Comscore Tracker

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tips

Liburan asyik yang bikin kita serasa di Benua Afrika

Jawa Timur menjadi salah satu penyumbang destinasi wisata menarik di Indonesia. Sebut saja seperti Taman Nasional Baluran yang tak pernah sepi wisatawan. Keindahannya membuat kita serasa berada di Afrika.

Ada beberapa destinasi seru yang bisa dikunjungi selama di Taman Nasional Baluran. Bahkan, hampir semua lokasinya bisa dijadikan latar foto yang indah. Nah, sebelum ke sana, sebaiknya kamu pahami dulu informasi wisatanya di bawah ini ya!

1. Rute menuju Taman Nasional Baluran

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/elmandakrisna

Rute menuju Taman Nasional Baluran bisa kamu lalui menggunakan beberapa akomodasi, berikut pilihannya:

  • Mobil: jika menggunakan mobil pribadi, kamu bisa melaju ke Jalan Banyuwangi-Batangan, lalu dilanjutkan menuju Bekol. Ada pun alternatif lainnya, yakni langsung menuju ke Jalan Situbondo-Batangan. Setelah memasuki Bekol, kamu akan menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran.
  • Bus: pilihlah bus dengan jurusan Surabaya-Probolinggo. Sesampainya di sana, lanjutkan perjalanan dengan bus jurusan Probolinggo-Ketapang. Maka, kamu akan diantar langsung menuju pintu gerbang padang savana Taman Nasional Baluran.
  • Kereta api: turunlah di Stasiun Banyuwangi Baru, lalu lanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan jurusan Terminal Sri Tanjung-Ketapang, lalu ganti lagi dengan bus jurusan ke Surabaya. Katakan dari awal kepada sopirnya untuk menurunkanmu di depan pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/mutisarie

Lokasi: Area Hutanatau Kebun, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-16.30

Harga: WNI pada hari biasa dikenakan seharga Rp15 ribu, sedangkan WNA seharga Rp150 ribu. Ketika akhir pekan atau hari libur, WNI seharga Rp17ribu dan WNA Rp225 ribu.

Baca Juga: Info Wisata Danau Batur Bali: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

3. Ada apa saja sih di Taman Nasional Baluran?

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/guidekece

Terdapat beberapa destinasi yang bisa kamu jelajahi selama di Taman Nasional Baluran. Ada Hutan Evergreen, hutan abadi ini punya kondisi yang sangat subur. Bahkan, ada pula aliran sungai yang biasanya digunakan cadangan air untuk tumbuhan.

Suasananya yang sejuk dan asri bakal bikin kamu enggan meninggalkan tempat ini. Meski sedang terik, tempat eksotis ini bisa jadi sarana berteduh yang tepat. Panorama sekitar hutan dihiasi dengan Gunung Ijen yang tampak gagah. Wajib banget diabadikan!

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/setyoyudis

Selain itu, kamu bisa menghabiskan waktu di Savana Bekol. Padang rumput ini disebut sebagai "Little Africa", karena suasananya mirip kebanyakan padang rumput di Afrika. Kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan di sini, sungguh eksotis.

Savana Bekol bersifat musiman, dalam artian jika musim hujan, kawasan ini punya pesona hijau yang memukau. Bahkan, kamu bisa menemukan rusa sedang memakan rerumputan saat musim hujan.

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/nizha_pratama

Pantai Bama bisa dijadikan destinasi terakhir sebelum meninggalkan Taman Nasional Baluran. Pantai ini masih alami dan damai. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah banyak kawanan kera berekor panjang.

Suasana pantai akan sangat indah ketika menjelang sore hari. Meski tak bisa melihat matahari terbenam di sini, kamu bakal dibuat puas dengan panorama Pantai Bama.

4. Tips mengunjungi Taman Baluran

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tipsinstagram.com/jeanettecoryana

Tipsnya:

  • Bawalah topi dan payung. Kalau matahari sedang terik, bisa jadi mengganggu kenyamanan berliburmu, sehingga lindungi kepalamu dengan topi biar tak pusing. Sedangkan, payung untuk berjaga-jaga kalau hujan turun.
  • Di Savana Bekol rawan terhadap adanya ular. Jika kamu melihatnya, jangan menunjukkan raut ketakutan. Biarkan ia lewat dulu dan jangan malah diganggu, ya!
  • Sebaiknya tidak membawa makanan ke Pantai Bama. Hal ini bisa mengundang perhatian kera-kera di sana, bisa-bisa mereka akan merampas makananmu. Kera di sana cenderung galak, sih.

Itulah beberapa informasi wisata untuk liburan ke Taman Nasional Baluran. Jangan lupa siapkan jepretan terbaikmu untuk mengabadikan momen-momen terindah. Selamat berlibur!

Baca Juga: Info Wisata Danau Bedugul Bali: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya