6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!

Sekanak Sidewalk, pemandangannya bagus untuk dibuat foto

Bukan kota biasa, Kota Palembang yang terletak di Sumatra Selatan ini pernah menjadi tuan rumah acara pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yaitu Asian Games di tahun 2018. Tidak hanya itu saja, daerah ini dulunya merupakan daerah di mana Kerajaan Sriwijaya berdiri.

Kalian yang ingin mengeksplorasi daerah di Indonesia wajib memasukkan kota Palembang ke dalam daftar kalian. Siapkan kertas dan pena karena kalian perlu mencatat tempat-tempat wisata yang menarik di kota Palembang.

1. Pulau Kemaro

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!pagoda 9 lantai di Pulau Kemaro (instagram.com/alanismed)

Pulau Kemaro adalah sebuah pulau kecil yang terletak kurang lebih 40 km dari kota Palembang dan sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Untuk dapat sampai ke pulau ini, pengunjung harus menaiki perahu. Pulau ini ramai pengunjung di perayaan Cap Go Meh.

Beberapa destinasi terkenal di pulau ini antara lain:

  • Kelenteng Hok Tjing Rio
  • Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah yang terkenal
  • Pagoda 9 lantai

 

2. Bayt Al- Qur'an Al Akbar

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!museum Al-Qur'an di Palembang (instagram.com/adetynp)

Bayt Al-Qur'an Al Akbar adalah replika Al-Qur'an yang terbuat dari kayu, dan ukurannya sangat besar. Berlokasi di jalan Moh. Amin, Kecamatan Gandus di Palembang, museum ini diresmikan tahun 2012 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Museum beroperasi setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Estimasi biaya untuk masuk dan mengambil foto di tempat ini adalah Rp 15.000,00 untuk anak-anak dan Rp 20.000,00 untuk orang dewasa.

 

3. Jembatan Ampera

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!jembatan Ampera (instagram.com/huget_nugraha)

Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat) merupakan salah satu ikon kota Palembang yang patut untuk dikunjungi. Awalnya jembatan ini diberi nama Jembatan Bung Karno. Namun di tahun 1966 nama jembatan ini diganti dengan Jembatan Ampera.

 

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Palembang Berbahan Ikan Paling Enak, Bikin Ketagihan!

4. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!Monpera di Palembang (instagram.com/intankelud)

Monpera didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat melawan penjajah di dalam pertempuran lima hari lima malam. Monumen ini tinggi dan bentuk atapnya menyerupai bunga melati. Di atas monumen terpasang burung Garuda Pancasila yang besar dan di halaman depan monumen terdapat satu tugu atau pahatan gading gajah.

Estimasi biaya tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 5.000,00 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 1.000,00 untuk pelajar. Sementara untuk wisatawan asing dikenakan biaya masuk Rp 20.000,00 per orang.

 

5. Sekanak Sidewalk

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!sekanak sidewalk (instagram.com/dekfendee)

Sekanak Sidewalk terletak di Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang. Sidewalk ini dibuat untuk mempersiapkan acara Asian Games di tahun 2018. Kawasan ini cocok untuk dibuat jalan-jalan santai sambil berfoto ria.

6. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang, Cocok untuk Segala Usia!replika kapal Cheng Ho (instagram.com/kerrickstory)

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya terletak di pinggir Sungai Musi. Di dalam taman ini terdapat batu prasasti serta benda-benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya, pulau buatan, dan replika kapal milik Laksamana Cheng Ho. Estimasi biaya masuk ke tempat ini adalah Rp 5.000,00 per orang.

Itulah 6 destinasi menarik di kota Palembang yang selain asyik untuk dikunjungi bersama keluarga, juga kaya akan nilai sejarah dan budaya. Jika kalian akan mengunjungi destinasi di atas, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M selama berwisata yaitu: mengenakan masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga jarak.

 

 

 

 

 

Baca Juga: 5 Keunikan Gulo Puan, Camilan Manis dari Susu Kerbau Khas Palembang

Maria  Sutrisno Photo Verified Writer Maria Sutrisno

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya