Comscore Tracker

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!

Memanjakan mata dan penyegar pikiran! #LokalIDN

Kota kecil yang termasuk dalam wilayah Jawa Timur ini, mendapatkan julukan Kota Pisang. Memiliki pesona alam yang memukau, Lumajang dikenal berkat pesona Bromo dan Gunung Semeru.

Tak hanya itu, Lumajang juga memiliki beberapa objek wisata berupa ranu. Ranu merupakan bahasa Kawi yang memiliki arti danau atau kolam. Tak hanya Ranu Kumbolo berikut adalah beberapa Ranu indah yang terletak di Lumajang.

1. Ranu Kumbolo

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/ranukumbolosemeru

Siapa yang tidak tahu ranu atau danau  yang satu ini, apalagi para pendaki yang telah menaklukkan Gunung Semeru. Terletak di ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl, suhu di udara di kawasan ini sangat sejuk dan nyaman. Memiliki keindahan yang eksotis,  pesona Ranu Kumbolo tiada duanya.

2. Ranu Pane

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/ranupani_indonesia

Satu kawasan dengan Ranu Kumbolo, Ranu Pani adalah desa terakhir bagi para pendaki puncak Mahameru. Punya keindahan yang mampu memanjakan mata dengan danau vulkanik dan keramahan para penduduk asli suku Tengger. Ranu Pani menjadi magnet tersendiri untuk dinikmati keindahannya.

3. Ranu Regulo

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/bernardusandre

Seperti  Ranu Kumbolo dan Ranu Pani, Ranu Regulo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau yang memiliki air kehijauan dengan dikelilingi perbukitan ini, cocok banget buat kamu untuk melepas penat seraya menikmati matahari terbenam.

4. Ranu Pakis

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/ddhaneswara

Terletak di desa Ranu Pakis,  Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Ranu Pakis berada di ketinggian sekitar 600 mdpl dengan luas 50 hektare dan kedalaman sekitar 26 meter.
Keindahan yang satu ini bisa kalian nikmati dari atas bukit, berlatar pemukiman penduduk Ranu Pakis memiliki pesona unik yang harus kalian rasakan.

Baca Juga: Sejuk Bikin Adem, Ini 9 Spot Air Terjun Terbaik di Lumajang

5. Ranu Bedali

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/rendi_orisa04

Ranu Bedali terletak di Dusun Jatian, Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Lumajang. Danau yang satu ini memiliki banyak spot foto yang istagenik yang akan membuat feed Instagram mu kian menarik.

Tidak hanya danau, kawasan Ranu Bedali juga memiliki dua air terjun tersembunyi dan begitu alami. Tempat ini, cocok banget buat kamu yang mencari ketenteraman dengan tempat sunyi

6. Ranu Klakah

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/yha_qie

Ranu Pakis, Ranu Bedali, dan Ranu Klakah kerap disebut sebagai segitiga emas. Karena letak ketiga danau ini berdekatan.

Pemandangan danau yang satu ini begitu menakjubkan karena berhadapan langsung dengan keindahan Gunung Lemongan. Panorama yang disajikan oleh Ranu Klakah begitu memesona dan begitu memanjakan mata. 

7. Ranu Darungan

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/adisan.id

Rekomendasi danau di Lumajang yang wajib kalian kunjungi selanjutnya adalah Ranu Darungan. Danau yang terletak di Kecamatan Pronojiwo ini, sering disebut masyarakat setempat dengan nama Linggo Rekisi .

Danau ini memiliki nilai sejarah tersendiri, karena dulunya dimiliki oleh orang Belanda. Dipenuhi dengan tumbuhan rimbun, keindahan danau ini begitu nyata pada musim kemarau. Jika berkunjung di musim kemarau kalian akan disajikan fenomena unik Ranu Darungan.

8. Ranu Lading

Tak Hanya Ranu Kumbolo, 7 Ranu di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi!Instagram.com/singgah.lumajang

Terakhir, danau yang dapat kamu kunjungi di Lumajang adalah Ranu Lading. Nama danau ini mungkin masih asing terdengar, namun bisa menjadi referensi kalian untuk menjauhi hiruk pikuk kota.

Terletak di desa Sumber Wringin, Kecamatan Klakah, danau yang satu ini terletak di tengah perkebunan teh. Jika kalian mengunjungi danau yang satu ini, akan merasakan sensasi memiliki danau pribadi karena tempat ini masih sepi pengunjung. 

Tidak hanya Ranu Kumbolo, ternyata Lumajang memiliki danau yang mampu membuat siapa saja terpana. Jadi mau berkunjung ke ranu yang mana nih?

Baca Juga: Masih Asri, 7 Wisata Alam di Lumajang Ini Wajib Dikunjungi

Nawa Maulida Photo Verified Writer Nawa Maulida

Be Yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya