Comscore Tracker

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesat

Supaya terhindar dari segala marabahaya di perjalanan

Selain naik pesawat, liburan melalui jalan darat pilihan banyak orang. Sebab, traveling dengan menempuh perjalanan darat bisa menciptakan pengalaman yang berkesan.

Nah, supaya perjalananmu selalu lancar tanpa hambatan berarti, jangan lupa  utamakan berdoa ya. Berikut ini doa perjalanan darat yang bisa kamu lafalkan dan amalkan saat bepergian, lengkap dengan doa ketika tersesat di jalan.

1. Doa melakukan perjalanan darat

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesatpinterest.com/fatmah

Sebelum berangkat, hendaknya kita membaca doa terlebih dahulu, supaya selamat sampai tujuan. Doa tersebut diajarkan oleh HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Berikut lafal doa perjalanan darat:

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni ’udzubika min watsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.”

2. Doa saat singgah di suatu tempat

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesatunsplash.com/gláubersampaio

Selain membaca doa khusus melakukan perjalanan darat, kamu juga dianjurkan untuk membaca doa saat singgah di suatu tempat. Tentu kita membutuhkan istirahat sejenak, apalagi ketika menempuh pejalanan panjang.

Berikut lafal doa saat singgah di suatu tempat:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Auudzu bikalimaatillaahit-taammaati min syarri maa kholaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah SWT yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya."

3. Doa saat tersesat dalam perjalanan

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesatunsplash.com/jean-fredericfortier

Perjalanan tak selamanya berjalan mulus. Bisa jadi di tengah perjalanan kita tersesat. Sambil beristirahat sejenak, kita bisa meminta pertolongan kepada Allah SWT agar kembali ditunjukkan ke jalan yang benar.

Berikut lafal doa saat tersesat di perjalanan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allahumma innii audzubika min an adhilla au udholla au azilla au uzalla au udzlima au udzlama au ajhala au yujhala alayya.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, berbuat aniaya atau teraniaya, berbuat bodoh atau dibodohi.”

Baca Juga: Doa Naik Kereta Api dan Menempuh Perjalanan Jauh, Beserta Artinya

4. Doa saat menempuh perjalanan jauh

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesatunsplash.com/diegojimenez

Apabila perjalanan yang akan kamu tempuh cukup jauh, tak ada salahnya menambah bacaan doa berikut ini. Doa menempuh perjalanan jauh ini juga bisa membuatmu merasa lebih tenang.

Berikut lafal doa menempuh perjalanan jauh:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa waatwi 'annaa budahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, Engkau pula yang melindungi keluarga."

5. Makna doa bepergian perjalanan darat

Doa Menempuh Perjalanan Darat, supaya Lancar dan Tak Tersesatpinterest.com/kristenelsby

Membaca kedua doa tersebut saat melakukan perjalanan darat tentu akan membawa hal baik kepada kita. Dengan mengamalkannya, kita sama saja meminta perlindungan Allah SWT dalam setiap perjalanan dan bepergian yang kita lakukan.

Selain itu, kita juga memohon agar Allah SWT mencukupkan dan memudahkan urusan yang akan kita hadapi. Begitu pula dengan urusan yang kita tinggalkan saat bepergian. Dengan begitu, kita terhindar dari segala keburukan dalam perjalanan.

Itulah dia doa perjalanan darat yang dapat kamu lafalkan dan amalkan saat bepergian. Semoga perjalananmu selalu lancar dan dilindungi Allah SWT.

Baca Juga: Doa Menempuh Perjalanan Udara, supaya Terhindar dari Marabahaya

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Jumawan Syahrudin
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya