Comscore Tracker

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putih

Cocok untuk keluar dari hiruk-pikuk kota

Filipina adalah negara kepulauan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia. Banyak sekali tempat wisata bertema pantai atau maritim di negara ini, tak terkecuali dengan Pagudpud. Pagudpud terletak di ujung utara Pulau Luzon, Filipina. Kota yang terletak di tepi laut ini sedikit lebih tenang. Pantainya juga masih alami meski ada pembangunan di sekitarnya. Tempat wisata indah mana saja yang layak dikunjungi?

1. Nikmati pasir putih, laut, dan ketenangan di Pantai Saud

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihvigattintourism.com

Bagi para wisatawan yang lelah dengan pantai yang ramai, Pantai Saud adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa berbaring di pasir tanpa ada yang mengganggu dan kamu dapat berenang di perairan yang jernih tanpa harus berdesak-desakan. Pantai Saud hanya memiliki beberapa penginapan di sepanjang pantainya, jadi yang terbaik adalah memesan penginapan sebelum pergi ke Pagudpud. Selama musim panas (Maret hingga Mei), kamar dapat dipesan dengan cepat.

2. Jelajahi Blue Lagoon, Malingay Cove

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihbunkyo.info

Pantai putih bersih dapat ditemukan di sini. Menurut pengunjung, air biru yang jernih bisa setenang kolam renang selama bulan April. Selama musim hujan (November hingga Juni), angin dari utara dapat membawa ombak yang cukup besar dan cocok untuk berselancar.

3. Hiking dan meresakan segarnya air di Air Terjun Kaibigan

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihtravelthroughparadise.com

Jika bosan dengan pantai, Air Terjun Kabigan di Barangay Balaoi adalah alternatif yang baik. Air terjun setinggi 24,3 meter dapat dicapai setelah perjalanan 30 hingga 45 menit dari jalan raya utama Pagudpud. Air terjun ini dikelola oleh penduduk lokal dan semua penduduk diwajibkan untuk mendapatkan pemandu terlatih. Setelah mencapai air terjun, kamu dapat berenang di sekitar air terjun yang tentu airnya sangat segar.

4. Berkendara di Jembatan Patapat yang berliku

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihmapio.net

Jembatan Patapat sebenarnya adalah jembatan yang ditinggikan. Dibangun di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Pagudpud keseluruh Ilocos Norte dan Lembah Cagayan, jembatan ini dibangun 31 meter di atas permukaan laut. Dengan panjang 1,3 kilometer dan menjadi jembatan terpanjang keempat di Filipina. Di beberapa titik di sepanjang jembatan, kamu dapat melihat ular di sepanjang pantai dan pegunungan Pagudpud.

5. Kunjungi formasi batu Kapurpurawan di Burgos

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihtrover.com

Nama Kapurpurawan jika diterjemahkan diterjemahkan menjadi putih, menandakan warna putih yang berbeda dari formasi batuan ini. Terletak di Burgos, Ilocos Norte, formasi batuan ini diukir oleh air laut dan angin. Formasi batu ini dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menunggang kuda. Sementara beberapa pengunjung lebih suka melihatnya dari dekat dan beberapa penggemar fotografi lebih suka mengambil foto dari kejauhan atau selfie.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Filipina yang Dua Wilayahnya Berdarah Minangkabau

6. Menyusuri sejarah Burgos Lighthouse

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihvigattintourism.com

Pada puncak rezim kolonial Spanyol berkuasa, kapal perang Spanyol atau kapal dagang secara teratur akan menempuh rute antara Filipina dan Spanyol. Mercusuar di Cape Bojeador di Burgos berfungsi sebagai suar. Saat ini, mercusuar telah diubah menjadi museum umum dan juga merupakan warisan budaya. Mecusuar ini masih berfungsi sebagai pemandu untuk kapal internasional yang memasuki perairan Filipina.

7. Majestic Bangui Windmills: ladang kincir angin pertama di Filipina

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihbratinelangkikay.com

Dari Barangay Balaoi di Pagudpud, kamu dapat melihat sekilas turbin angin besar yang menghiasi pantai Bangui. Kincir angin di Bangui adalah bagian dari Bangui Wind Farm, satu-satunya di Filipina dan dikatakan sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Menghasilkan daya listrik dan memasok 40% dari kebutuhan listrik di Ilocos Norte. Setiap menara setinggi 60 meter dan memiliki dasar berdiameter enam meter.

8. Melihat masa lalu Pagudbud dengan mengunjungi Stingray Memorial

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihcorregidor.proboards.com

Terletak di Teluk Caunayan, yang dikelilingi oleh hutan lebatdan air terjun yang deras. Tempat ini dibangun untuk mengenang USS Stingray, kapal selam US Navy yang bertugas di sana selama Perang Dunia Kedua. Pangkalan itu memainkan peran penting dalam perang di Pasifik dengan membantu sekutu mengalahkan Jepang dan mengakhiri perang dengan kemenangan sekutu.

9. Kunjungi Kepulauan Dos Hermanos

9 Hal Menarik di Pagudpud Filipina, Pantainya Biru dan Berpasir Putihprimer.com.ph

Dos Hermanos berarti "dua saudara" dalam bahasa Spanyol. Mereka adalah dua pulau berbatu kecil yang saling bersebelahan, namanya berasal dari legenda yang terkenal. Wisatawan suka berenang ke pulau-pulau dan menyelam di air yang biru, berenang, atau menyaksikan matahari terbenam.

Perairan yang tenang serta pasir putih yang lembut di pantainya mengundang wisatawan ke Pulau Luzon. Keajaiban alamnya akan membuatmu kagum pada keindahan alam yang Pagudpud miliki.

Bagaimana, berminat untuk mengunjungi pesona Pangudpud di Filipina?

Baca Juga: Potensial, Filipina Sangat Menjanjikan Bagi Pariwisata Indonesia

Muhammad Ubaidillah Photo Verified Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You