Comscore Tracker

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? 

Mulai dari rambut, toilet, hingga alat kelamin

Berbicara soal museum, yang pertama kali terlintas di pikiran adalah barang-barang kuno dan antik. Terdapat ribuan museum yang bisa kamu kunjungi di dunia ini. Bahkan, gak cuma ada barang kuno saja, tetapi ada yang memajang seni rupa, koleksi berharga, dan lainnya.

Museum Louvre, Tate Modern, dan British Museum jadi salah satu museum dengan koleksi paling tersohor. Uniknya, terdapat pula beberapa museum di dunia yang mengoleksi barang-barang unik. Tak terpikiran sebelumnya, berikut beberapa museum tersebut.

1. Haewoojae  

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? slydor.com

Museum jadi tempat terbaik untuk belajar sejarah, tapi bagaimana kalau yang ditawarkan mengenai sejarah toilet? Museum tersebut adalah Haeujae yang berada di Suwon, Korea Selatan. Museum ini dibangun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan.

Uniknya lagi, bangunan museum ini dibangun menyerupai toilet duduk, lho. Dibangun pada 2009, museum ini menampilkan sejarah dari wastafel, toilet jongkok, urinal umum, dan macam-macam bentuk toilet di seluruh dunia. Gimana, pengin tahu sejarahnya gak, nih?

2. Icelandic Phallological Museum  

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? freecandie.com

Islandia memiliki banyak museum yang edukatif, salah satu yang paling terkenal di dunia adalah Icelandic Phallological Museum. Museum ini didedikasikan untuk memajang penis semua jenis mamalia di dunia.

Memang terdengar aneh, tetapi hal tersebut membuat museum ini begitu ramai pengunjung. Di sini berisikan lebih dari 200 spesimen penis, mulai dari paus, beruang kutub, anjing laut dan lainnya. Pengunjung pun diberikan kesempatan untuk menyumbang spesimennya setelah mereka meninggal, lho.

Baca Juga: Ini 7 Museum Tertua yang Ada di Indonesia, Sudah Pernah Ke Sana?

3. Dog Collar Museum  

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? recorder.com

Dari namanya saja kamu pasti tahu museum ini memajang kalung anjing. Berada di Leeds Castle, Kent, Inggris, museum ini menampilkan lebih dari 1000 kalung anjing yang berasal dari abad pertengahan hingga zaman modern.

Seperti yang kita tahu, kalung jadi salah satu aksesori penting untuk anjing. Bahkan, pada zaman dulu kalung pada anjing menggambarkan kasta sang pemilik, lho. Di museum inilah kamu bisa mempelajari itu semua. Sebanyak 500 ribu orang datang ke sini setiap tahunnya.

4. Avanos Hair Museum  

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? theculturetrip.com

Kalau kamu berlibur ke Avanos, Turki, mampirlah ke Avanos Hair Museum. Di sana kamu bakal melihat koleksi lebih dari 16 ribu rambut perempuan yang dipajang. Berdirinya museum ini diawali oleh Artist Chez Galip yang menerima seikat rambut dari wanita yang dicintainya.

Setelah peristiwa itu, ia pun mengumpulkan rambut perempuan di seluruh dunia saat berkeliling dunia. Koleksi rambut diberikan warna dan diberi penjelasan sesuai tempat diambilnya rambut tersebut. Meski terbilang aneh, museum ini gak pernah kehilangan antreannya, lho.

5. Chinsekikan Museum  

5 Museum dengan Koleksi Paling Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Tahu? atlasobscura.com

Museum yang berada di Chichibu, Jepang, ini memajang lebih dari 1.700 batu. Uniknya, 900 di antaranya memiliki pahatan menyerupai wajah manusia. Terdapat pula yang mirip karakter ET, Elvis Presley, Boris Yeltsin, bahkan Yesus.

Meski ruangannya tak terlalu luas, museum yang dikelola oleh ibu dan anaknya sangat populer di Jepang. Hingga saat ini, museum masih mencari batu-batu berbentuk tak biasa yang bisa dipajang. Kamu tertarik buat melihat batu di sini gak, nih?

Itu dia beberapa museum di dunia dengan koleksinya yang unik dan aneh. Namun, dari situlah museum tersebut dilirik dan didatangi oleh pengunjung dari berbagai dunia. Mana dulu yang mau kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Museum Paling Seram di Asia Tenggara, Kisahnya Bikin Merinding

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya