Comscore Tracker

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplona

Tak cuma lari-lari sambil dikejar banteng!

Pamplona terkenal di dunia berkat Ernest Hemingway yang menuliskan tetang Running of the Bulls yang mendebarkan dalam novel-novelnya. Kota ini tidak diragukan lagi dengan festival banteng yang mendebarkan itu, tetapi kota ini memilik sejarah masa lalu yang indah, arsitektur bangunannya yang cantik, alun-alun yang luas, toko-toko dan kafe-kafe yang penyajiannya ramah.

Jadi biar tak cuma tahu festival Running of the Bulls saja, berikut tempat di Pamplona yang tak kalah menarik dari Running of the Bulls.

1. Catedral de Pamplona

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonacatedraldepamplona.com

Katedral Pamplona berada di dekat Plaza del Castillo tepat di dalam tembok kota tua. Katedral ini dibangun pada abad ke-15. Di dalam katedral tempat bagi paduan suara yang diciptakan oleh Miguel de Ancheta. Di depan paduan suara terdapat makam yang terbuat dari pualam yang dirancang oleh Jean de Lomme (dibuat sekitar 1420) yang menjadi tepat bersemayam Charles III the Noble dan istrinya Leonora de Trastamara. Di sisi timur biara adalah Capilla Barbazana, yang menjadi makam Kardinal Arnaldo de Barbazán.

2. Museo de Navarra

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaspainisculture.com

Museo de Navarra bertempat di bekas rumah sakit peziarah tua, sebuah bangunan bersejarah yang indah yang berasal dari tahun 1556. Terdapat 34 ruangan yang menampilkan koleksi yang beragam. Museum ini mencakup berbagai objek arkeologi dan seni rupa seperti artefak Romawi kuno, lukisan keagamaan abad pertengahan dan harta kuno peninggalan bangsa Moor.

Di antara yang paling menarik adalah patung-patung Romawi, mosaik ibukota Romawi dan beberapa lukisan. Di sini juga tedapat peti mati peninggaan dari bangsa Moor yang berasal dari abad ke-11.

3. Ciudadela

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonadiariodenavarra.es

Benteng abad ke-16 ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Felipe II yang menugaskan seorang insinyur militer Italia untuk membangunnya. Benteng ini berbentuk segi lima dan juga dilengkapi 5 benteng pertahanan, meskipun hanya tiga yang masih utuh.

Pada abad ke-18, benteng ini diubah menjadi penjara yang menampung tokoh-tokoh terkenal termasuk Pangeran Floridablanca dan Marquis of Leganés. Saat ini, bangunan ini memiliki beberapa ruang pameran.

4. Plaza del Castillo

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonanavarra.elespanol.com

Plaza del Castillo digunakan untuk acara-acara publik, perayaan, pasar, dan menjadi panggung tempat diselenggarakannya pertandingan maador sampai pada tahun 1844. Di sini terdapat bangunan yang elegan berjejer di alun-alun dan juga terdapat gazebo di tengahnya menyediakan tempat teduh yang menyenangkan untuk beristirahat.

Di sudut barat daya alun-alun terdapat Palacio de Navarra yang dibangun pada tahun 1847 dan diperbesar pada tahun 1932 yang sekarang menjadi Diputación Foral (Dewan Provinsi), tempat kedudukan majelis provinsi.

5. Ayuntamiento

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaturismo.navarra.com

Ayuntamiento adalah bangunan balai kota abad ke-17. Ayuntamiento terletak di barat laut Plaza del Castillo, tetpatnya Plaza Consistorial. Balai kota ini dibangun di situs parit tua, tempat 3 sistem pertahanan kota pernah bertemu. Sebuah monumen lambang Pamplona juga ada di sini.

6. Iglesia de San Nicolás

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonadeviajepornavarra.com

Iglesia de San Nicolás terletak di Paseo de Sarasate. Dibangun pada abad ke-12, gereja ini awalnya bergaya Romawi. San Nicolás adalah satu-satunya gereja di Pamplona yang mempertahankan struktur Romawi aslinya (arsitektur ini terutama terlihat di bagian luar).

Gereja yang bentuknya seperti benteng ini secara historis berfungsi sebagai benteng untuk San Nicolás tetapi sebagian besar hancur akibat selama invasi Kerajaan Castilia ke kota. Setelah invasi selesai, sebagian besar interior gereja direnovasi dan gaya bangunannya diubah menjadi bangunan bergaya gotik.

Baca Juga: 8 Destinasi ala Oseania yang Bikin Rindu untuk Datang Kembali

7. Plaza de Toros

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonadiariodenavarra.es

Plaza de Toros adalah Bullring of Pamplona dan menjadi titik akhir dari Festival San Fermin. Terletak di Paseo de Hemingway, dinamai untuk menghormati Ernest Hemingway yang merupakan pecinta Festival San Fermin. Di depan arena adu banteng adalah sebuah monumen yang memberikan penghormatan pada penulis terkenal itu.

8. Avenida Roncesvalles

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaidealista.com

Di Avenida Roncesvalles terdapat patung yang disebut Monumento al Encierro. Karya unik ini menggambarkan pertarungan banteng yang dramatis antara peserta yang mengikuti Festival San Fermin dan banteng yang mengejarnya. Dibuat oleh pemahat Bilbao, Rafael Huerta Celaya pada tahun 1994, karya monumental dengan panjang 11 meter ini dibuat dari perunggu.

9. Iglesia de San Saturnino

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaturismo.navarra.com

Iglesia de San Saturnino dibangun antara abad ke-13 dan ke-14 adalah salah satu gereja paling simbolis di Pamplona. Menara gereja mewakili arsitektur Romawi kuno, sedangkan sisanya gereja mencontohkan gaya Gothik. Interior luas berkubah menampilkan retablo yang sangat indah di ruang baptis. Menara jam dilengkapi penanda yang akan menunjukkan  dimulainya Fiesta de San Fermín pada 6 Juli.

10. Baluarte Palacio de Congresos y Auditorio de Navarra

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonagrupob31.com

Baluarte Palacio de Congresos y Auditorio de Navarra berada di jantung kota Pamplona, antara Benteng dan kawasan perbelanjaan yang ramai. Dirancang oleh arsitek Patxi Mangado, tempat ini menjadi panggung kebudayaan yang diselenggarakan di kota ini. Teater Utama mementaskan pertunjukan balet, opera, dan teater klasik.

Sedang Chamber Music Room menyajikan konser musik, pertunjukan simfoni dan pemutaran film.

11. Parque de la Taconera

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaitinari.com

Taman Taconera adalah taman paling indah di Pamplona. Terletak di sekitar tembok kuno Kota Tua, taman seluas 90.000 meter persegi memiliki lansekap yang mengingatkan pada taman di Istana Versailles di Perancis. Di sini juga terdapat  berbagai bunga dan pohon serta ruang terbuka yang damai. Salah satu daya tarik dari taman terutama untuk anak-anak adalah kebun binatang kecil yang menjadi rumah bagi bebek, angsa, burung merak, dan rusa. Taman ini juga memiliki kafe yang merupakan tempat pertemuan yang populer di kalangan seniman dan siswa setempat.

12. Archivo Real y General de Navarra

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaturismo.navarra.com

Archivo Real y General de Navarra bertempat di sebuah bangunan bersejarah yang dulunya adalah Istana Para Raja Navarre. Dibangun pada abad ke-12, istana ini adalah salah satu bangunan tertua di Pamplona dan pernah menampung tamu-tamu terkenal termasuk para uskup Pamplona.

Di sini terdapat arsip dan perkamen yang berasal dari abad 9 dan dikelola oleh pemerintah Navarra dengan misi untuk melestarikan dan berbagi warisan di wilayah tersebut. Banyak sejarawan dan organisasi budaya melihat-lihat arsip dari tempat ini untuk tujuan penelitian. Tempat ini terbuka untuk umum Senin hingga Jumat dan tiket masuk gratis.

13. Museo Oteiza

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonacarloscatarecha.com

Bagi pecinta seni, Museum Oteiza adalah yang berharga dari Pamplona. Letaknya  di lingkungan pedesaan Alzuza. Ruang pameran besar dan modern ini didedikasikan untuk pemahat dan seniman terkenal Basque, yakni Jorge Oteiza yang dianggap sebagai salah satu pematung terpenting abad ke-20. Koleksinya menampilkan ribuan patung dan karya eksperimental serta koleksi gambar.

14. Monasterio de Leyre

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaeltiempo.es

Monasterio de Leyre berdiri berdiri dengan gagahnya di puncak bukit Sierra de Leyre dengan pemandangan lanskap sekitarnya yang menakjubkan. Biara kuno didirikan pada abad ke-11, menampilkan eksterior Romawi dan interior Gothik. Ruang bawah tanahnya gelap, terkesan suramserta tanpa hiasan adalah bagian tertua dari gereja dan merupakan tempat pemakaman penting bagi Raja Navarre. Sebagian besar bangunan biara lainnya berasal dari abad ke-17 dan ke-18. Biara memiliki hotel kecil dengan 32 kamar dan restoran yang sangat baik.

15. Sangüesa

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonarutadelvinodenavarra.com

Kota Sangüesa terletak 43 kilometer tenggara Pamplona dan bernuansa pedesaan yang tenang. Pada abad ke-15 dan ke-16, banyak keluarga bangsawan membangun rumah-rumah mewah di kota. Rumah-rumah terbaiknya adalah Palacio del Príncipe de Viana (sekarang Balai Kota) dan Palacio Vallesantoro (sekarang Casa de Cultura). Kota ini juga memiliki gereja yang didirikan pada abad ke-13 oleh Twelve Knights of Sangüesa. Di dalamnya terdapat relief-relief pahatan yang sangat indah yang menggambarkan pemandangan Pengadilan Terakhir dengan Kristus di tengahnya yang dikelilingi oleh para malaikat, Maria dan Santo Yohanes Sang Pembaptis.

16. Ayerbe

Tak Cuma San Fermin, Ini 16 Daya Tarik Lain yang Ada di Pamplonaspain.info

Ayerbe terletak sekitar 135 kilometer dari Pamplona di kaki Pegunungan Pyrenees dan terletak di sebuah lembah yang indah. Daya tarik utama desa ini adalah pemandangan alamnya, terutama formasi batuan Riglos dan Agüero. Hiking dan arung jeram di Sungai Gállego adalah kegiatan yang paling populer di sini. Di sini juga terdapat bangunan tua seperti Castillo de Loarre dari abad ke-11 dan Colegiata de Bolea, sebuah gereja Gothic yang dibangun di abad ke-16.

Mungkin bagi kalian Festival San Fermin menjadi ikon populer Pamplona. Namun, Plamplona memiliki banyak tempat yang patut juga untuk dikunjungi.

Muhammad Ubaidillah Photo Verified Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya