Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka Tantangan

Cocok bagi para penyuka hal-hal mistis

Indonesia adalah salah satu surga wisata di dunia. Banyak tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara, seperti Bali, Raja Ampat, Alor, dan masih banyak lagi tentunya. Namun, terkadang seseorang punya seleranya sendiri dalam mencari hiburan, termasuk tempatnya berwisata.

Bahkan ada beberapa orang yang memilih berwisata ke tempat yang tergolong horor dan mistis. Biasanya yang datang ke sana adalah mereka yang suka tantangan dan ingin mencoba sensasi baru. Nah, bagi kalian yang termasuk suka tantangan dan tertarik berwisata ke tempat horor, berikut ini beberapa rekomendasi wisata horor yang ada di Indonesia yang bisa dikunjungi.

1.Taman Testival Sanur, Bali

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka TantanganTaman Festival Sanur Bali (instagram.com/bebektanpasayap)

Destinasi wisata horor pertama datang dari Pulau Bali. Siapa sangka ada tempat di Bali yang tidak menghadirkan kesan keindahan ataupun kenyamanan, malahan yang ada hanyalah aura horor dan mistis yang mengerikan. Tempat itu adalah Taman Festival di wilayah Sanur. Tempat tersebut dulunya adalah lokasi hiburan yang kini sudah terbengkalai dan dipenuhi semak belukar dengan wahana permainan yang sudah rusak, bahkan hilang dari tempatnya.

Nuansa kusam begitu terasa, terlihat dari cat tembok yang terkelupas dan dipenuhi lumut hingga banyaknya grafiti dan mural yang tercoret di setiap sisi dindingnya. Rangka atap bangunan yang tidak utuh menambah aura magis dari tempat ini. Meski terbengkalai, tempat ini justru semakin menarik wisawatan yang suka tantangan untuk berkunjung kesana. 

2. Desa Terunyan, Bali

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka Tantanganpemakaman di desa Terunyan (instagram.com/wirasathya)

Masih dari Pulau Bali, yakni desa Terunyan. Normalnya, orang yang sudah meninggal dunia akan dimakamkan dengan cara dikubur di dalam tanah. Tapi hal tersebut tidak berlaku di desa Terunyan, Bali. Di desa yang berdekatan dengan Danau Batur ini, jenazah seseorang hanya diletakkan di atas tanah begitu saja dan hanya diberi penghalang dari bambu seadanya.

Meski hanya dibaringkan di tanah, satu hal yang unik dari pemakaman di desa ini adalah tidak adanya bau dari jenazah tersebut. Malah yang tercium adalah bau harum. Diyakini, bau busuk dari jenazah tadi diserap oleh pohon Taru Menyan yang berada di tengah pekuburan.

Selain luar biasa dan sangat unik, jika kalian berencana datang ke sana, jangan pernah sekali-kali mempunyai niatan buruk atau mengambil sesuatu dari tempat tersebut. Karena diyakini kalian akan langsung tertimpa hal buruk jika sampai melakukannya. 

3. Lawang Sewu, Semarang

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka TantanganLawang Sewu, Semarang (instagram.com/fajrinherris)

Tempat selanjutnya adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu memang sudah terkenal akan gedungnya yang angker sehingga banyak sekali para pencari tantangan datang ke sana. Walaupun terletap tepat di tengah kota Semarang, kesan seram tetap tak bisa dihilangkan dari Lawang Sewu, bahkan meskipun bangunan bergaya art deco ala Eropa itu sudah diterangi ratusan lampu. Apalagi saat malam hari tiba, nuansa mistisnya semakin terasa.

Selain aura horor yang kuat, eksotisme Lawang Sewu tentu punya daya tariknya tersendiri. Bangunan dengan ratusan pintu, dan konon sejumlah tempat tersembunyi, seakan mampu menarik wisatawan datang ke sana, biarpun bulu kuduk menjadi merinding. Namun, hal tersebut seakan hilang ketika melihat bangunan Lawang Sewu yang begitu memesona. 

Baca Juga: 5 KDrama Fantasi tentang Bisnis Unik yang Berkaitan dengan Hal Mistis

4. Museum Vredeburg, Yogyakarta

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka Tantangansuasana Museum Vredeburg (instagram.com/nismaghfirani)

Selanjutnya adalah Museum Benteng Vredeburg di Jogja. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata horor yang layak kamu datangi. Di sana juga banyak informasi sejarah yang bisa kalian dapatkan. Namun harus diakui, saat mengunjungi museum ini, kalian akan merasakan pengalaman yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Aura Benteng Vredeburg yang dingin dan terlihat suram turut memberi atmosfer horor yang kuat, meski penerangan sudah ada di setiap sudut museum. Keberadaan beberapa ruang yang misterius menambah atmosfer mistis dari benteng ini. Jika beruntung, kalian mungkin bisa melihat beragam penampakan di sini, itu pun kalau kalian berani melihatnya.

5. Goa Jepang, Bandung

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka TantanganGoa Jepang Bandung (instagram.com/backpacker_20)

Selanjutnya adalah Goa Jepang di Bandung. Tempat yang namanya 'goa' memang kebanyakan bernuansa gelap dan dingin, termasuk di antaranya Goa Jepang di wilayah Dago Atas, Bandung ini. Tapi khusus di gua ini, juga terdapat nuansa mistis yang cukup kuat.

Apalagi jika kalian telah mengetahui sedikit sejarah gua yang cukup berkelok ini. Pasti kalian akan berpikir ulang untuk mendatanginya, karena konon dalam gua ini terdapat ratusan penduduk pribumi yang kala itu yang harus meninggal karena kebrutalan kerja romusha oleh tentara Jepang. Jadi, siapkan nyali kalian terlebih dahulu jika ingin mengunjungi gua ini.

6. Hutan Tua Taman Nasional Alas Purwo

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka Tantanganjalan di Alas Purwo (instagram.com/btn_alaspurwo)

Selanjutnya adalah di Hutan Tua Alas Purwo. Dinamakan hutan tua, karena memang hutan ini adalah hutan tertua di Pulau Jawa. Tempat ini punya vegetasi yang rapat dan teduh. Bila dijelajahi saat malam hari dengan cahaya lampu seadanya, tentu bisa menawarkan sensasi yang menyeramkan.

Pada dasarnya, Taman Nasional Alas Purwo berfungsi sebagai tempat konservasi satwa yang terancam punah. Tempat ini juga punya pemandangan yang indah khas alam Jawa Timur. Mulai dari lanskap yang keren hingga pantai yang eksotis di beberapa sisi, lengkap dengan keanekaragaman hewan yang ada di sana. Mulai dari babi hutan, rusa, macan tutul jawa dan masih banyak lagi lainnya. Walaupun demikian, sisi mistis Alas Purwo tetap terasa jelas dan bisa menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan penjelajahan di dalamnya. Tentunya jika kalian punya keberanian.

Baca Juga: 10 Potret Wisata Alas Purwo di Banyuwangi, Gak Seram Kok!

7. Pelabuhan Ratu, Sukabumi

7 Rekomendasi Wisata Horor di Indonesia, Cocok Bagi Penyuka Tantanganpantai loji pelabuhan ratu (instagram.com/irnie_photos)

Tempat terakhir adalah Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Tempat ini sudah cukup terkenal dan kerap menjadi pilihan wisata horor yang sering dikunjungi. Untuk datang ke tempat ini, Terdapat pantangan yang harus diikuti bila tidak ingin tertimpa sial saat berkunjung ke Pelabuhan Ratu, yaitu laki-laki tidak boleh memakai baju atau aksesori apapun yang berwarna hijau.

Terlepas dari aura mistis yang dimiliki Pelabuhan Ratu, tempat ini tetap menjadi lokasi wisata yang mengasyikkan bagi masyarakat Indonesia, apalagi saat di pagi dan sore hari untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Itulah beberapa rekomendasi wisata horor di Indonesia yang cocok bagi kalian yang merasa pemberani. Dari beberapa tempat tadi, menurut kalian mana yang paling horor?

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya