Comscore Tracker

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquarium

Destinasi liburan seru bareng keluarga besar

Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan dengan berbagai objek wisata yang menarik. Salah satu destinasi dalam kota paling favorit adalah Jakarta Aquarium. Tempat ini berisi lebih dari 600 jenis satwa, mulai dari ikan, bintang laut, berang-berang, dan penguin.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bareng keluarga, apalagi kalau ada anak-anak, mereka pasti senang. Nah, sebelum ke sana, ada baiknya kamu simak dulu info wisata Jakarta Aquarium berikut ini!

1. Rute perjalanan

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/annisataaa

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, seperti KRL. Berikut pilihan rute dengan kendaraan pribadi:

  • Monumen Nasional atau Stasiun Gambir: dari Jalan Merdeka Barat menuju ke Jalan Merdeka Utara. Kemudian, belok ke Jalan Abdul Muis dan ke Jalan Tanah Abang I. Dari titik itu, melajulah ke Jalan Suryo Pranoto dan Jalan Tomang Raya, kemudian ke Jalan Letjen S. Parman. Jakarta Aquarium berada di kiri jalan. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Stasiun Pasar Senen: dari sini, melajulah menuju Jalan Abdul Rahman Saleh. Kemudian, menuju ke Jalan Taman Pejambon dan Jalan Merdeka Utara. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Abdul Muis, lalu ke Jalan Tanah Abang I. Dari situ, lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Suryo Pranoto dan Jalan Tomang Raya. Beloklah ke Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Aquarium berada di kiri jalan. Butuh waktu kurang lebih 40 menit untuk sampai ke sini.

Kalau kamu menggunakan KRL, berikut rute yang bisa kamu ambil:

  • Stasiun Depok: dari sini, kamu akan melewati berbagai stasiun, seperti Depok Baru, Pondok Cina, Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pasar Minggu, Pasar Minggu Baru, Duren Kalibata, Tebet, dan transit di Manggarai. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Duri, lalu turunlah di Stasiun Grogol. Lama perjalanan 1,5 jam.
  • Stasiun Bogor: dari sini, kamu akan melewati beberapa stasiun, seperti Cilebut, Boyong Gede, Citayam, Depok, Depok Baru, Pondok Cina, Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pasar Minggu, Pasar Minggu Baru, Duren Kalibata, Tebet, dan transit di Manggarai. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Duri, lalu turunlah di Stasiun Grogol. Lama perjalanan dua jam.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/nydiabelinda_

Lokasi: Neo Soho Lantai LG 101–LGM 101, Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat 

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00

Harga:

  • Tiket reguler: tiket hari biasa untuk orang dewasa seharga Rp140 ribu, sedangkan untuk anak-anak seharga Rp125 ribu. Sedangkan saat weekend, orang dewasa dikenakan Rp185 ribu dan anak-anak Rp150 ribu.
  • Tiket premium: tiket pada hari biasa, orang dewasa dikenakan seharga Rp185 ribu, sedangkan anak-anak Rp150 ribu. Kalau weekend, orang dewasa Rp200 ribu dan anak-anak Rp185 ribu.

Perbedaan kedua tiket tersebut terletak pada fasilitas yang didapatkan. Pemegang tiket premium bisa menikmati atraksi 5D dan bebas keluar masuk lokasi selama empat jam dari pertama kali memasuki tempat wisata.

3. Ada apa aja sih di Jakara Aquarium?

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/jakartaaquarium

Terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. Selain menikmati keindahan biota laut, kamu bisa menonton pertunjukan teater bawah laut berjudul Mutiara Laut Selatan.

Kamu bisa menyaksikan putri duyung di dalam akuarium yang diperankan para profesional. Pertunjukan teater di sini merupakan karya produser teater terkenal dari Australia, Peter Wilson namanya.

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/kevinjulio1993

Selain itu, kamu bisa melakukan aquatrekking. Menyelam ke dalam sebuah akuarium raksasa dan berenang bareng ikan-ikan lucu seperti di laut lepas. Tenang, kamu gak akan menyelam sendiri, ada pemandu yang akan menjagamu.

Lama waktu menyelam hanya 15 menit. Pastikan kamu sudah menggunakan pakaian renang beserta dengan pengamannya.

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/rosagusfa

Kalau sudah merasa lapar, mampirlah ke Restoran Pingoo. Kamu bisa makan sambil melihat tingkah penguin yang menggemaskan. Menu yang ditawarkan berupa makanan-makanan laut khas Amerika.

Kamu bisa mencicipi spaghetti vongole, seafood tomato cream, dory fish and chips, hingga seafood platter. Untuk minumannya, kamu bisa pesan smoothies, jus, mojito, milkshake, minuman bersoda, atau air mineral.

Baca Juga: Info Wisata Monkey Forest Ubud: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

4. Fasilitas

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/annisataaa

Jakarta Aquarium berada di dalam pusat perbelanjaan, sehingga fasilitas tak perlu dikhawatirkan lagi. Gak cuma wahana dan aktivitasnya yang lengkap, terdapat pula pusat informasi, toilet, tempat makan, toko suvenir, hingga tempat duduk untuk beristirahat di dalamnya.

5. Tips ketika mengunjungi Jakarta Aquarium

Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquariuminstagram.com/ayudiac

Tips-tipsnya:

  1. Kalau ingin bermain di area Touch Pool, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu. Tujuannya supaya air tidak terkontaminasi dan membuat hewan tersebut mati.
  2. Patuhi semua aturan yang ada. Terdapat kolam yang tidak memperbolehkan memegang ikan. Jadi, perhatikan simbol-simbol peraturan di sana ya!
  3. Kalau ingin mendapatkan foto estetik, datanglah di hari biasa karena lebih sepi. Kalau datang di akhir pekan, biasanya pengunjung lebih ramai.

Nah, itulah sejumlah info wisata yang bisa jadi bekal untuk liburan ke Jakarta Aquarium. Jadi kapan mau main ke sana?

Baca Juga: Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba 

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You