Comscore Tracker

5 Destinasi Sarat Budaya dan Estetik di Kawasan Timur Tengah

Contohnya adalah Jerusalem di Israel dan Petra di Jordan

Setahun lebih pandemi berlangsung pasti membuatmu rindu akan rasanya berpetualang di negeri asing. Keterbatasan dalam bepergian di dalam situasi pandemi seperti ini tidak lantas membuat kita berhenti mengeksplor tempat-tempat wisata di benua lain. 

Berbicara mengenai destinasi luar negeri, spontan kamu teringat akan kota Paris di Perancis, Tokyo di Jepang, dan London di Inggris. Namun, tahukah kamu bahwa negara-negara di kawasan Timur Tengah juga memiliki destinasi wisata klasik dan estetik yang sangat sayang untuk dilewatkan?

Keklasikan bangunan di kawasan Timur Tengah ini menyebabkan hampir dari seluruh tempat wisata di kawasan tersebut menjadi bagian dari UNESCO Heritage Sites. Kemudian pemandangan alam di kawasan ini juga membuat semua turis yang melihatnya merasa takjub.

Jadi, destinasi-destinasi menarik manakah yang perlu untuk dikunjungi? Simak daftarnya!

1. Petra di Jordan

5 Destinasi Sarat Budaya dan Estetik di Kawasan Timur TengahUnsplash.com/alexrvasey

Keindahan kota Petra di Jordan memang tidak diragukan. Selain warna bebatuan yang cantik, kota Petra juga terkenal akan sistem pengairan dan arsitektur bersejarahnya. Warna batu-batu di Petra akan berubah seiring dengan naik turunnya matahari. Tidak heran kota ini merupakan tempat wajib untuk para fotografer.

Sedikit informasi, selama perjalanan turis akan banyak berjalan kaki dan mendaki untuk bisa tiba di tempat wisata yang ingin dituju. Kemudian untuk mengunjungi semua tempat wisata favorit dalam satu hari sangatlah sulit karena areanya yang luas.

Tempat wisata terkenal di Petra yaitu:

  • Siq
  • Treasury Al Khazneh
  • High Place of Sacrifice
  • Royal Tombs
  • Monastery

 

2. Jerusalem di Israel

https://www.youtube.com/embed/hAWax2h9wxM

Perpaduan kebudayaan yang unik dan sakral sangat terlihat di kota Jerusalem yang berada di negara Israel. Mengingat begitu banyaknya tempat bersejarah dan sakral di kota ini, turis membutuhkan minimum 4 hari untuk mengunjungi tempat-tempat penting.

Tempat-tempat suci dan bersejarah yang wajib untuk dikunjungi di Jerusalem antara lain:

  • Dome of The Rock yang adalah sebuah bangunan dengan kubah berwarna emas di puncak Gunung Temple (Temple Mount)
  • Western Wall yang juga dikenal dengan nama Tembok Ratapan (Wailing Wall) atau Buraq Wall. Western Wall ini adalah sisa bangunan tembok kuno yang mengelilingi halaman Jewish Temple.
  • Jewish Quarter Street. Di kawasan ini terdapat banyak sinagoge yang merupakan tempat beribadah umat Yahudi.
  • Via Dolorosa Street adalah jalan yang dilalui Yesus saat membawa salib. Umat nasrani yang berkunjung ke Jerusalem dengan tujuan beribadah, akan menyusuri jalanan ini dan kemudian berhenti di Gereja Holy of Sepulchre. Gereja ini merupakan tempat di mana Yesus wafat di salib. Lokasi pendirian ini dipilih oleh Saint Helena yang merupakan ibu dari Constantine The Great.
  • Citadel atau terkenal dengan nama Tower of David adalah benteng yang konon didirikan oleh Raja Herod untuk melindungi istananya. Benteng ini sempat hancur tapi kemudian dibangun kembali oleh tentara salib (Crusaders), Mamelukes atau Mamluk dari Mesir, dan Turki.
  • Muslim Quarter di mana di sepanjang jalan ini banyak kios dan toko yang menjual suvenir.
  • Gunung Olive  dan Gereja The Ascension. Daerah ini adalah tempat di mana Yesus diangkat ke surga. Kemudian di tempat ini, turis juga dapat menikmati keindahan kota Jerusalem dari kejauhan. 
  • Mount Zion
  • Old City Walls
  • Jerusalem Timur (East Jerusalem)
  • Sentral distrik (Zion Square, Russian Orthodox Cathedral, and Ethiopia Street)

 

Baca Juga: 5 Cara Unik Masyarakat Timur Tengah Menyambut Ramadan, Meriah!

3. Liwa Oasis di Uni Emirat Arab

5 Destinasi Sarat Budaya dan Estetik di Kawasan Timur TengahInstagram.com/eantonio64

Liwa Oasis adalah sebuah daerah di bagian barat negara Uni Emirat Arab yang letaknya di sebelah barat daya Arab Saudi. Daerah ini terkenal akan buah kurmanya dan setiap tahun di bulan Juli diadakan festival kurma.

Turis yang berkunjung ke sini dapat melihat pemandangan gurun dan gumuk pasir (sand dune) yang terkenal di Liwa Oasis yaitu Tel Moreeb. Selain itu turis juga dapat mengunjungi pemukiman suku Bani Yas dan Benteng Liwa (Liwa Forts).

 

4. Dahab di Mesir

5 Destinasi Sarat Budaya dan Estetik di Kawasan Timur TengahInstagram.com/irina_kuku

Siapa yang menyangka kalau negara Mesir memiliki destinasi wisata bahari dengan pemandangan alam yang tidak ada duanya? Dahab adalah sebuah kota yang letaknya tidak jauh dari kota Sharm El Sheikh di Mesir. Kota ini dulunya merupakan pemukiman nelayan suku Bedouin. Sekarang Dahab merupakan salah satu kota dengan resorts terbanyak di kawasan Laut Merah.

Mayoritas turis yang datang ke Dahab selain ingin menikmati pemandangan laut dan pantai juga untuk menyelam.

Beberapa tempat wisata terkenal di Dahab adalah:

  • Blue Hole yang memiliki kedalaman kurang lebih 328 feet.
  • Blue Lagoon
  • Wadi Qnai yang merupakan tempat favorit untuk rock climbing.
  • Jebel Makharum atau sering disebut Mountain with the Hole.

 

5. Limassol di Siprus

https://www.youtube.com/embed/ZaUZa6cnXcI

Siprus adalah sebuah pulau di sebelah timur laut Mediterania. Pulau Siprus diapit oleh negara-negara di kawasan Timur Tengah seperti Turki, Iran, Israel, dan Mesir.

Limassol merupakan kota besar di pulau Siprus yang ramah untuk turis dari berbagai usia. Turis yang berkunjung ke Limassol dapat menikmati beragam aktivitas seperti naik kapal untuk melihat pemandangan laut, berjalan di dermaga pelabuhan, water park, dan mengunjungi bangunan bersejarah.

Beberapa tempat wisata terkenal di Limassol yang cocok untuk segala usia antara lain:

  • Fasouri Watermania Water Park
  • Kolossi Castle
  • Limassol Zoo
  • Limassol Marina yang mana selain bisa menikmati pemandangan laut juga banyak restoran dan tempat belanja
  • Kourion yang merupakan tempat bersejarah yang memiliki banyak patung-patung dan mosaik.
  • Omodos Village yang terkenal dengan minuman anggurnya.
  • Limassol Castle
  • Old Port

Itulah 5 tempat di kawasan Timur Tengah yang menunjukkan akulturasi budaya disertai dengan pemandangan alam yang spektakuler. Tidak hanya itu, destinasi-destinasi ini juga memberikan pengalaman seru dan unik untuk kalian yang menyukai aktivitas berpetualang.

Sebagai informasi tambahan, negara-negara yang tertera di sini sudah dan atau akan membuka penerbangan internasional. Akan tetapi ada protokol kesehatan yang harus dipenuhi seperti tes PCR, karantina, dan syarat wajib lainnya dari maskapai penerbangan.

Kemudian, perlu diingat syarat dan peraturan dapat berubah sewaktu-waktu. Sehingga apabila kamu berencana untuk melakukan perjalanan dalam waktu dekat, pastikan untuk selalu menerima peraturan terbaru dari maskapai penerbangan dan negara yang akan dikunjungi.

 

 

Baca Juga: Temani Berbuka, 5 Inspirasi Minuman Khas Timur Tengah ini Wajib Dicoba

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya