Comscore Tracker

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tips

Terkenal sebagai pusat konservasi penyu, nih

Malang Selatan, Jawa Timur, menyimpan pemandangan pesisir yang menakjubkan. Ada banyak pantai yang letaknya berjajar di sini, salah satunya Pantai Bajulmati.

Pantai ini terkenal dengan Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC). Gak heran kalau disebut sebagai ibu kota penyu di Kabupaten Malang.

Bukan tanpa alasan, terdapat 57 indukan penyu di pantai yang terletak di Desa Gajahrejo ini. Kalau beruntung dan sedang musim menetas, kamu bisa ikut melepas bayi penyu ke lautan, lho.

Nah, kalau kamu belum pernah berlibur ke Pantai Bajulmati, berikut beberapa informasi lengkap wisatanya yang bisa jadi bekalmu. Simak dan catat, ya!

1. Rute menuju Pantai Bajulmati

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/raditya.maulana

Rute terbaik untuk sampai ke Pantai Bajulmati adalah dari pusat Kota Malang. Jaraknya sekitar 57 kilometer, sehingga waktu tempuhnya diperkirakan 2-3 jam perjalanan.

Ambillah jalur menuju kawasan Turen, lalu lanjutkan ke arah Sumbermanjing Wetan. Kemudian, pilihlah jalan menuju ke kawasan Sendangbiru. Ikuti saja jalan yang ada sampai bertemu jembatan berbentuk setengah lingkaran.

Jembatan itu bisa jadi patokan. Jika sudah menemukan jembatan tersebut, maka kamu sudah sampai. Pantai Bajulmati berada di kiri jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/_ahmedzwildan

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WIB

Harga tiket: Rp10 ribu

Baca Juga: Wisata Negeri di Atas Awan Banten: Info Rute, Harga, dan Tipsnya

3. Aktivitas seru berlibur di Pantai Bajulmati

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/pituduh_id

Sebagai tempat konservasi penyu terbesar di Malang Selatan, kamu bisa melihat pelepasan bayi penyu ke laut jika beruntung. Setiap musimnya terdapat hampir 100 buah telur penyu yang dihasilkan.

Proses pelepasan biasanya dilakukan bersama Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC). Waktu paling tepat melepasnya adalah saat matahari akan terbenam. Nah, kamu bisa melakukannya sambil menikmati suasana sunset yang menawan di sini, seru dan mengesankan.

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/bagas.ignasius

Aktivitas seru lainnya adalah kamu bisa menjelajah pantai dan bebatuan karang. Pasalnya, pantai ini terkenal dengan karangnya yang menyerupai buaya mati. Pemandangan ombak saat memesah bebatuan karang bakal indah banget, lho.

Kalau pengin yang lebih santai, kamu bisa duduk di pinggiran pantai sambil menikmati keindahan laut. Sayangnya, di sini tak diperbolehkan berenang, tapi kamu tetap boleh bermain ombak sesuai jarak yang dibatasi.

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/khoirudinesia

Pengin menikmati suasana pantai saat malam atau melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari? Kamu bisa berkemah di sini.

Meski tak ada camping ground, kamu diperbolehkan untuk mendirikan tenda di pinggir pantai. Jangan lupa untuk membawa peralatan kemahmu sendiri, karena belum ada persewaan di sini.

4. Tips saat berkunjung ke Pantai Bajulmati

Wisata Pantai Bajulmati Malang: Info Rute, Lokasi, Aktivitas, dan Tipsinstagram.com/feqadimara_

Tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Gunakan kendaraan pribadi, karena jarak dari Kota Malang menuju Pantai Bajulmati cukup jauh. Gak ada kendaraan umum yang mengantar sampai ke sini.
  2. Hindari singgah hingga malam hari. Meski jalanan sudah bagus, tapi pencahayaannya masih kurang.
  3. Bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga kalau basah karena air pantai atau keringat.
  4. Gunakan sunscreen, kaca mata hitam, atau topi agar tak terkena cahaya matahari berlebih dan membuat kulitmu rusak.

Itulah informasi seputar berwisata ke Pantai Bajulmati, mulai dari rute, lokasi, aktivitas seru, hingga tipsnya. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu jaga kebersihan lingkungan ya!

Baca Juga: Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Traveling ke Gunung Bromo 

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya