Comscore Tracker

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Keindahan alamnya bak kepingan surga

Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di Jawa Tengah dan masuk sebagai salah satu pegunungan aktif di Pulau Jawa. Daerah ini memiliki alam yang masih asri dengan suasana sejuk yang tidak akan pernah didapatkan di kota-kota besar.

Tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng pun beragam. Gak heran kalau jumlah wisatawan selalu meningkat setiap tahunnya.

Sebagai salah satu kawasan yang diandalkan sebagai tempat wisata terbaik, kamu harus menyempatkan liburan ke sini. Namun sebelum ke sana, yuk simak dulu info wisata Dieng berikut ini!

1. Rute perjalanan

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/davandi.co

Terdapat beberapa pilihan akses rute perjalanan hingga sampai ke Dataran Tinggi Dieng, yakni melalui Yogyakarta, Semarang, dan Purwokerto.

Berikut pilihan rutenya:

  • Dari Yogyakarta: kalau kamu berasal dari luar pulau atau kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, rute ini merupakan akses termudah dan terdekat. Menuju Dieng dari Yogyakarta melalui Magelang, Secang, Temanggung, Parakan, dan Wonosobo.
  • Dari Semarang: melalui Ungaran, Ambarawa, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo, dan Dieng.
  • Dari Purwokerto: jalur yang dilalui adalah Purbalingga, Klampok, Banjarnegara, Wonosobo, dan Dieng.

Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, berikut rute yang bisa kamu ambil:

  • Dari Yogyakarta: naik bus jurusan Yogyakarta ke Semarang, lalu berhenti di terminal bus Magelang, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemudian, ganti bus dengan jurusan Magelang ke Wonosobo. Kamu akan berhenti di Terminal Wonosobo yang memakan waktu kurang lebih dua jam. Selanjutnya, carilah angkutan atau bus umum dengan jurusan Dieng-Batur. 
  • Dari Semarang: transportasi yang bisa dipilih adalah bus dengan jurusan Semarang-Wonosobo-Purwokerto. Sesampainya di Terminal Wonosobo carilah angkutan atau bus umum dengan jurusan Dieng-Batur.
  • Dari Purwokerto: naiklah bus dengan jurusan Purwokerto ke Wonosobo. Ketika sampai di Terminal Wonosobo, naiklah angkutan atau bus umum jurusan Dieng-Batur.

Harga angkutan umum dari Wonosobo menuju Dieng Rp3.000. Sedangkan, bus umum dikenakan harga Rp10 ribu.

2. Lokasi dan jam operasional

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/shanny_shasha

Lokasi: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

3. Tempat wisata seru di Dataran Tinggi Dieng

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/_rfygnwn

Selama di Dataran Tinggi Dieng, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru. Bahkan, terdapat banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi.

Daratan yang berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini merupakan surga bagi para pecinta alam. Kamu bisa menikmati indahnya sinar matahari ketika terbit di Bukit Sikunir dengan harga Rp10 ribu untuk WNI dan WNA.

Untuk bisa mencapai bukit ini, kamu harus berjuang menaiki tangga bukit yang cukup tinggi. Tenang, semua rasa lelahmu akan terbayar ketika kamu sudah sampai di puncak, karena pemandangan alam yang menawan akan membuatmu betah berlama-lama di Bukit Sikunir.

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/tiararraa_

Tak hanya itu, Kawah Sikidang juga wajib untuk dijelajahi. Lokasinya tak jauh dari Bukit Sikunir. Jangan lupa bawa masker ya, karena aroma belerangnya cukup menyengat.

Harga tiket masuknya Rp7.500 untuk WNI dan Rp15 ribu untuk WNA. Buka setiap hari, jam operasionalnya  mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/risviyaldi

Ketika liburan ke Dataran Tinggi Dieng, pastikan Gunung Prau masuk ke dalam list ya. Gunung mirip perahu ini berada pada ketinggian 2.565 mdpl, sehingga suhunya dingin banget. Tiket masuknya cuma Rp15 ribu.

Berada di puncak gunung, pemandangan awan bak kapas akan memanjakanmu. Tak hanya itu, desa-desa di sekitar gunung tampak begitu cantik. Jangan sampai melewatkan pemandangan sunset dan sunrise-nya ya.

Masih banyak tempat wisata cantik di Dataran Tinggi Dieng yang bisa kamu jelajahi. Sebut saja seperti Candi Arjuna, Telaga Warna, Candi Gatotkaca, Telaga Merdada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Tips mengunjungi Dataran Tinggi Dieng

Info Wisata Dataran Tinggi Dieng: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/phensopian

Ketika liburan di Dataran Tinggi Dieng, bawalah pakaian hangat, karena suhu udara di sana sangat dingin. Di antaranya seperti jaket, sarung tangan, topi rajut, hingga penutup telinga. Supaya kulitmu tetap terjaga kelembapannya, bawalah krim pelembab.

Ada pun waktu terbaik untuk mengunjungi Dataran Tinggi Dieng adalah ketika musim kemarau, yakni sepanjang bulan Juli hingga September. Momen seperti terbitnya matahari dari Bukit Sikunir dijamin akan menghipnotismu. 

Nah, itulah info seputar wisata di Dataran Tinggi Dieng yang bisa jadi panduanmu selama liburan di sana. Jadi kapan, nih?

Baca Juga: Info Wisata Monkey Forest Ubud: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You