Comscore Tracker

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!

Destinasi wisata ramah muslim di Tiongkok

Wilayah Xinjiang merupakan daerah otonomi terluas di Tiongkok dan memiliki perbatasan darat terpanjang dengan negara tetangganya. Xinjiang berbatasan dengan Provinsi Gansu di sebelah timur, Provinsi Qinghai dan Tibet di sebelah tenggara dan berbatasan dengan Mongolia, Afghanistan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Pakistan dan India. Dari sekian luas wilayah Xinjiang hanya sedikit saja yang bisa di huni, sisanya berupa gurun, gunung bersalju dan gletser.

Penduduk yang tinggal di Xinjiang kebanyakan adalah orang Uyghur, salah satu etnik minoritas di Tiongkok. Tidak seperti warga Tiongkok, Suku Uighur lebih mirip orang Mongol dan Kazakh yang kebanyakan beragama Islam. Keunikan wilayah dan penduduk di daerah Xinjiang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun, Xinjiang bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan untuk didatangi, berikut ini alasannya.

1. Xinjiang merupakan salah satu daerah penting yang dilewati jalur sutera.

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/ins.xinjiang

Bepergian ke Xinjiang bisa dilakukan dengan perjalanan kereta Lanxin (Lanzhou-Xinjiang). Jalur ini melewati jalur jalan sutera kuno yang membentang dari Lanzhou-Gansu-Umruqi.

2. Pesona Urumqi, Kota metropolis diantara gurun

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/dronemperors

Meskipun wilayah Xinjiang didominasi gurun, jangan banyangkan kehidupan di sana tertinggal dan tidak modern. Nyatanya Urumqi adalah kota kosmopolitan yang disana terdapat banyak kantor-kantor perusahaan besar dan hotel. Di kota Urumqi terdapat taman Hongsan dan Renmin yang disana kamu dapat mengamati kehidupan sehari-hari penduduk Urumqi. Di Urumqi juga ada Xinjiang Uygur Regional Museum yang menyimpan cerita sejarah perdagangan jalur sutera yang bisa dimasuki secara gratis.

3. Pesona danau Tian Chi

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/Tracy.gu

Danau Tian Chi lebih dikenal dengan heavenly lake, terletak di timur Urumqi dan dapat ditempuh dalam tiga jam perjalanan. Danau ini terletak di ketinggian 5000 kaki diatas permukaan laut dengan latar belakang pemandangan pohon-pohon Cemara dan pegunungan Alpen. Dengan pemandangan seperti di negeri dongeng pasti bikin kamu nggak ingin pulang!

4. Pesona danau Kanas

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/lizz_zou

Selain itu ada juga danau Kanas yang terletak di ujung Xinjiang berbatasan dengan Mongolia dan Kazakhstan. Danau ini berbentuk memanjang dengan daratan kanan kirinya dipenuhi pohon Pinus. Ditambah background gunung es dibelakangnya pasti bikin kamu betah lama-lama memandangnya!

5. Keindahan arsitektur bangunan di Xinjiang

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/sadik_sapmaz

Masjid dan menara di Xinjiang adalah perpaduan gaya Tiongkok dan Arab menghasilkan arsitektur yang unik. Bangunan unik yang biasa dikunjungi di Xinjiang adalah masjid id kah dan masjid abakh hoja tomb di Kashgar, serta masjid su gong ta (Emin minaret) di Turpan. 

Baca Juga: 5 Fakta tentang Xinjiang, Rumah bagi Beragam Etnis

6. Wisata kota tua

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/ameliaxie68

Kashgar adalah sebuah kota tua yang terletak di ujung barat Xinjiang dan tempat dimana dua rute jalur sutera berpotongan dan berbatasan dengan gurun Talkaman. Kota Kashgar menyediakan pemandangan rumah-rumah kuno yang dindingnya berlumuran lumpur. Kota tua lain yang biasa dikunjungi adalah Turpan.

7. Souvenir yang unik

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/sadik_sapmaz

Sunday Bazaar yang menjadi salah satu pusat perdagangan di kota Kashgar menawarkan pernak-pernik suvenir perjalanan yang menarik khas Xinjiang. Ragam suvenir yang dijual di bazar ini lengkap, mulai dari pernik kerajinan tangan, gerabah, alat musik, buah segar dan kering hingga bermacam kain dan karpet. Wah bisa bikin kalap belanja tuh!

Selain di kota Kashgar, ada juga International Bazaar yang terletak di pusat kota Urumqi. Di bazar ini seluruh penjualnya adalah orang Uygur, sehingga suasana bazar tidak seperti pasar di Tiongkok pada umumnya, malah seperti suasana pasar di timur tengah. Konon pasar ini sejak zaman perdagangan jalur sutera sudah sangat terkenal, karena merupakan tempat pertemuan pedagang dari arah barat dan timur.

8. Berbagai macam makanan enak yang halal

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/silk_pasture_travels

Makanan di Xinjiang agak berbeda dengan makanan Tiongkok biasanya karena perpaduan gaya Tiongkok, Arab dan India. Di Xinjiang juga lebih mudah menemukan makanan halal karena mayoritas penduduknya adalah muslim.

Masakan Xinjiang yang terkenal daging kambing gurun. Ada juga Pilaf, nasi goreng khas timur tengah dengan potongan daging kambing dan campuran sayuran, juga roti Naan seperti yang ada di India.

9. Buah eksotis yang enak dan melimpah

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/ins.xinjiang

Meskipun mayoritas wilayahnya adalah gurun, hasil pertanian Xinjiang tidak kalah bagusnya dengan daerah bertanah subur. Buah-buahan yang menjadi komoditas andalan di Xinjiang diantaranya delima dan anggur. Delima asal Kashgar yang dipanen antara bulan Agustus-Desember mempunyai rasa yang terbaik.

Selain anggur segar, di Xinjiang juga banyak menjual anggur kering/ kismis. Yang pasti harganya murah dan rasanya manis. Untuk dapat merasakan buah-buahan terbaik Xinjiang sebaiknya pilihlah berkunjung pada saat musim panas.

10. Pengalaman wisata kaya rasa

10 Pesona Xinjiang, Layak Jadi Tujuan Wisata Akhir Tahun!Instagram.com/ins.xinjiang

Xinjiang menyimpan banyak sejarah yang mendalam. Pengaruh peradaban dari Tiongkok dan Asia timur menjadikan Xinjiang kaya akan budaya yang unik. Di Xinjiang kamu tidak akan merasa seperti sepenuhnya di Tiongkok karena budaya orang-orang Xinjiang sangat berbeda. Bahkan bahasa yang digunakan campuran antara bahasa dan daerah, Tiongkok dan Arab. Tulisan Arab juga banyak ditemui di papan nama restoran dan tempat umum lainnya. Dijamin kamu akan merasakan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Itulah 10 Pesona Xinjiang yang layak masuk daftar tujuan wisatamu. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata di Xinjiang yang belum disebutkan di artikel ini, dan yang pastinya nggak kalah keren. Jadi kapan nih mau berlibur ke Xinjiang?

Baca Juga: Deretan Fakta 'Sekolah Vokasi' Muslim Uighur di Xinjiang

Ivana Lee Photo Verified Writer Ivana Lee

nature lovers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You