Comscore Tracker

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasia

Kota yang dijadikan tempat syuting Game Of Thrones

Split adalah sebuah kota di Pantai Dalmatian Kroasia yang juga terkenal dengan pantainya dan awalnya dibangun di sekitar Diokletianus, sebuah istana mirip benteng yang dibangun untuk kaisar Romawi yang di abad ke-4 (di mana kamu masih dapat dengan jelas melihat dinding, kotak, dan dinding Kuil Romawi).

Split, sebuah kota kecil dengan jumlah penduduk lebih dari 300.000 orang. Selain itu, Split adalah pusat ekonomi di garis pantai Adriatic timur, menjadikannya tempat yang ramai untuk dikunjungi. Kamu juga akan menikmati kawasan tepi laut modern Split, Riva, dan pantai-pantai berpasir disekitarnya seperti Bačvice. Singkatnya, kota ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepadamu.

Dan dalam artikel ini, ada 8 hal yang dapat dilakukan di sekitar Split, Kroasia.

1. Diocletian's Palace

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiabrewminate.com

Terletak di sebuah teluk di sisi selatan semenanjung Split, Diocletian's Palace adalah istana kuno yang dibangun untuk Kaisar Romawi Diocletian sekitar abad ke-4 M dan sekarang menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO yang membentuk sekitar setengah kota tua Split. Jangan salah paham dengan kata "Istana" yang digunakannya, kenyataannya tempat ini dulu digunakan sebagai kediaman pensiun Diocletian.

2. Marjan Hill

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiaa-girlwhotravels.com

Dikelilingi oleh kota dan laut, Bukit Marjan salah satu tempat di kota ini yang menjadi rujukan wisatawan. Jika kamu mencari tempat pelarian dari hiruk-pikuk kota yang sibuk, bukit Marjan dan wilayah hutan pinus Mediterania 3 kilometer adalah tempat yang sempurna.

Kamu bisa melihat kota Split sambil menikmati pemandangan memukau dari seluruh kota, pulau-pulau di sekitarnya dan pegunungan Mosor dan Kozjak yang berdekatan.

3. Katedral St. Duje

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasialoveholidays.com

Terletak di dekat Keuskupan Agung Split-Makarskahe, Katedral Saint Domnius atau Katedral Saint Duje adalah sebuah katedral Katolik yang indah di Split dan terdiri dari sebuah gereja yang dibentuk dari mausoleum Kekaisaran Romawi. Dibangun pada tahun 305 M sebagai Mausoleum Diokletianus, bangunan megah ini adalah bangunan Romawi kuno yang paling terpelihara dan juga dikenal sebagai katedral Katolik tertua di dunia yang tetap digunakan dalam struktur aslinya.

Baca Juga: 10 Pulau Eksotis di Kroasia yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

4. Brač

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiavisitbrac.com

Bukan bangunan tua atau tempat yang bersejarah seperti judul di atas. Brač (dibaca bratche) adalah sebuah daratan Kroasia di Laut Adriatik yang terkenal dengan pantai putihnya atau orang biasa menyebut Zlatni Rat (Golden Cape).

Benar-benar direkomendasikan untuk keluarga, olahragawan dan pecinta alam bagi yang mencari pulau yang masih asri dengan desa-desa khas kecil. Brač dapat ditempuh dalam 50 menit dengan feri dari Split.

5. Peristil Square

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiahttps://holeinthedonut.com

Ditujukan untuk Kaisar Diocletian, Peristil Square adalah alun-alun pusat Istana Diocletian. Karena keindahannya yang unik yang terbuat dari pilar granit merah (tidak hanya Romawi, tetapi juga pengaruh Mesir), Peristil menjadi pemandangan ideal untuk pertunjukan teater, tetapi juga untuk konser dan dan kehidupan malam kota.

6. Kuil Yupiter

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasialonelyplanet.com

Bangunan yang sangat utuh ini awalnya adalah kuil Romawi kuno yang didedikasikan untuk raja para dewa dan masih memiliki langit-langit berkubah asli dan hiasan dekoratif di dinding. Kuil Yupiter terletak di bagian barat Istana Diokletianus dekat Peristil dan dibangun sekitar 300 Masehi.

7. Benteng Klis

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiabbqboy.net

Terletak di bukit Eponymous, 13 kilometer utara kota Split diantara pegunungan Mosor dan Kozjak. Benteng Klis adalah benteng abad pertengahan yang merupakan kastil kerajaan.

Karena lokasinya, benteng ini adalah tempat yang sempurna di mana kamu bisa mengambil beberapa foto panorama Split yang indah. Dibangun di bagian selatan, benteng besar ini sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang sekarang digunakan sebagai objek wisata dengan museum sejarah yang sangat menarik.

8. Varoš

8 Tempat Bersejarah nan Luar Biasa Indah di Split, Kroasiatravelrepublic.co.uk

Varoš atau Veli Varoš adalah bagian kota tua Split dan terletak di barat laut Istana Diocletian, di kaki bukit Marjan yang. Awalnya didirikan oleh buruh tani dan nelayan yang dimulai pada akhir abad ke-17.

Lingkungan ini terdiri dari labirin jalan-jalan pejalan kaki dan beberapa gereja penting (yang paling terkenal adalah Gereja St. Mikula dari abad ke-11). Di sana, kamu bisa melihat arsitektur perumahan yang khas dan melihat keseharian penduduk lokal.

Kota Split memiliki lebih banyak yang ditawarkan daripada bangunan-bangunan seperti yang ditampilkan didalam "Game Of Thrones". Kota ini memiliki berbagai kegiatan dan hal-hal untuk dijelajahi, kehidupan malam yang ramai dan semarak, serta pemandangan budaya.

Baca Juga: 7 Makanan Kroasia yang Cocok di Lidah Orang Indonesia, Dijamin Nagih!

Muhammad Ubaidillah Photo Community Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You