Comscore Tracker

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowoso

Pastinya Instagramable banget deh!

Potensi pariwisata di Provinsi Jawa Timur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Setiap kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur pasti memiliki objek wisata yang tidak kalah dari provinsi lainnya, salah satunya adalah Kabupaten Bondowoso.

Meski memiliki luas wilayah yang terbilang kecil, Bondowoso memiliki berbagai ragam objek wisata yang wajib kamu kunjungi.

Memang dalam segi penginapan dan sarana, Bondowoso masih kalah dengan tetangganya, yaitu Banyuwangi yang sudah matang sebagai daerah pariwisata.

Tapi, tidak ada salahnya jika kamu mampir dan mencoba untuk mengunjungi berbagai wisata di Bondowoso di bawah ini.

1. Air Terjun Niagara Mini

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/discover_bondowoso

Tidak perlu jauh-jauh menuju Kanada untuk menikmati Air Terjun Niagara, cukup pergi ke Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Pemandangan yang ditawarkan dapat menjadi spot foto yang instagramable.

2. Kawah Wurung

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/madataruna

Tidak jauh dari Air Terjun Niaga Mini terdapat objek wisata lagi, yaitu Kawah Wurung. Kawah Wurung sendiri merupakan bukit dengan cekungan menyerupai kawah yang diselimuti dengan hamparan hijau. Dengan bukit dan hamparan rumput hijau yang mempesona bak bukit Teletubbies ini menjadi daya tarik wisatawan yang cukup ramai.

Selain itu, kamu dapat melihat pemandangan Gunung Ijen dan Merapi di sebelah timur.

3. Air Terjun Blawan

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/ivanjaax_71

Masih terdapat di Desa Kalianyar terdapat Air Terjun Blawan yang tidak kalah indahnya. Namun karena aliran air yang deras membuat wisatawan tidak dapat bermain air dibawah air terjun tersebut. Tapi, kamu tetap bisa menikmati keindahan Air Terjun Blawan ini dari jarak yang cukup aman.

4. Bendungan Sampean Baru

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/saifur.rmdhn

Selain untuk menahan laju air, Bendungan Sampean baru ini dapat dijadikan objek wisata yang menarik. Kamu juga dapat mengabadikan panorama yang ada di sini dengan spot foto yang menghadap ke bendungan. Bendungan ini terletak di Desa Bunotan, Tapen, Bondowoso

Baca Juga: 12 Potret Bendungan Sampean Baru, Wisata Alternatif Kece di Bondowoso 

5. Betoh So’on (The Stonehenge van Java)

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/agustinus.suprapto

Pernah melihat Stonehenge di Ingris? Nah, dari penampakaannya, objek wisata Betoh So’on ini tidak jauh berbeda dengan situ purbakala milik inggris tersebut. 

Terdapat 7 tumpukan batu raksasa yang membentuk lingkaran dan di sekitarnya terdapat lembah. Belum ada penjelasan pasti mengapa batu tersebut dapat terbentuk seperti itu, tapi yang pasti kamu wajib mampir kecsini saat liburan ke Bondowoso.

6. Tasnan Forest

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/aripinseregar

Dengan suasana hijau ciri khas hutan pinus menjadikan Tasnan Forest ini memiliki spot foto yang sangat menarik. Ditambah lagi dengan dekorasi-dekorasi yang akan menambah daya tarik objek wisata ini.

7. Sungai Kalipait

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/de.wa_

Bisa dibilang sungai, bisa dibilang air terjun juga, Kalipait memang memiliki bebatuan yang dapat dijadikan sebagai spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sungai Kalipait sendiri berada di kaki Gunung Ijen, maka tidak heran jika pemandangan sekitarnya juga indah.

Tapi, karena air tersebut berasal dari Gunung Ijen, air tersebut tidak diperbolehkan untuk kamu minum.

Selain pahit seperti namanya, air tersebut mengandung gas beracun yang dapat membuat kamu tidak sadarkan diri.

8. Kawah Ilalang

8 Tempat Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Liburan di Bondowosoinstagram.com/novi_ekasulistia

Keindahan alam di kawasan Kawah Ilalang dapat menjadi spot-spot foto yang Instagramable banget. Ditambah lagi udara yang sejuk akan membuat kamu semakin betah berlama-lama berfoto ria di sini. Dengan pemandangan perbukitan hijau membuat tempat ini layak kamu kunjungi.

Nah, kamu sudah kan tahu apa saja wisata di Bondowoso, keren bukan? Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi tempat-tempat yang sudah dijelaskan di atas. Ajak saudara dan sahabat kamu untuk bersama-sama menikmati wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso ya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya