Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! 

Semua jenis wisata alam ada di sini! #LokalIDN

Kota Bandar Lampung merupakan ibu kota provinsi Lampung yang terletak di pulau Sumatra. Provinsi Lampung cukup dekat dengan pulau Jawa khususnya mereka yang tinggal di Cilegon, DKI Jakarta, dan Banten.

Warga dari ketiga daerah ini dapat mengunjungi Lampung dengan menaiki feri dari pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan dengan durasi sekitar 70 hingga 80 menit. Dari pelabuhan Bakauheni menuju ke kota Bandar Lampung membutuhkan waktu antara 50 hingga 60 menit lewat jalur tol Bakauheni-Terbanggi Besar. 

Meskipun tidak setenar kota Medan yang berada di sebelah utara dan pulau Bangka Belitung, kota Lampung memiliki destinasi wisata alam dan buatan yang menarik untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Supaya tidak penasaran, yuk bahas tempat-tempat mana saja yang dapat kamu kunjungi bersama teman dan keluarga di Lampung.

 

1. Taman Purbakala Pugung Raharjo

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/taman_purbakala

Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di desa Pugungraharjo, kabupaten Lampung Timur. Taman purbakala ini berjarak kurang lebih 42 km dari kota Bandar Lampung.

Pengunjung dapat ke tempat ini dengan melewati kota Metro lalu berbalik arah menuju ke Sekampung Udik di Lampung Timur. Rute ini sedikit lebih panjang tetapi kondisi jalan jauh lebih baik daripada melewati Ir. Sutami dan Bandar Sribawono.

Sebelum masuk ke Taman Purbakala, pengunjung disarankan untuk singgah di rumah informasi di mana di tempat ini akan ada petugas yang mendampingi kunjungan ke Taman Purbakala. 

Di taman ini, pengunjung akan melihat benda-benda purbakala seperti kolam megalitik, arca, benteng, batu prasasti, dan punden berundak. Ada 13 punden berundak yang bentuknya mirip dengan bangunan piramid. Konon punden berundak ini memiliki fungsi sebagai tempat memuja arwah leluhur.

Tiket masuk untuk orang dewasa sekitar Rp10.000,00 per orang. Jam operasional dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. 

 

2. Taman Wisata Bumi Kedaton

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/wahanakedaton

Di dalam Taman Wisata Bumi Kedaton, pengunjung dapat mengunjungi kebun binatang, berenang di waterpark, dan jalan-jalan di taman keluarga. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena mereka menawarkan beragam aktivitas di satu tempat.

Taman Wisata Bumi Kedaton juga memiliki penginapan apabila pengunjung ingin menginap di tempat ini. Taman Wisata ini terletak di jalan W.A. Rahman no 1, 2, 3, Batu Putuk, Bandar Lampung. 

Estimasi harga tiket masuk untuk ke Waterpark yaitu Rp30.000,00 per orang. Sementara untuk kebun binatang Rp15.000,00 dan harga tiket untuk taman keluarga adalah Rp10.000,00 per orang.

Pengunjung yang ingin menaiki mobil untuk berputar mengelilingi Bumi Kedaton dikenakan biaya tambahan Rp3.000,00 per orang.

3. Menara Siger

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/aadidithaa

Menara Siger terletak di jalan Lintas Sumatra Bakauheni. Menara yang bentuknya seperti mahkota ini merupakan simbol titik nol di Sumatra bagian Selatan yang diresmikan di bulan April tahun 2008.

Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni sehingga setibanya di Lampung bisa langsung mengunjungi menara ini. Tiket masuk ke Menara Siger sekitar Rp5.000,00 per orang. Pemandangan di Menara Siger ini sangat cantik sehingga dapat dijadikan background untuk foto.  

Baca Juga: 7 Tempat Makan Enak Pempek Palembang di Bandar Lampung

4. Pantai Sari Ringgung

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/orchidarina

Pantai Sari Ringgung letaknya tidak jauh dari kota Bandar Lampung yaitu sekitar 30 hingga 60 menit. Pantai yang berada di kabupaten Pesawaran cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Aktivitas menarik di pantai ini antara lain melihat masjid terapung Al-Aminah dan melihat pasir timbul. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas snorkeling di sini. Estimasi tiket masuk ke Pantai Sari Ringgung adalah Rp5.000,00-Rp20.000,00 per orang tergantung moda transportasi (sepeda motor atau mobil). 

Untuk dapat melihat pasir timbul, pengunjung harus naik perahu selama 15 hingga 20 menit dengan biaya sekitar Rp25.000,00 per orang. 

5. Pantai Gigi Hiu

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/andree_neru

Disebut pantai Gigi Hiu karena bentuk batu-batu karangnya mirip seperti gigi hiu. Pantai ini terkenal karena pemandangannya bagus untuk dijadikan tempat foto. 

Pantai Gigi Hiu terletak di desa Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Untuk dapat tiba di sini, pengunjung melewati Padang Cermin kemudian melewati Pantai Teluk Kiluan dan akhirnya tiba di pantai Gigi Hiu. Dari Teluk Kiluan ke pantai ini sekitar 5 km. Jalur alternatif lain yaitu Padang Cermin kemudian jalan Bawang lalu ke Desa Kelumbayan dan akhirnya tiba di pantai. 

Pengunjung wajib membawa bekal makanan dan minuman karena fasilitas warung dan mini market sangat terbatas. Berenang tidak diizinkan di tempat ini karena batu karang yang terjal dan ombak yang tinggi.

Tidak ada transportasi umum yang menuju ke pantai ini sehingga wajib mengendarai mobil atau sepeda motor. Biaya masuk kurang lebih Rp15.000,00 per orang.

6. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Cocok untuk Semua Usia! Instagram.com/tamankupugitapersada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada terletak di jalan Wan Abdul Rachman. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari kota Bandar Lampung. Taman ini didirikan oleh Profesor Herawati Soekardi sebagai upaya untuk melestarikan kupu-kupu. 

Di taman ini terdapat kurang lebih 188 spesies kupu-kupu. Di dalam taman ini, pengunjung dapat mengunjungi rumah pohon, penangkaran kupu-kupu, museum, dan kafe. Harga tiket masuk Rp10.000,00 per orang. Taman buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. 

Jadi, itulah 6 rekomendasi tempat wisata di Lampung yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala macam usia. Mayoritas biaya masuk ke tempat-tempat wisata di Lampung cukup terjangkau.

Pemandangan alam di Lampung sendiri tidak kalah indah dari Bangka Belitung dan apabila merasa jenuh dengan hiruk pikuk kota besar, berwisata di Lampung dapat menjadi tempat alternatif untuk liburan pendek. 

 

 

Baca Juga: Ini 5 Tradisi Unik Masyarakat Lampung Menjelang Pernikahan

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya