju tahunan Frome.

2. Portugal

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejueuroveloportugal.com

Bagi pecinta keju, sudah tahu belum Keju Azeitão? Keju khas Setubal, Portugal yang lembut dan memiliki rasa yang kuat. Keju Azeitão adalah keju yang berasal dari susu domba yang dinamakan Keju Azeitão karena sesuai dengan nama kota dimana keju ini dibuat. Selain menikmati keju, pemandangan pantai juga sangat cantik seperti pantai Galapos dan Praia dos Coelhos.

3. Swiss

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejucheeseconnoisseur.com

Jika menyebut nama Swis dan keju, seperti dua hal yang tak terpisahkan. Ada dua kota rekomendasi bagi penjelajah keju. Kota pertama adalah Bern Canton, dimana keju Emmentaler yaitu keju yang memiliki lubang pada badannya atau biasa disebut dengan keju Swiss. Kota kedua adalah Gruyères, dimana keju Gruyères banyak dibuat. Keju ini memiliki struktur keras dan memiliki kulit keju yang keriput berwarna cokelat alami.

4. Belanda

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejuflickr.com/Aqawitt

Belanda adalah negara yang terkenal dengan keju jenis Edam dan Gouda. Tak hanya dua jenis keju tersebut, di pasar keju Alkmaar akan banyak jenis keju yang dapat ditemukan. Dengan berpakaian tradisional Belanda, para pejual menjajakan dagangan kejunya. Pasar keju Alkmaar ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu dan selalu diadakan di alun-alun Waagplein. Jika ingin menikmatinya kunjungi Belanda pada bulan April dan September ya.

5. Kroasia

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejucroatiaweek.com

Di Kroasia ada jenis keju khas yang berasal dari domba asli pulau Pag. Rasa keju ini terbilang unik yaitu rasa pedas dan asin jadi satu. Untuk teksturnya sendiri keras dan tua namun menjadi kebanggan bagi penduduk pulau Pag. Keju ini bernama Paski sir atau keju Pag.

Baca Juga: 6 Toko Buku Unik di Berbagai Negara, Bikin Betah Baca!

6. France

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejuloveandpassport.com

Jika berada di Perancis, mengunjungi Normandy adalah suatu keharusan bagi pecinta keju. Di sini terdapat berbagai macam keju yang bisa dinikmati. Jika ingin mencicipi dulu juga bisa. Keju yang paling ikonik adalah Camembert, keju dengan tekstur lunak dari susu sapi mentah. Selain menikmati keju, di Perancis juga ada museum keju yang akan memanjakan pencinta keju.

7. Meksiko

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejufoodfuntravel.com

Di Oaxaca terdapat keju yang terkenal dengan nama yang sama dengan kotanya yaitu Oaxaca. Keju yang mirip dengan mozarela ini lebih memiliki rasa dan tekstur bermentega sehingga cocok untuk hidangan meksiko. Keju ini biasanya dihidangkan dengan quesadillas, makanan khas Meksiko.

8. Spanyol

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejutelegraph.co.uk

Spanyol memiliki beberapa tempat untuk menikmati keju khas. Kota pertama yaitu Asturias yang terkenal dengan keju Cabrales yang terbuat dari campuran susu kambing, sapi dan domba. Pembuatannya khusus di kota Asturias dan beberapa desa di timur Asturia. Ada juga kota La Mancha yang terkenal dengan keju Manchego yang terbuat dari susu domba yang dipasteurisasi dan sudah banyak di ekspor ke berbagai negara. 

9. Amerika

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejufromagination.com

Belum terdengar bahwa Amerika telah mengambil bagian dari sejarah keju dunia. Namun ternyata, Wisconsin dan Vermont adalah 2 daerah yang mengambil bagian itu. Kalau di Wisconsin coba berkunjung ke Madison di toko Fromagination yang merupakan toko keju tertua.

Selain itu, keju yang diproduksi adalah keju lokal yang memiliki rasa khas. Kota kedua adalah Vermont, tempat yang sudah memproduksi keju sejak 1800-an. Jika ingin mencoba keju di sini, bisa dinikmati saat berjalan-jalan ke pasar tradisional atau pabrik di sekitarnya.

10. Italia

10 Tempat Liburan Terbaik Bagi Kamu Pecinta Kejuwinefoodemiliaromagna.com

Italia bisa dikatakan sebagai surga bagi penikmat keju. Terdapat berbagai macam keju, yang terkenal meliputi mozzarella, rich gorgonzola, provolone pedas, ricotta yang lembut, parmesan serta yang paling dicari adalah Parmigiano-Reggiano. Disini juga terdapat Museum Parmigiano Reggiano, dimana dikatakan bahwa keju Parmigiano-Reggiano telah ada 8 abad yang lalu.

kesepuluh negara tersebut merupakan penghasil keju yang sudah diekspor di berbagai negara. Rasa dan tekstur yang khas adalah daya tarik utama untuk merasakan keju dari negara tersebut. Bagi pecinta keju, tambahkan negara ini dalam list liburanmu ya.

Baca Juga: 10 Negara dengan Populasi Paling Sedikit, Gak Ada Macet atau Polusi

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You