Comscore Tracker

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung, agar Terhindar dari Segala Bahaya

Supaya pendakianmu selalu lancar dan aman

Mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan bagi para traveler. Menikmati pemandangan alam dari puncak membuat hati damai.

Sebenarnya, mendaki gunung termasuk kegiatan yang cukup berisiko, sehingga membutuhkan pengalaman dan persiapan yang matang. Selain persiapan fisik dan logistik, pastikan kamu sudah membaca doa.

Tak ada yang tahu peristiwa apa yang akan terjadi saat mendaki gunung nantinya. Sehingga, dengan membaca doa, kita bisa memohon kelancaran dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut beberapa rangkaian doa yang bisa kamu amalkan saat mendaki gunung.

1. Doa sebelum melakukan perjalanan

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung, agar Terhindar dari Segala Bahayafreepik.com

Sebelum berangkat mendaki, sebaiknya berdoa terlebih dahulu dari rumah. Dengan begitu, kita telah memohon perlindungan dan keberkahan dari aktivitas yang dilakukan.

Berikut lafal doa sebelum melakukan perjalanan:

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

2. Doa ketika mendaki gunung

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung, agar Terhindar dari Segala Bahayapexels.com/kunfotografi

Selain itu, kita juga dianjurkan berdoa selama perjalanan mendaki gunung. Doa tersebut tercantum di dalam Surat Al Hasyr ayat 21.

Berikut lafal doa ketika mendaki gunung:

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Lau anzalna hadzal qurana ala jabalin lara-aitahu khasyian mutashaddian min khasy-yatillah, watilkal amtsalu nadlribuha lin nasi laallahum yatafakkarun.

Artinya: “Kalau sekiranya Kami turunkan Al Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah SWT. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.”

Baca Juga: 5 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan, Mendaki Tetap Aman dan Nyaman

3. Doa memasuki suatu wilayah baru

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung, agar Terhindar dari Segala Bahayaunsplash.com/jonflobrant

Saat mendaki gunung, berarti kita memasuki suatu wilayah baru. Ada baiknya berdoa terlebih dahulu agar terhindar dari hal-hal buruk. Doa ini diajarkan oleh HR. Hakim dan Ibu Hikam.

Berikut lafal doa memasuki wilayah baru:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Allaahumma rabbas samaawaatis sabi wamaa adhlalna wal aradiinas sabi wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wanauudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, Rabb pemilik tujuh langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para setan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.”

4. Makna amalan doa mendaki gunung

Doa Sebelum dan Saat Mendaki Gunung, agar Terhindar dari Segala Bahayawgtn.ac.nz

Dengan mengamalkan dan membaca doa-doa tersebut, berarti kita memohon perlindungan Allah SWT selama mendaki gunung. Seperti yang kita tahu, gunung memiliki jangkauan alam yang luas, sehingga hal-hal yang tak diprediksi bisa saja terjadi.

Selain itu, kita juga memohon untuk selalu ditunjukkan jalan yang benar selama mendaki. Kemudian, dari perjalanan mendaki ini, kita juga meminta keberkahan dan kebaikan nantinya, supaya aktivitas mendaki ini jadi lebih bermanfaat.

Itulah doa yang bisa kamu baca dan amalkan ketika mendaki gunung. Persiapkan segala sesuatunya dengan matang dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya.

Baca Juga: 10 Tips Mendaki Gunung Saat New Normal, Tetap Aman dan Nyaman

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya