Comscore Tracker

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjub

Bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya, nih

Meski tak sebesar Pekanbaru, Kabupaten Kampar juga memiliki beragam destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Mungkin belum banyak yang tahu, Kampar merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang dikenal sebagai Serambi Mekkah.

Dipenuhi tempat wisata unik dan menarik, pastikan kamu memasukkan Kampar ke dalam travel list-mu tahun ini. Berikut beberapa rekomendasi wisata di Kampar 2021 untuk referensi liburan serumu!

1. Puncak Kompe

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/lillahsingle

Sesuai namanya, destinasi ini menawarkan keindahan panorama danau dari ketinggian. Hembusan anginnya sejuk banget, bikin kamu betah berlama-lama di sini. Kamu bisa melihat deretan pulau kecil di sini.

Spesialnya lagi, kuliner di sini cukup lengkap, mulai dari tradisional hingga kekinian. Ada ikan baung asam pedas dan sop tumpang yang selalu diburu wisatawan.

Lokasi: Jalan Lintas Sumbar, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp15 ribu

2. Ulu Kasok

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/akhfaali

Ulu Kasok letaknya berdekatan dengan Puncak Kompe. Masih terbilang baru, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan bak di Raja Ampat, lho. Bahkan, wisatawan menyebutnya sebagai Raja Ampat ala Kampar.

Untuk bisa sampai puncak dan melihat lanskap danau yang menawan, kamu perlu tenaga ekstra. Kamu harus mendaki bukit dengan jarak tempuh 500 meter. Tenang, sesampainya di puncak, lelahmu akan terbayarkan lunas!

Lokasi: Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

3. Green Canyon Gulamo

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/aryapurnama

Bak Grand Canyon di Amerika Serikat, Sungai Gulamo terkenal dengan tebing-tebing terjalnya. Udaranya sejuk, karena juga ditumbuhi cukup banyak pepohonan di sekitar tebing.

Di sini kamu bisa berenang, berendam, dan rafting. Meski aliran airnya cukup deras, bebatuannya tak begitu tajam, sehingga cukup aman saat menyusuri sungai.

Lokasi: Jalan Bangkinang-Payakumbuh, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

4. Teluk Jering

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/sutawijaya

Teluk Jering merupakan desa kecil yang berada di pinggiran sungai. Pemandangannya sangat eksotis, seolah di pesisir pantai dengan rumput hijau yang menyejukkan mata.

Tempat wisata ini selalu dipilih untuk liburan bersama keluarga. Wajib banget cobain banana boat-nya!

Lokasi: Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp15 ribu

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Indah di Batam, Lokasi Syuting Filmnya Dev Patel

5. Candi Muara Takus

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/susanto.xu

Kalau kamu lebih suka yang berbau situs bersejarah, Candi Muara Takus bisa jadi pilihan. Dikelilingi tembok kokoh sepanjang 74 kilometer membuat candi ini terlihat lebih megah.

Terdapat beberapa candi di kompleks ini, seperti Palangkan, Bungsu, Mahligai Stupa, dan beberapa candi lainnya. Meski terkesan gersang, candi ini dikelilingi alam yang asri, sehingga menambah kesan sejuk dan adem.

Lokasi: Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

6. Rimbang Baling

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/nandahopii

Rimbang Baling merupakan sebuah suaka margasatwa yang terdiri dari dua bukit, yakni Bukit Rimbang dan Bukit Baling. Di dalamnya menjadi tempat tingga flora dan fauna khas Sumatra, seperti harimau sumatra dan bunga rafflesia.

Di sini kamu bisa menikmati Air Terjun Batu Dinding, memancing, berkemah, dan lain sebagainya. Ada juga tempat menginap unik di tengah hutan, lho.

Lokasi: Kota Lama, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp15 ribu

7. Air Terjun Panisan

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/nuurafnip

Hawa sejuk nan asri bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Air Terjun Panisan. Jaraknya 123 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter dengan curah air yang cukup tinggi, lho. Sempatkan berenang atau berendam, ya!

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari, 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

8. Hutan Pinus Kampar

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kampar 2021, Pesonanya Bikin Takjubinstagram.com/nafis2603

Bagi pencinta suasana tenang dan damai, Hutan Pinus Kampar bisa jadi pilihanmu. Tempat wisata ini disulap menjadi indah oleh kelompok pencinta alam. Awalnya penuh sampah, kini menjadi tempat wisata yang terawat.

Kamu bisa berkemah di lahan yang sudah disediakan. Ada pula fasilitas hammock, ayunan, kursi panjang, dan beberapa pedagang makanan. Cocok banget buat wisata akhir pekan bareng keluarga atau sahabat.

Lokasi: Desa Langgini, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB

Harga: gratis

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata di Kampar yang bisa kamu jadikan travel list tahun ini. Suasananya masih asri dan memiliki keunikan tersendiri yang mengesankan. Destinasi mana yang pengin kamu kunjungi duluan?

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Populer di Dunia 2021, Indonesia Juaranya!

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya