Comscore Tracker

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!

Pencinta wisata pulau pasti bahagia banget di sini

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya memiliki pulau-pulau indah yang menawan. Tidak hanya Bali dan Raja Ampat saja, masih banyak pulau lainnya yang tak kalah memesona. Sebut saja Pulau Tomia yang berada di Sulawesi Tenggara.

Pulau ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi, sehingga pesonanya tak perlu diragukan lagi. Berikut beberapa informasi wisata Pulau Tomia yang bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan estimasi bujet

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/izulhaqramadhan

Lokasi: Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Estimasi bujet: Rp3-5 juta

2. Rute perjalanan

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/marsheldaeng

Terdapat dua pilihan transportasi untuk bisa sampai ke Pulau Tomia, di antaranya sebagai berikut:

  • Pesawat: kamu bisa memilih penerbangan langsung dari Bandara Haluoleo, Kendari, menuju Pulau Tomia, yakni Bandara Maranggo. Perjalanannya memakan waktu selama dua jam.
  • Mobil: bagi perjalanan darat, kamu bisa menuju Pulau Tomia melalui rute Kendari, Raha, Baubau, dan Pulau Wangi-wangi. Sesampainya di Torobulu, kamu bakal menyeberang ke Pulau Kaledupa. Setelah itu, baru menyeberang lagi ke Pulau Tomai dengan kapal.

Baca Juga: Informasi Wisata Liburan ke Gunung Butak: Lokasi, Harga, dan Tipsnya

3. Ada apa aja sih di Pulau Tomia?

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/tandionowakatobidivecentre

Pulau Tomia memang tak terlalu luas, tapi kamu gak bakal merasa bosan. Salah satu aktivitas paling asyik yang harus dilakukan yakni snorkeling dan diving.

Setidaknya terdapat 28 spot diving yang populer di sini, seperti Ali Reef, Roma, Cornucopia, House Reef, dan Teluk Maya. Kalau kamu diving di Cornucopia, kamu bakal menemukan keindahan terumbu karang beserta ikan-ikan yang menggemaskan.

Lain lagi kalau diving di spot Roma yang berada di sisi barat pulau. Kamu bakal menyelam ke bawah laut dengan kedalaman 15-25 meter. Spot ini berisi terumbu karang dengan warna yang beragam, cantik banget!

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/muh.fariz.oi

Selain itu, Pulau Tomia terkenal dengan pantainya yang menawan. Pantai Hu'untete jadi salah satu yang terbaik. Pasir putih pantai ini berpadu harmonis dengan pepohonan kelapa yang rindang.

Terdapat pula lapangan luas yang ditumbuhi rumput lidah mertua. Biasanya, lapangan ini digunakan untuk acara membakar ikan bersama wisatawan lainnya.

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/nanduto

Pantai Onemobaa yang terletak di Desa Lamanggau ini jadi destinasi andalan Pulau Tomia. Pasirnya yang lembut dihiasi aneka pepohonan rindang, seperti kelapa, cemara, dan bakau, sehingga suasana makin sejuk.

Lanskap bawah lautnya benar-benar menakjubkan. Terdapat terumbu karang yang kaya warna dan beragam biota laut yang menggemaskan. Jadi, sayang kalau gak menyelam, nih!

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/maulidmuhammad_

Kalau kamu bosan dengan pantai dan wisata air lainnya, pergilah ke Bukit Kahianga. Hamparan rerumputan hijau dengan semilir angin yang sejuk membuat kita seketika santai dan rileks. Penat pun langsung hilang.

Dari atas bukit, kamu bisa menyaksikan desa-desa Pulau Tomia dengan jelas. Kalau suka fotografi, di sini adalah tempat terbaik. Tunggu sampai hari menjelang sore, karena suasananya bakal jadi lebih indah dan magis.

4. Tips saat berlibur ke Pulau Tomia

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips ke Pulau Tomia, Awas Gak Mau Pulang!instagram.com/adhigaloech__lalu

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama liburan di Pulau Tomia.

  1. Waktu paling tepat untuk datang ke sini antara April-Juni dan Oktober-Desember. Kamu bakal mendapatkan pemandangan laut dan bawah laut dengan maksimal, karena belum musim hujan.
  2. Pesanlah penginapan dan akomodasi dari jauh-jauh hari, biar harganya tidak terlalu mahal.
  3. Bawalah sunscreen supaya kulit tak terbakar. Mengingat aktivitasmu bakal sering di luar dan dekat pantai.
  4. Pastikan keadaan tubuhmu sehat bugar. Menuju pulau ini bukan hal yang mudah, apalagi kalau menggunakan jalur darat.

Nah, itulah beberapa informasi wisata mengenai Pulau Tomia di Kepulauan Wakatobi yang bisa jadi panduanmu. Jadi kapan mau ke sini?

Baca Juga: Wisata Pulau Tidung, Wisata Paling Favorit di Kepulauan Seribu!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya