Comscore Tracker

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-oleh

Danau Kaolin mirip dengan danau-danau di Islandia

Indonesia adalah negara kepulauan dengan iklim tropis. Melansir dari laman embassyofindonesia.org, negara kita memiliki 17.508 pulau dan 6.000 dari total pulau tersebut berpenghuni. Dapat kita bayangkan waktu 1 tahun mungkin tidak cukup untuk mengelilingi semua pulau-pulau ini.

Akan tetapi di masa global pandemic seperti ini, kita yang tinggal di Indonesia mempunyai peluang untuk mengunjungi 2 dari 6000 pulau yang berpenghuni tersebut. Dua pulau ini bernama Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang letaknya tidak jauh dari Sumatra Selatan. Konon keindahan kedua pulau ini tidak kalah cantiknya dari pulau Bali. 

Melalui artikel ini, IDN Times akan membagikan informasi wisata di Pulau Bangka-Belitung. Informasi wisata ini meliputi rute, destinasi wisata, hingga jenis oleh-oleh yang wajib dibeli saat mengunjungi Pulau Bangka-Belitung. Disimak, ya. 

 

1. Lokasi dan akses ke Pulau Bangka Belitung

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-olehpixabay.com/Nel_Botha-NZ

Akses ke dua pulau ini dapat dilakukan melalui jalur udara dan laut. Maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batik Air, Citilink, dan Lion Air melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Pangkal Pinang yang adalah ibu kota Pulau Bangka Belitung.

Apabila kamu ingin mengunjungi Pulau Belitung saja, maskapai NAM Air, Garuda Indonesia, dan Citilink menyediakan direct flight dari Jakarta ke Belitung. 

Penerbangan dari Pangkal Pinang ke Belitung juga ada, dan waktu tempuh kurang lebih 30 hingga 40 menit. Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Pangkal Pinang ke Belitung adalah Wings Air dan NAM Air.

Sementara untuk jalur laut, dari pulau Bangka ke pulau Belitung atau sebaliknya dapat dilakukan lewat kapal feri Bahari Express dengan estimasi waktu tempuh 4 jam. Informasi mengenai jadwal dan harga dapat dilihat di laman expressbahari.com

Untuk meningkatkan kenyamanan kamu perlu menyewa mobil atau kendaraan untuk berkeliling di dalam kota Pangkal Pinang atau di Belitung. 

 

2. Durasi perjalanan

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-olehpixabay.com/ErikaWittlieb

Kamu membutuhkan minimum 5 hari 4 malam untuk mengunjungi dua pulau. Akan tetapi kalau ingin mengunjungi pulau Bangka saja, itinerary 3 hari 2 malam saja sudah cukup.

Sementara untuk Pulau Belitung, kamu membutuhkan minimum 4 hari 3 malam karena ada beberapa destinasi seperti Pulau Lengkuas yang memerlukan motor boat dari pantai Tanjung Kelayang. 

Durasi 5 hari 4 malam dapat dibagi menjadi 2 hari di Pangkal Pinang dan 3 hari di Belitung atau sebaliknya. Untuk memperbanyak waktu di tempat tujuan, pilihlah jadwal penerbangan yang waktu tibanya tidak terlalu siang.

Selain itu, jangan lupa koordinasikan dengan pemandu wisata lokal atau supir mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungin karena kalau jarak terlalu jauh maka waktu akan habis di perjalanan dan akibatnya kamu tidak dapat menikmati pemandangan di objek wisata tersebut dengan sempurna. 

 

Baca Juga: 5 Danau Biru Kece di Bangka Belitung, Jangan Sampai Dilewatkan!

3. Destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Bangka

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-olehrinaldimunir.wordpress.com

Destinasi wisata wajib saat berada di Pulau Bangka antara lain:

  • Merdeka Town Square
  • Rumah Jendela Inspirasi yang sangat Instagramable
  • The Golden Bridge yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2017.
  • Museum Timah
  • Tempat penangkaran penyu, Pantai Tongaci

 

4. Destinasi Wisata di Pulau Belitung

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-olehwisata-budaya-babel.blogspot.com

Pulau Belitung adalah tempat syuting film Laskar Pelangi. Pulau ini juga memiliki pantai-pantai cantik. Saat mengunjungi Pulau Belitung pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat ini:

  • Pantai Tanjung Kelayang
  • Batu Berlayar
  • Pulau Lengkuas
  • Tanjung Tinggi
  • Museum Kata oleh Andrea Hirata
  • Danau Kaolin

5. Oleh-oleh khas Bangka Belitung

Info Wisata ke Bangka-Belitung: Rute, Destinasi, dan Tips Oleh-olehkukm.babelprov.go.id

Setiap kali bepergian kamu selalu singgah di tempat perbelanjaan yang menjual oleh-oleh khas daerah tersebut. Pulau Bangka-Belitung juga memiliki beberapa ikon makanan yang dapat kita beli sebagai oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga.

  • Sirup jeruk kunci
  • Kue Rintak
  • Bong Li Piang yang mirip seperti nastar
  • Lempok Cemedak
  • Getas Bangka (kerupuk yang terbuat dari ikan)
  • Sambelingkung (abon ikan)

 

Jadi itulah 5 informasi wisata yang perlu kalian ketahui seputar Pulau Bangka-Belitung. Kedua pulau sama-sama memiliki objek wisata menarik, namun apabila tujuan utama traveling kalian adalah untuk menikmati keindahan laut, Pulau Belitung memberikan banyak destinasi menarik.

Sewaktu mengunjungi objek wisata pantai pastikan kamu mengikuti peraturan yang tertera, misalnya larangan untuk berenang di Danau Kaolin karena airnya cukup tinggi atau dalam. Semoga informasi wisata ini bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak minimum 2 meter.

 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bangka Belitung yang Paling Enak, Hati-hati Ketagihan!

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya