Comscore Tracker

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak Kagum

Pagoda Dabotap menjadi simbol di koin 10 won korea

Tujuan seseorang melakukan perjalanan wisata berbeda-beda. Ada yang bepergian untuk shopping, tetapi ada pula yang bepergian untuk kuliner atau mempelajari kebudayaan suatu tempat.

Berbicara mengenai kebudayaan, museum tentunya menjadi pilihan utama untuk melihat sejarah dan adat istiadat suatu kota. Namun, melakukan ini saja tidak cukup apalagi kalau destinasi tujuan berada di luar negeri.

Pada kesempatan ini IDN Times akan membagikan ide tempat wisata yang sarat budaya di negara Korea Selatan. Menariknya lagi, tempat wisata ini termasuk di dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Yuk, check bersama-sama. 

 

1. Royal Tombs of Dynasty Joseon

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumYeongneung Royal Tomb di Yeoju. (instagram.com/hckbln.de)

Makam Kerajaan Dinasti Joseon atau Royal Tombs of Dynasty Joseon merupakan tempat makam raja dan ratu selama masa pemerintahan Dinasti Joseon. Ada 40 makam yang tersebar di 18 tempat yang berbeda, tetapi mayoritas berada di kota Seoul dan sekitarnya.

Makam pertama Raja yang sangat terkenal adalah Yeongneung di Yeoju. Di tempat ini Raja Sejong yang terkenal dengan Ratu Soheon dimakamkan.

2. Kuil Bulguksa dan Gua Seokguram

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumPagoda Seokgatap atau Pagoda tanpa bayangan di Kuil Bulguksa (instagram.com/uberlab)

Kuil Bulguksa dan Gua Seokguram terletak di Gyeongju. Kedua tempat ini didirikan di masa pemerintahan Kerajaan Silla.

Di halaman depan Kuil Bulguksa terdapat Pagoda Dabotap dan Pagoda Seokgatap yang terkenal. Bangunan Pagoda Dabotap merupakan salah satu struktur tradisional yang terkenal di daerah Asia Timur. Warga Korea sangat bangga dengan pagoda ini yang kemudian dijadikan simbol untuk koin 10 won korea. 

Pagoda Seokgatap dikenal dengan nama "muyeongtap" yang artinya pagoda tanpa bayangan. Tinggi pagoda ini sekitar 8.2 meter dan strukturnya sederhana. 

Gua Seokguram merupakan gua buatan dan di dalamnya terdapat patung Buddha.

3. Kuil Jongmyo

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumRitual Jongmyo Jerye atau Jongmyo Daeje di Kuil Jongmyo. (instagram.com/helichuan)

Kuil Jongmyo berada di kota Seoul. Di dalam kuil ini terdapat batu peringatan anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon.

Setiap tahunnya di hari Minggu pertama di awal bulan Mei akan diadakan ritual Jongmyo Jerye atau Jongmyo Daeje di kuil ini. Ritual ini untuk menghormati arwah raja dan ratu yang dulu berkuasa selama Dinasti Joseon. 

 

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Horor di Korea Selatan, Berani Datang?

4. Kuil Haeinsa

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumJanggyeong Panjeon di Kuil Haeinsa. (instagram.com/lorena.lresusta)

Kuil Haeinsa terkenal karena di kuil ini terdapat tempat penyimpanan 80.000 Tripitaka Koreana yang dicetak di balok kayu.

Tripitaka adalah kitab suci agama Buddha, dan Tripitaka Koreana ini merupakan satu-satunya koleksi yang terlengkap di Asia. Tempat penyimpanan Tripitaka Koreana disebut Janggyeong Panjeon.

 

5. Desa Yangdong

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumPerbedaan materi atap rumah di Desa Yangdong. (instagram.com/soyeon_choi)

Desa Yangdong terletak di kawasan pegunungan di Gyeongju. Di dalam desa ini kalian dapat melihat rumah tradisional disebut Hanok yang atapnya terbuat dari genting. Pada waktu itu, Hanok merupakan rumah untuk golongan menengah ke atas.

Sedangkan rumah sederhana yang beratap jerami atau disebut chogajib adalah rumah yang ditempati oleh masyarakat biasa.

Selain terkenal akan struktur rumah tradisional yang unik, desa ini juga terkenal akan kebudayaan yang melestarikan ajaran Konfusianisme dan tradisi adat istiadat.

6. Benteng Hwaseong

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumBenteng Hwaseong di malam hari. (instagram.com/marcepecco)

Benteng Hwaseong terletak di Suwon dan memiliki panjang kurang lebih 5.7 km. Benteng ini dibangun pada waktu pemerintahan Raja Jeongjo dari Dinasti Joseon.

Proses pembangunan benteng ini dirancang oleh Jeong Yak-yong (The Great Thinker Dasan) yang mana benteng dibuat dengan teknik modern seperti menggunakan derek dan roda katrol.

 

7. Benteng Namhansanseong

7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak KagumSalah satu penampakan dinding Benteng Namhansanseong. (instagram.com/bongmoo)

Benteng Namhansanseong merupakan benteng pertahanan sewaktu masa Dinasti Joseon. Benteng ini dibangun untuk melindungi kota Hanyang yang waktu itu adalah ibu kota Dinasti Joseon. Hanyang sekarang disebut Seoul.

Terletak di area pegunungan sekitar 25 km sebelah timur selatan kota Seoul,  Namhansanseong pernah menjadi ibu kota sementara di pemerintahan Dinasti Joseon. Kalian yang menyukai aktivitas alam seperti hiking akan menikmati tempat ini. 

Ketujuh situs UNESCO ini menunjukkan nilai kebudayaan yang tinggi. Dari sini kita juga belajar bahwa masyarakat Korea sangat menghormati leluhur mereka. Pastinya kalian tidak akan kecewa saat mengunjungi tempat-tempat ini. 

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Korea Selatan buat Kamu Pencinta KPop, Bikin Happy!

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya