Comscore Tracker

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta 

Menyusuri gua dalam kegelapan seru banget, lho!

Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi paling favorit di Pulau Jawa. Destinasinya beragam, mulai dari wisata sejarah, pantai, hingga yang sedikit memacu adrenalin. Salah satu yang tak pernah sepi adalah Goa Pindul.

Untuk bisa menikmati keindahan gua, kamu harus menyusuri sungai di dalamnya. Terdapat pula beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Simak informasi selengkapnya, dari rute, lokasi, dan tips untuk panduan liburanmu ke Goa Pindul!

1. Rute menuju Goa Pindul

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/cheddymotret

Salah satu jalur atau rute yang sering dilalui ketika akan menuju ke Goa Pindul adalah pusat Kota Yogyakarta.

Ambillah jalur menuju Kebun Binatang Gembira Loka, lalu beloklah ke Jalan Gedongkuning hingga ke Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Bukit Bintang. Kalau sudah ketemu, artinya kamu berada di jalur yang benar.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan melalui Jalan Jogja-Wonosari. Sesampainya kamu di Kantor Pos Sambipitu, sambil jalur kiri hingga bertemu perempatan Pasar Gading.

Beloklah ke Jalan Alternatif Karangmojo sampai bertemu Pasar Karangtengah, tetaplah lurus. Kamu akan menemukan parkiran Goa Pindul di sebelah kiri.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/zeerusli

Lokasi: Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 

Harga:

  • Tiket masuk ke kawasan Goa Pindul: Rp10 ribu
  • Tiket masuk ke objek wisata Goa Pindul: Rp35 ribu

Baca Juga: Informasi Wisata Taman Nasional Baluran: Rute, Harga Tiket, dan Tips

3. Cave tubing jadi daya tarik utamanya

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/fitri_vony

Memang tak banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Goa Pindul ini. Tetapi, antrean wisatawan yang ingin merasakan cave tubing bakal sangat mengular. Itulah penyebab ramainya destinasi satu ini.

Gua ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar hingga 5 meter. Kedalamannya cukup bervariasi, mulai dari 5 hingga 12 meter. Perjalanan menelusuri gua sendiri bakal memakan waktu sekitar 45 menit dan diawali dengan berjalan kaki dari camp menuju aliran sungai.

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/jogjaistimewatour

Saat mengarungi sungai di dalam gua, bakal ada tiga zona. Di antaranya zona terang, remang, dan gelap abadi. Pada zona pertama, cahaya matahari masih terlihat, sehingga kamu bisa menyaksikan keindahan dinding gua dengan pantulan sinar.

Ketika memasuki zona kedua, cahaya mulai pudar, sehingga pemandangan pun terlihat samar. Tak usah khawatir, karena pemandu perahu pasti membawa lampu, kok. Terdapat banyak sarang burung walet di zona ini. Jumlah stalaktit pun lebih banyak dari zona sebelumnya.

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/miyanti_e

Pada zona gelap abadi, kamu tidak bakal bisa melihat apa pun. Bahkan, pemandu kapal mematikan lampunya dan memintamu untuk tidak menyalakan lampu. Pemandu bakal meminta pengunjung untuk mengheningkan cipta atas pemberian Tuhan, terutama nikmat berupa penglihatan.

Biar lebih seru dan mendapat pengalaman berkesan di Goa Pindul, kamu harus mengeluarkan dana sebesar Rp50 ribu. Harga tersebut sudah termasuk transportasi, pelampung, ban pinggang, training penyusuran goa, pemandu, dan asuransi.

4. Tips yang bisa diterapkan

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Liburan ke Goa Pindul Yogyakarta instagram.com/padelapantiga

Tips-tipsnya:

  1. Jangan membeli tiket dari agen tak resmi atau calo. Dijamin harganya bakal jauh lebih mahal. Maunya hemat, malah rugi, lho.
  2. Budayakan antre. Saat musim libur, kamu bakal melihat antrean mengular, jangan menyerobot supaya tidak terjadi kericuhan.
  3. Pastikan keadaan tubuhmu sehat. Menyusuri gua terlihat mudah, tapi tetap butuh stamina yang fit, lho.
  4. Bawalah baju ganti. Sudah dipastikan bajumu akan basah ketika susur goa.
  5. Jangan membawa HP atau kamera saat menyusuri gua. Kalau membawa, pastikan kamu telah membungkusnya alat khususnya.

Itulah informasi lengkap liburan ke Goa Pindul di Yogyakarta yang bisa jadi panduan berwisatamu. Yuk, kapan mau berangkat ke sana?

Baca Juga: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetan

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya