Comscore Tracker

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Situs bersejarah cantik yang memanjakan mata

Daerah Istimewa Yogyakarta punya segudang situs bersejarah, salah satunya Candi Prambanan yang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Prambanan dibangun sejak pada abad ke-9 Masehi. Banyak sejarah yang tersimpan dari candi megah ini.

Jika sedang berkunjung ke Yogyakarta, situs bersejarah satu ini bisa jadi destinasi yang menarik. Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum berkunjung ke sana. Yuk, simak info wisatanya dulu di bawah ini!

1. Rute perjalanan

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/dsharita_

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih untuk menuju Candi Prambanan. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, berikut pilihan rutenya:

  • Dari pusat Kota Yogyakarta: dari kawasan Malioboro, melajulah hingga ke Jalan Solo, lalu ke gapura perbatasan Yogya dan Jawa Tengah. Dari titik itu, arahkan mobil atau motormu sejauh 300 meter melewati lampu merah pertama. Kamu akan melihat kompleks Candi Prambanan di sebelah kiri.
  • Dari Kota Surakarta: ambil jalur Jalan Raya Solo ke Klaten. Perjalanan kurang lebih satu jam dan kamu akan melihat kompleks Candi Prambanan.
  • Dari Kota Semarang: melewati Ungara, Ambarawa, Pringsurat,  Magelang, dan Yogya. Setelah keluar dari gerbang, kamu akan melihat Candi Prambanan di sisi kiri.

Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, berikut rute yang bisa kamu ambil:

  • Dari Kota Yogyakarta: naik bus TransJogja koridor 1A, turun di depan kompleks Candi Prambanan. Harganya Rp3.500.
  • Dari Kota Semarang: naik bus AKAP Semarang dengan pemberhentian Yogyakarta. Harga sekali naik Rp50ribu. Turun di Terminal Jombor, lalu naik bus TransJogja koridor 1A dan turun di depan kompleks candi.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/kim.kunnen

Lokasi: Jalan Raya Solo , Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, 06.00-17.00

Harga tiket: WNI Rp40 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak, sedangkan WNA Rp250 ribu untuk dewasa dan Rp100 ribu untuk anak-anak.

3. Hal yang bisa dilakukan di Candi Prambanan

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/airasia_bhsindonesia

Selama di Candi Prambanan, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan. Napak tilas sejarah sambil hunting foto jadi kegiatan paling asyik di sini. 

Terdapat candi-candi utama yang diperuntukkan dewa-dewa tertinggi, yakni Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Wisnu, dan Candi Dewa Brahma.

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyablog.reddoorz.com

Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan tidak boleh kamu lewatkan. Teatrikal ini bercerita tentang kisah Ramayana yang berjuang mendapatkan cinta Dewi Shinta. Datanglah pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 19.30.

Untuk tiketnya sendiri, terdapat beberapa kelas yang disediakan. Kelas 2 seharga Rp125 ribu, kelas 1 seharga Rp200 ribu. Ada pun kelas khusus seharga Rp300 ribu, sedangkan untuk VIP harganya Rp400 ribu. Semua jenis tiket bisa dibeli secara online.

Baca Juga: Wisata The Ranch Puncak Bogor: Rute Lokasi dan Harga Tiket!

4. Sejarah di balik megahnya Candi Prambanan

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/myearthproject

Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Pembangunannya sendiri berjalan hingga masa pemerintahan Raja Lokapala. Dibangunnya candi ini dimaksudkan untuk dapat menandingi kemegahan Candi Borobudur.

Terdapat cerita rakyat tentang pembangunan Candi Prambanan, yakni kisah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Dikisahkan bahwa Kerajaan Prabu Boko kalah berperang, sehingga kerajaannya harus rela diberikan kepada Bandung Bondowoso. 

Prabu Boko memiliki seorang anak perempuan, yakni Roro Jongrang. Bandung Bondowoso ternyata terpikat oleh Roro Jongrang, sehingga berkeinginan untuk menyuntingnya. Tetapi karena perbuatan kejinya, Roro Jongrang menolak dan meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam semalam.

Meski sedang sakit, Bandung Bondowoso tetap mengerjakan apa yang diminta oleh Roro Jongrang dengan meminta bantuan para jin. Roro Jongrang yang mengetahui hal tersebut langsung menembuk lesung supaya ayam segera berkokok.

Candi pun tak genap berjumlah 1.000, Bandung Bondowoso yang mengetahui kelicikan itu akhirnya mengutuk Roro Jongrang menjadi candi ke 1.000.

5. Tips mengunjungi Candi Prambanan

Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/gempitaad

Waktu yang paling tepat mengunjungi Candi Prambanan yakni sore hari. Pantulan sinar matahari sore berwarna jingga yang menyentuh badan candi akan terlihat sangat cantik. Saat itulah, kamu harus mengabadikan momen menggunakan kamera yang kamu bawa.

Jika berkunjung pada siang hari, bawalah payung atau topi supaya tak terlalu kepanasan. Bawa pula air mineral yang cukup ya. 

Nah, itulah info seputar wisata di Candi Prambanan yang bisa kamu jadikan panduan saat liburan ke sana. Jadi, kapan nih mau ke sana?

Baca Juga: Tiket Masuk di Colosseum Roma Naik, Ini Info Wisata Lengkapnya!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You