Comscore Tracker

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya Laut

Daerah yang tetap unggul meski tak punya lautan

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki hamparan laut yang begitu luas. Namun, kenyataan tersebut tidak membuat seluruh daerah di Indonesia benar-benar memiliki akses secara langsung ke lautan.

Contohnya saja lima kabupaten yang ada di Pulau Sulawesi ini. Karena dikepung oleh daratan milik daerah lain, kelima kabupaten tersebut justru tak memiliki laut. Kabupaten apa sajakah itu? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Kabupaten Enrekang

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya LautInstagram.com/diahrezkyamlhr

Kabupaten Enrekang terkenal dengan hamparan alamnya yang begitu indah. Daerah ini juga menjadi tempat gunung setinggi 3.478 mdpl, yaitu gunung Latimojong berada. Selain itu, Kabupaten Enrekang dijuluki sebagai Negeri Seribu Gua karena memiliki banyak gua yang tersebar di berbagai daerah.

Meski dikaruniai pemandangan alam yang menakjubkan namun Kabupaten Enrekang tak memiliki laut. Di sebelah utara Kabupaten Enrekang berbatasan langsung dengan Tana Toraja, Kabupaten Luwu di bagian selatan, Kabupaten Sidrap di bagian timur, dan Kabupaten Pinrang di bagian barat.

2. Kabupeten Sindenreng Rappang

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya LautInstagram.com/joesman_noer

Begerser sedikit dari Enrekang terdapat Kabupaten Sidenreng Rappang yang juga tak memiliki lautan. Nama kabupaten yang satu ini sering disingkat dengan Sidrap dan masyarakat sekitar pun lebih sering menggunakan singkatan tersebut dibanding menyebut Sidenreng Rappang.

Kabupaten yang terkenal karena memiliki wisata sepeda raksasa ini dikepung oleh daratan sehingga tak punya akses ke laut secara langsung. Kabupaten Sidrap sendiri di dalamnya memiliki 65 Desa, 38 kelurahan, dan 11 kecamatan.

Baca Juga: Mengenal Nasu Cemba, Makanan Khas Enrekang yang Bikin Ketagihan

3. Kabupaten Soppeng

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya LautInstagram.com/yadi_algafaro

Masih dari Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten yang tidak memiliki laut selanjutnya adalah Soppeng.  Di sebelah barat Kabupaten Soppeng berbatasan dengan Kabupaten Barru kemudian berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Bone di sebelah timur, di sebelah utara ada Kabupaten Sidrap, dan Kabupaten Bone di sebelah selatan.

Meski tak memiliki laut tetapi Kabupaten Soppeng memiliki destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Sebut saja Taman Kalong dan Museum Villa Yuliana yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.

4. Kabupaten Mamasa

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya LautInstagram.com/lenteramanakarra

Kabupaten Mamasa merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Barat. Di daerah ini penduduknya lebih banyak menganut agama kristen dan mengandalkan sektor pertanian dan peternakan sebagai sumber mata pencaharian. Dari enam kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Barat, Kabupaten Mamasa menjadi satu-satunya yang tidak memiliki laut.

Meski demikian masyarakat Kabupaten Mamasa harus tetap berbangga diri. Sebab, di daerah ini mempunyai destinasi wisata yang jarang ditemukan di tempat lain. Satu di antaranya adalah wisata budaya kuburan Tedong-Tedong.

5. Kabupaten Kolaka Timur

Dikepung Daratan, 5 Kabupaten di Pulau Sulawesi yang Tidak Punya LautInstagram.com/ysfrynaysf_

Terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Timur merupakan daerah yang baru terbentuk pada 2013. Sebelumnya daerah ini adalah bagian dari Kabupaten Kolaka hingga akhirnya dimekarkan secara resmi oleh pemerintah. Kendati demikian, pemekaran membuat Kolaka Timur tak memiliki lautan sebab dikepung oleh daratan milik kabupaten/ kota yang lain.

Pada bagian utara Kolaka Timur dibatasi oleh Kabupaten Kolaka Utara, kemudian Kabupaten Konawe Selatan dari arah timur, Kabupaten Bombana di selatan, dan Kabupaten Kolaka Utara di bagian barat. Destinasi wisata yang cukup populer di Kolaka Timur adalah Puncak Mowewe yang berada di Jalan Poros Kolaka-Kendari KM 30.

Tidak memiliki laut bukan berarti akhir dari segalanya. Kelima kabupaten tersebut justru memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi pembeda dengan kabupaten lainnya yang ada di Pulau Sulawesi. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: Akhirnya, Dusun Terpencil Tepoe di Soppeng Sulsel Teraliri Listrik PLN

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya