Comscore Tracker

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Mata

Kalau sudah di sini, dijamin jadi malas pulang, deh

Seperti yang kita tahu, Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia. Hampir setiap hari, kota ini selalu dipadati pengunjung. Salah satu daya tariknya adalah beragam pantai yang menakjubkan.

Setidaknya, sebanyak 60 pantai tersebar di kawasan Kabupaten Gunungkidul. Kalau kamu suka banget dengan pemandangan pantai yang gak biasa, cobalah datang ke beberapa pantai paling eksotis di Yogyakarta berikut ini.

1. Pantai Wediombo

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/zakihalim_

Pantai yang memiliki jajaran bebatuan karang memukau ini diapit teluk yang lebar. Salah satu daya tariknya adalah pasir putihnya yang lembut dan ombak tak terlalu besar.

Setahun sekali, pantai ini menjadi lokasi upacara tradisional Ngalangi. Upacara tersebut jadi ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas anugerah yang diberikan. Waktu paling tepat berkunjung ke sini adalah sore hari, saat matahari terbenam.

Lokasi: Dusun Jepitu, Desa Girisubo, Kecamatan Pendowo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

2. Pantai Siung

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/andreass.jpg

Pantai Siung dikenal sebagai lokasi paling tepat untuk melakukan panjat tebing. Sebab, pantai ini dipenuhi oleh banyak bebatuan karang, dari bagian barat hingga timur.

Selain itu, kamu juga bisa bermalam di sini dengan berkemah. Terdapat fasilitas camping ground di tepi pantai. Gak ada penyewaan, sebaiknya kamu bawa alat berkemahmu sendiri, ya.

Lokasi: Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

3. Pantai Baron

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/rhisang_

Dikenal tak pernah sepi pengunjung, Pantai Baron memiliki pemandangan yang tak biasa. Kamu bisa melihat panorama laut berhiaskan banyak perahu nelayan yang sedang berlayar.

Pantai ini diapit dua bukit besar, sehingga menjadi tempat bertemunya dua sumber air, yakni air tawar dan air laut. Warna airnya pun bergradasi, mulai dari biru muda hingga biru tua, indah banget.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

4. Pantai Krakal

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/baioe_

Pantai Krakal jadi salah satu pantai unggulan di kawasan Gunungkidul, karena garis pantainya yang menawan. Terdapat dua batu karang besar berwana hitam yang kontras dengan pasirnya yang putih.

Kamu juga bisa melakukan snorkeling sampai puas di sini. Biayanya gak mahal, cuma Rp50 ribuan. Pemandangan bawah lautnya dijamin bikin males balik ke daratan, deh!

Lokasi: Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

5. Pantai Drini

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/valtifanka

Kalau rindu dengan Tanah Lot di Bali, mampirlah ke Pantai Drini. Sekilas pantai ini tampak mirip, karena terdapat karang besar yang bisa dikunjungi. Hanya saja tak ada pura di atasnya.

Selain menjelajah pantai dan bermain ombak, kamu wajib mencoba berbagai kuliner laut yang ada di pinggiran pantai. Dijamin aroma dan rasanya khas banget, kamu pasti suka.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

6. Pantai Ngobaran

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/hanifhaidar31

Pantai yang berada di Desa Kanigoro ini biasanya digunakan sebagai tempat beribadah. Terdapat beberapa pura dan patung dewa berwarna putih di atas bukit. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Saat air pantai sedang surut, kamu bisa melihat ratusan rumput laut berwarna cokelat dan hijau tersebar di bibir pantai. Pantai ini cocok banget buat kamu yang hobi fotografi, banyak spot menarik yang bisa diabadikan.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

Baca Juga: 10 Pantai Pink Terbaik di Dunia, Ada yang dari Indonesia Lho! 

7. Pantai Pok Tunggal

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/bocahpedalaman⁣

Hampir sama dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut. Ombaknya pun cukup besar, sehingga aktivitas berenang di sini seringkali dilarang.

Namun, ciri khas Pantai Pok Tunggal adalah pemandangan matahari terbenam yang dihiasi dua bukit. Terdapat pula pohon unik bernama pohon duras yang semakin membuat suasana eksotis.

Lokasi: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp3.000

8. Pantai Timang

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/tripkelilingjogja⁣

Banyak orang yang datang berlibur ke Pantai Timang untuk mencoba kereta gantungnya. Sensasinya memang sangat menegangkan, karena kereta tersebut menggantung dari satu batu karang ke yang lain.

Kalau pengin mencobanya, kamu harus membayar Rp100 ribu. Selain itu, pantai ini cenderung masih alami. Bahkan, pantai ini terdiri dari dua bagian, ada yang hamparan pasir putih dan tumbuhan pandan.

Lokasi: Dusun Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

9. Pantai Indrayanti

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/ephework

Pantai Indrayanti mulai dikenal sejak 2012, karena pemandangannya yang memukau. Hamparan pasir putihnya berpadu sempurna dengan ombaknya yang jernih.

Kalau sedang beruntung, kamu bisa saja menemukan sekelompok ubur-ubur di pinggir pantai. Meski menggemaskan, jangan disentuh. Singgahlah hingga sore hari untuk melihat keindahan sunset yang memesona.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

10. Pantai Kukup

10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Matainstagram.com/dhani_prayantoro11

Pantai yang letaknya tak jauh dari Pantai Baron ini cocok buat kamu yang suka berjemur. Ada banyak penyewaan payung dan tikar di sini, harganya pun beragam, mulai dari Rp25 ribu saja.

Kalau pengin menjelajah pantai sampai puas, terdapat jembatan di sebelah kiri pantai yang menghubungkan dua bukit karang. Kamu bisa melihat lanskap lautan Samudra Hindia yang menakjubkan.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10.000

Itulah 10 pantai dengan pemandangan paling ekstois di Yogyakarta yang bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya. Pantai mana dulu yang pengin banget kamu kunjungi? Tulis di kolom komentar, ya!

Untuk kamu yang ingin liburan ke Yogyakarta, kamu bisa menggunakan voucher Agoda untuk dapetin harga penginapan yang sesuai budgetmu.

Baca Juga: 10 Pantai di Yogyakarta yang Menyimpan Cerita Seram, Bikin Merinding!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya