Comscore Tracker

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zone

Ini rahasia mereka agar sehat dan berusia sangat panjang

Blue zone merupakan istilah non-ilmiah yang diberikan pada daerah atau wilayah di dunia, yang memiliki rata-rata tingkat kehidupan dengan usia panjang. Sebuah studi menunjukkan usia rata-rata orang yang tinggal di daerah blue zone mencapai 90 hingga 100 tahun.

Walau genetika mempengaruhi panjang pendeknya usia seseorang, terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa pengaruh faktor tersebut hanya sekitar 20 -- 30 persen saja.

Banyak faktor dan kebiasaan lain yang mempengaruhi usia panjang seperti gaya hidup, pola makan, dan makanan yang dikonsumsi. Intip rahasia umur panjang dari penduduk di 5 wilayah blue zone melalui daftar berikut. 

1. Okinawa, Jepang

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zonesituasi pasar tradisional Okinawa (maxpixel.net/ Public Domain)

Okinawa adalah perfektur yang terletak di kepulauan Ryukyu, Jepang. Orang Okinawa memiliki lebih sedikit kasus kanker, penyakit jantung, dan demensia dibandingkan orang Amerika. Perempuan di sana juga hidup lebih lama daripada wanita mana pun di bumi.

Banyak faktor yang dianggap mendukung umur panjang orang Okinawa seperti iklim laut subtropis yang hangat dan stabil sepanjang tahun; lingkungan yang beragam, dari laut yang hingga hutan rimbun; kebiasaan makan yang sehat dan pola pikir.

Karena orang Okinawa menganggap makanan sebagai pemelihara tubuh, jiwa, dan sebagai obat, mereka memakan makanan yang bervariasi dan alami. Walau sebagian besar makanan mereka berasal dari tanaman, mereka juga mengonsumsi makanan rendah kalori, daging dan makanan laut lain. 

Beberapa menu penduduk Okinawa merupakan hasil olahan kedelai, seperti tofu dan sup miso. Selain itu mereka juga memakan rumput laut; goya; shikuwasa; moringa; acerola dan cuka moromi. Mereka juga menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, gula merah, dan hanya menggunakan garam sekedarnya ketika memasak.

Penduduk Okinawa juga aktif secara fisik. Mereka melakukan kegiatan fisik yang bermanfaat seperti berkebun dan berjemur untuk mendapat vitamin D yang cukup. Selain itu, penduduk di sana juga menjaga keharmonsian hubungan sosial mereka.

2. Icaria, Yunani

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zonepotret Evdilos salah satu kota di Ikaria (commons.wikimedia.org/Rosa-Maria Rinkl)

Icaria  juga disebut Ikaria adalah sebuah pulau yang terletak di bagian selatan Yunani. Penduduk pulau ini memiliki usia rata-rata di atas 90 tahun. Tingkat penyakit jantung, kanker, dan diabetes penduduk Icaria rendah, dan kasus demensia sangat jarang ditemui.

Kombinasi antara diet, kehidupan sosial dan latihan fisik merupakan rahasia umur panjang penduduk Icaria. Mereka hampir tidak pernah merasakan stress, menanam sayur dan buah mereka sendiri, dan memiliki hubungan sosial yang sangat baik. Hubungan kekerabatan terutama antar anggota keluarga sangat erat dalam kehidupan mereka.

Makanan penduduk Icaria sebagian besar berasal dari tanaman, umumnya sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Mereka membatasi konsumsi gula dan daging, dan mengonsumsi lebih banyak ikan dan biji-bijian. Mereka juga rutin mengonsumsi madu, susu kambing, teh herbal, red wine dan minyak zaitun.

3. Sardinia, Italia

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zonepotret situasi parade penduduk Sardinia (pixabay.com/DomyD)

Pulau Sardinia merupakan wilayah pertama yang masuk dalam daftar blue zone. Penduduknya secara rutin melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, karena sangat sedikit kendaraan di sana. Selain itu, nilai religius yang mengajarkan untuk memperdulikan sesama, membuat hubungan sosial masyarakat Sardinia menjadi harmonis. 

Makanan berkontribusi besar pada usia panjang orang-orang Sardinia. Mereka dikenal suka menikmati makanan tradisional yang diolah dengan cara yang sehat. Sebagian besar bahan makanan penduduk Saridinia, seperti sayur dan buah berasal dari hasil kebun sendiri atau dibuat sendiri.

Mereka membuat keju rumahan mereka yang dikenal dengan nama keju pecorino. Konsumsi ikan dan daging mereka cukup rendah, biasanya hanya di hari Minggu atau pada acara khusus. Masakan Sardinia diolah dengan menggunakan minyak zaitun. Mereka juga meminum wine tradisional yang disebut Cannonau, yang sangat kaya akan antioksidan.

Menempatkan orang tua yang lanjut usia di panti jompo adalah hal yang memalukan bagi mereka. Ketika orang tua di rumah sudah pensiun, mereka tetap bekerja seperti merawat kebun, membersihkan rumah, memasak atau mengawasi anak-anak.

4. Semenanjung Nicoya, Kosta Rika

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zonepanorama semenanjung Nicoya (commons.wikimedia.org/Milei.vencel)

Semenanjung Nicoya pertama kali masuk dalam daftar blue zone pada tahun 2004. Kebanyakan penduduknya hidup paling tidak hingga usia 90 tahun, sering kali lebih dari 100 tahun. Hampir seluruh penduduk hidup tanpa pernah berobat dan tanpa cacat fisik.

Mereka mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah besar yang kebanyakan merupakan hasil tanam sendiri. Mereka juga menyantap yogurt dan hanya makan sedikit daging.  Sarapan mereka terdiri dari gallo pinto (nasi dan kacang-kacangan) dengan tortilla jagung buatan sendiri dan kopi panas.

Mereka fokus pada keluarga dan aktif secara fisik. Orang-orang di daerah ini rutin melakukan pekerjaan fisik hingga usia tua, dan memiliki tujuan hidup yang disebut "plan de vida". Eratnya hubungan antar keluarga terlihat dari anggota-anggota keluarga yang tinggal bersama, atau tinggal dekat dengan keluarga lainnya.

5. Loma-Linda, California

Miliki Penduduk Berumur Panjang, 5 Daerah Ini Masuk Daftar Blue Zonepotret univeritas di Loma Linda (commons.wikimedia.org/Pobonana)

Loma Linda adalah sebuah kota di San Bernardino County, California, dengan populasi sekitar 24.000 orang. Orang-orang di kota ini hidup 10 tahun lebih panjang dari orang Amerika lainnya, bahkan lebih. Mayoritas penduduk kota ini adalah komunitas Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yang memfokuskan diet mereka pada aturan yang disebut "Garden of Eden".

Aturan diet tersebut mengarah ke gaya hidup vegetarian. Mereka mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman. Mereka memakan kacang-kacangan paling sedikit lima kali dalam seminggu. Selain itu, mereka juga tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, tidak meminum kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya. 

Penduduk Loma Linda juga memiliki ikatan sosial dan gereja yang kuat. Mereka mengkhususkan hari Sabtu - yang merupakan hari sabat bagi mereka untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menjauhkan diri dari internet dan TV. Kelompok ini juga aktif secara fisik dan sering melakukan kegiatan volunteer.

Secara umum penduduk wilayah yang masuk dalam daftar blue zone memiliki pola hidup yang aktif secara fisik dan mengonsumsi makanan sehat. Dari rahasia umur panjang wilayah blue zone barusan, mana yang paling inspiratif bagimu?

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

MONICA GRACIA Photo Verified Writer MONICA GRACIA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya