Comscore Tracker

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkan

Ada yang cocok buat pemula, ada yang khusus untuk sang ahli

Gak cuma bisa menikmati senja saat ke pantai, kita juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang memukau. Terdapat berbagai jenis terumbu karang dan biota laut yang unik.

Biasanya, semakin dalam kita menyelam, semakin unik hal-hal yang kita temui. Nah, kita bisa menjelajahinya dengan cara diving.

Dilansir dari divein.com, berikut sepuluh lokasi menyelam terbaik di dunia dengan berbagai keindahan yang menakjubkan.

1. Cape Kri, Raja Ampat, Indonesia

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkaninstagram.com/steve_woods_photography

Pemandangan bawah laut Raja Ampat di Indonesia gak perlu diragukan lagi. Salah satu lokasi terbaiknya berada di Cape Kri. Terumbu karangnya yang memukau menjadi rumah berbagai biota laut.

Kamu juga bisa melihat taman koral berjajar dengan indah di sini. Terdapat sekitar 374 spesies ikan yang bisa kamu ajak berkenalan, seperti hiu, tuna dogtooth, dan barakuda chevron. Dengan begitu, gak heran kalau lokasi ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

2. Barracuda Point, Pulau Sipadan, Malaysia

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkanwanderluxe.theluxenomad.com

Barracuda Point berada di Pulau Sipadan, Malaysia. Kamu bisa bisa melihat kawanan ikan yang sedang bermigrasi. Bahkan, tanpa disadari, kamu bisa saja sedang berada di tengah-tengah mereka.

Tempat ini punya kedalaman hingga 40 meter, tetapi jarak pandang hanya bisa sampai kedalaman 30 meter saja. Kamu bisa bertemu penyu laut, hiu karang abu-abu, dan barakuda. 

3. Blue Corner, Palau, Mirconesia

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkaninstagram.com/sue.hosuni

Kalau masih belum begitu mahir menyelam, jangan sesekali mencobanya di sini. Blue Corner yang berada di Palau ini diperuntukkan bagi para penyelam handal.

Terdapat tujuh dari sembilan spesies kerang raksasa di dunia. Selain itu, kamu bisa bermain dengan beragam ikan cantik, karena lokasi ini dipenuhi sekitar 1.400 spesies ikan karang. Kalau beruntung, kamu bisa melihat ikan hiu berenang di dekatmu.

4. Thistlegorm, Laut Merah, Mesir

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkandivemagazine.co.uk

Kalau pengin merasakan sensasi menyelam di malam hari, datanglah ke Thistlegorm di Laut Merah, Mesir. Kamu bisa melihat keindahan dasar laut dengan pemandangan bangkai kapal yang dipenuhi kereta dan truk.

Itu semua bisa kamu jelajahi di kedalaman 29 meter. Banyak biota laut yang menawan, tetapi kamu juga harus berhati-hati. Pasalnya, tempat ini menjadi habitat belut moray raksasa. 

5. Shark and Yolanda Reef, Laut Merah, Mesir

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkanscubatravel.com

Menyelam di tempat ini sangat menguntungkan, karena terdapat tiga karang besar dalam satu lokasi. Selain itu, lokasi ini sangat terkenal digunakan untuk drift diving yang memungkinkan kamu diangkut oleh gerakan air akibat arus laut.

Hampir sama dengan Thistlegorm, kamu bisa melihat beberapa bangkai kapal di dasar lautnya. Dijamin gak akan bosan, lantaran terdapat koral dan terumbu karang indah yang menyegarkan mata.

6. The Yongala, Queensland, Australia

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkanwanderlust.co.uk

Nama Yongala diambil dari kapal yang karam di dasar laut. Kapal tersebut masih dalam keadaan utuh hingga saat ini. Gak heran kalau lokasi ini dianggap sebagai tempat menyelam bangkai kapal terbaik di dunia.

Kapal Yongala tenggelam karena angin topan pada 1911. Kalau diving di sini, kamu akan melihat kehidupan laut yang amat memukau.

Baca Juga: 10 Pantai Cantik di Indonesia yang Punya Spot Ayunan Instagramable

7. Great Blue Hole, Belize

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkanbelizedivingservices.com

Menyelam di Great Blue Hole bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Air di sini sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat keadaan laut dengan jelas. Banyak terumbu karang yang menawan.

Selain itu, lubang sedalam 143 meter ini punya beragam biota laut yang cantik, seperti ikan gobi neon, anglefish, dan butterflyfish. Kamu juga bisa melihat sekumpulan hiu mako berenang di sini, tapi sebaiknya jangan terlalu dekat ya.

8. Big Brother, Laut Merah, Mesir

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkantwitter.com/Dive_Red_Sea

Ketika menyelam di Big Brother, kamu harus terbiasa dengan kehadiran berbagai jenis hiu. Pasalnya, tempat ini menjadi habitat ikan hiu terbesar di dunia. Gak perlu khawatir, selama tidak mengganggunya, kamu akan aman.

Arus air lautnya tidak menentu, bahkan bisa jadi sangat liar. Meski begitu, tempat ini menyimpan keindahan laut yang menakjubkan, seperti terumbu karang dipenuhi ikan laut. 

9. Manta Ray Night Dive, Kailua Kona, Hawaii

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkantripadvisor.com

Satu lagi tempat menyelam yang bisa kamu lakukan saat malam hari. Di dasar laut, terdapat banyak lampu yang dipasang dengan tujuan menjadi rumah plankton. Dengan begitu, ikan pari manta rays akan datang dan memakan mereka.

Ikan pari di sini menjadi daya tarik utamanya, terlebih saat malam hari yang tampak semakin indah. Mereka bisa berenang sangat dekat dengan manusia, sehingga kamu harus selalu berhati-hati.

Selain itu, arus di bawah laut terkadang bisa sangat liar. Pastikan kamu mahir menyelam dan peralatanmu mumpuni ya!

10. Liberty Wreck, Bali, Indonesia

10 Spot Diving Terbaik di Dunia, Indonesia Tak Kalah Menakjubkantwofishdivers.com

Indonesia gak cuma punya  Raja Ampat saja, keindahan laut Bali pun tak kalah menawan. Berlokasi di Liberty Wreck, kamu bisa menyelam hingga kedalaman 30 meter. Spesialnya lagi, kamu masih bisa melihat dengan jelas dengan hingga kedalaman 30 meter, karena airnya sangat jernih.

Jangan heran kalau banyak penyelam membawa kamera, karena terdapat bangkai kapal yang indah untuk diabadikan. Cocok juga untuk jadi destinasi para penyelam pemula.

Nah, itulah beberapa lokasi menyelam terbaik di dunia yang bisa jadi referensimu. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya?

Baca Juga: 10 Pulau Paling Indah di Dunia, Indonesia Masuk dalam Daftar Lho!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You