Comscore Tracker

Mirip Indonesia Banget, Wisata di Australia Ini Viral di TikTok!

Lengkap dengan gerobak mi ayam dan tahu kupat, lho

Tak hanya dikagumi warga negara sendiri, destinasi wisata Indonesia juga diminati wisatawan mancanegara. Kalau biasanya kita terpukau dengan objek wisata Indonesia yang mirip dengan luar negeri, kini sebaliknya.

Baru-baru ini viral sebuah video di TikTok yang diunggah akun @rapuncila. Dalam video berdurasi 23 detik itu, terlihat sebuah tempat wisata di Austalia yang suasananya mirip taman wisata di Indonesia.

Penasaran seperti apa tempat wisata tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Suasananya sangat mirip Taman Nasional Way Kambas di Lampung

Mirip Indonesia Banget, Wisata di Australia Ini Viral di TikTok!tiktok.com/rapuncila

Dari video yang diunggah kreator TikTok bernama Cila, ia tampak sedang memasuki area yang mirip di Indonesia. Padahal, tempat tersebut hanyalah sebuah replika dari Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Uniknya lagi, hampir seluruh sudutnya terlihat sangat mirip dengan suasana di Indonesia. Mulai dari toko kelontong, gerobak mi ayam dan tahu kupat, gaya arsitektur rumah, bengkel motor, hingga rak penjual bensin.

Mirip Indonesia Banget, Wisata di Australia Ini Viral di TikTok!tiktok.com/rapuncila

Ada pula rumah-rumah yang dibangun sangat mirip dengan yang ada di Indonesia, lengkap dengan terasnya. Di sekelilingnya pun ditanami pepohonan, sehingga kesan Indonesianya makin terasa banget.

"Australia rasa Indonesia," tulisnya sebagai keterangan dalam video yang diunggahnya. Terdapat pula gapura yang senada dengan hiasan logo Taman Nasional Way Kambas dan palang berwarna hitam putih.

"Ini di Sydney, Austalia, lho. Tempatnya dibikin mirip banget sama Taman Nasional Way Kambas," katanya dalam video tersebut. Replika taman nasional ini ternyata sudah ada sejak 2017.

2. Terletak di Taronga Zoo, Sydney, Australia

Mirip Indonesia Banget, Wisata di Australia Ini Viral di TikTok!tripadvisor.com.au

Replika Taman Nasional Way Kambas yang viral tersebut ternyata merupakan bagian dari Taronga Zoo di Sydney, Australia. Kebun binatang ini terletak di pesisir pelabuhan Sydney dengan luas yang mencapai 287 hektare.

Untuk bisa masuk ke Taronga Zoo dan menikmati suasana bak di Taman Nasional Way Kambas ini, kamu harus membayar sekitar 40 Dollar atau Rp420 ribu. Sudah dibuka sejak Oktober 1916, Taronga Zoo jadi kebun binatang terbesar di Australia dengan 26 ribu jenis satwa di dalamnya.

Baca Juga: 10 Wisata Indonesia yang Keindahannya Mirip New Zealand, Keren Abis!

3. Taronga Zoo sudah bekerja sama dengan Taman Nasional Way Kambas

Mirip Indonesia Banget, Wisata di Australia Ini Viral di TikTok!taronga.org.au

Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana bisa Taronga Zoo membangun replika Taman Nasional Way Kambas sebagai salah satu objeknya. Ternyata, Taronga Zoo bekerja sama dengan Taman Nasional Way Kambas sejak lama, lho.

Dilansir dari website resmi Taronga Zoo, kebun binatang tersebut membantu menyelamatkan populasi harimau sumatra yang hampir punah. Bahkan, Taronga Zoo juga memiliki spesies serupa.

Selain itu, bersama dengan The Sumatran Rhino Sanctuary (SRS), Taman Nasional Way Kambas dan Taronga Zoo memantau keberlangsungan hidup populasi badak bercula satu di Sumatra. Sama dengan harimau sumatra, badak bercula satu kini juga langka.

Itulah ulasan mengenai replika Taman Nasional Way Kambas Indonesia di Taronga Zoo, Sydney, Australia, yang viral di media sosial. Semoga wisata-wisata Indonesia lainnya semakin mendunia, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Amerika Serikat, Sudah ke Sini?

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya