Comscore Tracker

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Sini

Perpaduan keindahan bahari dan sunset yang memesona

Seperti yang kita ketahui, sebanyak 70 persen permukaan bumi terdiri dari air. Oleh karena itu, banyak kota atau negara di dunia yang dikelilingi air.

Hal tersebut menjadikan kota yang terletak di pesisir memiliki keistimewaannya tersendiri. Terdapat beberapa kota pesisir yang mampu membuatmu tercengang.

Kota pesisir menawarkan pesona, sejarah, pantai yang indah, serta kuliner khas yang nikmat. Di antaranya seperti di bawah ini:

1. Venesia, Italia

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Marco Secchi

Venesia dibangun di atas pulau-pulau di Laut Adriatik. Gak heran kalau akhirnya dikenal sebagai Kota Terapung.

Pesona kota pesisirnya begitu indah, sarat sejarah, seni, arsitektur, dan budaya. Tidak ada jalanan, hampir semua akses dilakukan menggunakan kanal-kanal kecil.

Jika ingin merasakan menjadi warga setempat, cobalah menaiki gondola atau taksi air ketika beraktivitas. Waktu yang paling tepat mengunjungi Venesia yakni September hingga November.

Suasana romantis dan tenang bisa kamu dapatkan di sini. Jangan lupa membawa pakaian tebal ya, karena bulan-bulan tersebut udaranya sudah cukup dingin.

2. Perth, Australia

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Josh Spires

Kota Perth kerap hidup di bawah bayang-bayang kota besar lainnya, Sydney dan Melbourne. Perth selalu menjadi pilihan utama wisatawan ketika berlibur ke Australia Barat.

Menjadi salah satu kota pesisir terbaik, Perth menawarkan akses yang sangat baik untuk menuju Lautan Hindia. Banyak festival musik yang bisa kamu datangi. Pantai-pantainya pun indah, salah satunya Pantai Cottesloe dan Scarborough.

3. Edinburgh, Skotlandia

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Sinisprudge.com

Edinburgh merupakan salah satu kota terbesar di Skotlandia dengan tata kota yang menawan. Ditambah dengan pemandangan tak biasa dari pantai sekitar kota. Banyak pula kesenian dan budaya warganya yang unik.

Di Edinburgh, kamu bisa mengunjungi kastil-kastil dengan arsitektur yang menakjubkan, Edinburgh Castle salah satunya. Tempat wisata terbaik lainnya antara lain Real Mary King’s Close, tur di Edinburgh Dungeon, dan National Museum of Scotland.

4. Havana, Cuba

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Augustin de Montesquiou

Kota tepi Laut Karibia ini sangat terkenal di dunia, tapi wisatanya kurang dijelajahi wisatawan. Padahal, Havana memiliki pesona kota pesisir yang kaya budaya. Pantai dengan ombak yang santai pas untuk dinikmati saat sore hari.

Kurang lengkap kalau ke Havana tanpa menengok keindahan Kawasan Old Havana. Jika ingin mendapatkan suasana semarak, Pantai Santa Maria del Mar menjadi tempat yang tepat.

5. Oslo, Norwegia

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniricksteves.com

Oslo, ibu kota Norwegia terletak di Kawasan Pantai Selatan dengan berbagai ruang hijau yang bisa digunakan untuk piknik dan museum kapal yang beragam. Salah satu museum kapal paling terkenal di Oslo adalah Viking Ship Museum.

Jika ingin mengetahui seluk beluk Kota Oslo, ada baiknya kamu berkunjung ke Akershus Fortress, sebuah benteng di jantung kota. Gak salah kalau kamu mau sekadar berjalan-jalan sendirian, menikmati seni jalanan, hingga kulineran khas Oslo.

6. Kanagawa, Jepang

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Sinien.japantravel.com

Kota dengan latar belakang Gunung Fuji ini memiliki pesisir dengan ombaknya membuat kita fresh. Selain pesona pesisirnya, Kanagawa memiliki destinasi wisata lain yang bisa menambah pengetahuan seni dan budayamu.

Hanya butuh waktu satu jam dari Tokyo untuk bisa sampai ke sini. Waktu yang paling pas untuk berlibur ke Kanagawa ialah ketika bulan April. Bunga sakura akan menghiasi seluruh sudut kota, cantik banget! 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis di Bandung yang Instagramable, Edaaas Euy!

7. Oia, Santorini, Yunani

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Iso Topon

Sudah bukan rahasia lagi kalau Oia di Pulau Santorini menjadi kota pesisir yang begitu indah. Kota ini menghadap langsung ke laut, gak heran kalau selalu jadi tempat favorit seniman selama bertahun-tahun.

Menghabiskan malam di salah satu restoran di sisi tebing akan menghadirkan sensasi yang berbeda. Kamu akan menyesal jika melewatkan sunset di sini, pantulan cahaya jingga di laut benar-benar menakjubkan. 

8. Istria, Kroasia

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Frans Ruiter

Istria menjadi negara yang paling banyak dibicarakan di Eropa Timur, karena memiliki reputasinya punya kota-kota pesisir yang menawan. Pantai yang dimiliki tidak berpasir, tapi lebih didominasi batuan yang kasar.

Tidak melulu pantai, monumen seperti Gereja St. Euphemia bisa kamu masukkan dalam list liburanmu. Dibangun di dataran tinggi menjadikannya sebagai spot terbaik melihat pemandangan kota.

9. Camden, Maine, Amerika Serikat

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniamericansky.co.uk

Terletak di Teluk Penobscot, aktivitas kapal bersandar di pelabuhan bakal jadi pemandanganmu sehari-hari. Maine memiliki garis pantai yang unik dan terjal, salah satunya Kota Camden yang dulunya merupakan desa manufaktur.

Pemandangan alam terbaik bisa kamu nikmati di Mount Battie, Camden Hills State Park, dan Camden Harbor Park. Selain itu, kamu bisa melakukan tur populer, yakni dengan menggunakan perahu.

10. Istanbul, Turki

10 Kota Pesisir Paling Menawan di Dunia, Pecinta Pantai Wajib ke Siniunsplash.com/Emre Gencer

Kota yang dibangun di Selat Bosphorus dan berada di pantai di lepas Laut Marmara ini memiliki hamparan tanah yang unik. Ketika berada di Istanbul, kamu akan selalu bertemu dengan pantai.

The Blue Mosque dan pasar-pasar lokal dengan kuliner khas Turki menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Pecinta belanja tak perlu khawatir, Grand Bazaar and Spice Bazaar akan jadi tempat yang menyenangkan untuk berbelanja sampai kalap.

Itulah sepuluh kota pesisir yang paling indah di dunia. Mana yang paling menarik perhatianmu untuk dikunjungi duluan? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sragen yang Memesona, Cocok buat Spot Piknik Keluarga

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You