Comscore Tracker

6 Kota di Amerika yang Dijamin Membuat Liburan Natal Jadi Berkesan

Dari kota Santa Claus hingga kereta api, semuanya seru!  

Waktu bergulir dengan cepatnya dan tak disangka kita sudah tiba di penghujung tahun 2021. Memasuki bulan Desember spontan mengingatkan kita akan perayaan Natal dan tentunya liburan akhir tahun yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Namun, pandemik COVID-19 yang melanda di tanah air selama 2 tahun terakhir membuat aktivitas berlibur sedikit terbatas. Lewat kerjasama dan jerih payah dari berbagai pihak untuk terus menekan angka penularan COVID-19 di Tanah Air, beberapa bulan terakhir ini masyarakat sedikit demi sedikit mulai kembali melakukan perjalanan wisata domestik dan internasional.

Kalian yang berencana untuk melakukan perjalanan wisata internasional akhir tahun nanti, barangkali dapat mempertimbangkan 6 kota di Amerika Serikat (AS) ini. Sebabnya, kota-kota ini sangat instagramable sekali khususnya di bulan Desember.

Ingin tahu lebih jelasnya? Berikut daftarnya.

1. Betlehem, Pennsylvania

6 Kota di Amerika yang Dijamin Membuat Liburan Natal Jadi BerkesanWinter light spectacular di Lehigh Valley Zoo (instagram.com/gigiglossy)

Dijuluki Christmas City, Kota Betlehem yang terletak di negara bagian Pennsylvania wajib masuk ke dalam travel bucket lists kalian. Selain kotanya yang bersejarah, Betlehem juga mempunyai Christmas market yang tidak kalah menariknya bila dibandingkan dengan Christmas market yang berada di Jerman.   

Daftar tempat menarik di Betlehem yang dapat kalian kunjungi antara lain:

  • The Moravian Museum of Betlehem and Gemeinhaus. 
  • Museum kereta api The Lehigh and Keystone Valley Model. 
  • Toko buku Moravian.
  • Tempat pembuatan bir Fegley's Brew Works.
  • Kebun binatang Lehigh Valley. Di bulan Desember mereka mengadakan acara Winter light spectacular yang mana pengunjung dapat menyaksikan indahnya lampu-lampu di dalam kebun binatang.
  • Jalan-jalan di Downtown Betlehem khususnya di malam hari selama musim natal. 
  • Mengikuti program Christmas City Stroll untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan pendatang Moravian yang diadakan setiap hari Rabu hingga Minggu siang. Moravian adalah misionaris protestan dari Jerman. 

 

2. Santa Claus, Indiana

6 Kota di Amerika yang Dijamin Membuat Liburan Natal Jadi BerkesanSanta's Candy Castle (instagram.com/santaclausind)

Kota Santa Claus di negara bagian Indiana, dulunya bernama Santa Fee. Namun saat hendak didaftarkan namanya di kantor pos (United States Post Office Department), penggunaan nama Santa Fee ditolak karena sudah ada kota lain yang namanya mirip, yaitu Santa Fe. 

Warga kota tersebut kemudian menggantinya dengan nama Santa Claus yang terinspirasi oleh anak-anak yang berteriak "Santa Claus!" saat angin bertiup kencang dan menyebabkan lonceng gereja berbunyi. 

Menjelang natal, kota Santa Claus mengadakan acara bernama Santa Claus Christmas Celebration yang berlangsung setiap akhir pekan selama 3 minggu pertama di bulan Desember. Atraksi menarik lainnya di kota ini antara lain berupa: 

  • Evergreen boutique and Christmas shop
  • Historic Santa Claus Campground
  • Darlena's Holiday and Gift Shopee
  • Santa's Candy Castle
  • Santa Claus Post Office
  • Santa Claus Museum and Village
  • Holiday World and Splashin' Safari
  • Lincoln Boyhood National Memoria

3. Bernville, Pennsylvania

https://www.youtube.com/embed/quu4xS73nT8

Kota Bernville yang juga terletak di negara bagian Pennsylvania terkenal akan wahana wisata khusus natal bernama Koziar's Christmas Village yang beralamat di 782 Christmas Village Road. 

Wahana ini dibuka setiap tahunnya dari bulan November hingga tanggal 1 Januari, namun jam operasionalnya berbeda yaitu hanya akhir pekan dan malam hari saja dari tanggal 6 hingga 23 November. Wahana akan beroperasi setiap hari selama bulan Desember.

Estimasi biaya masuk ke wahana ini adalah 11US$ untuk orang dewasa dan 10 US$ untuk anak usia 4 hingga 10 tahun. Ada tambahan biaya 5US$ per orang untuk kunjungan di malam hari yang dimulai dari jam 6 malam. 

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas New England-Amerika Serikat yang Paling Populer

4. Solvang, California

6 Kota di Amerika yang Dijamin Membuat Liburan Natal Jadi BerkesanKota Solvang di California (instagram.com/nashahita)

Terletak di negara bagian California, Solvang adalah sebuah kota kecil bernuansa Denmark yang dapat diakses dari Santa Barbara dan Los Angeles. Kota Solvang terlihat begitu cantik selama musim natal khususnya di malam hari.

Beberapa tempat menarik di Solvang antara lain:

  • Copenhagen Drive
  • Alisal Road
  • Julefest yang berlangsung selama bulan Desember.
  • Holiday lights tour 

5. Rhinebeck, New York

6 Kota di Amerika yang Dijamin Membuat Liburan Natal Jadi BerkesanKota Rhinebeck di saat natal (instagram.com/stefanie.mongiardo)

Rhinebeck adalah sebuah kota kecil di Upstate New York. Meskipun kecil, kota ini selain cantik di musim natal, juga mempunyai perayaan menarik di bulan Desember.

Kota Rhinebeck mempunyai acara tahunan bernama Sinterklaas Festival Day, yang mana sudah diselenggarakan sejak tahun 1600. Festival diadakan setiap hari Sabtu pertama di bulan Desember. Tujuan dari diadakannya festival ini adalah untuk memperingati kedatangan warga Belanda ke kota Rhinebeck sekitar 300 tahun yang lalu.

Pengunjung dapat mengikuti workshop, melihat tarian, parade, musik, dan menonton pertunjukan teater selama festival. Acara festival ini tidak dipungut biaya, akan tetapi dianjurkan untuk membeli hiasan bintang yang dijual di toko/kios selama festival yang kemudian hasilnya akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Festival ini kemudian ditutup dengan acara The Children's Starlight Parade.

Selain menghadiri Sinterklaas Festival Day, kalian juga dapat singgah di Beekman Arms and Delameter Inn yang adalah salah satu tempat penginapan tertua di Amerika. Di belakang Beekman Arms terdapat antique market yang menjual barang-barang unik.

6. Durango, Colorado

https://www.youtube.com/embed/vZ6pqHKqWdY

Kota Durango di negara bagian Colorado cocok untuk kalian yang menyukai adventure sport. Di sini kalian dapat bermain ski, snowmobiling, atau dog sledding.

Tidak hanya itu saja, Durango juga terkenal akan atraksi menaiki kereta api yang mengingatkan kita akan film animasi terkenal berjudul The Polar Express.  Atraksi menarik lainnya di Durango antara lain mengunjungi Strater Hotel dan berjalan-jalan di area downtown

Itulah keenam kota di Amerika Serikat yang menawarkan pengalaman unik dan mengesankan selama liburan natal dan tahun baru. Atraksi-atraksi yang ditawarkan di berbagai kota ini dapat dinikmati oleh semua pengunjung dari berbagai usia.

Tak lupa selama bepergian untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjauhi kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

 

 

 

Baca Juga: 5 Kebudayaan Kuno di Amerika Serikat, Warisan Penduduk Asli!

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya