Comscore Tracker

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin Keren

Nikmati keindahan tanpa harus menceburkan diri

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang begitu beragam. Laut, pegunungan, dan keindahan alam lainnya yang begitu memesona, termasuk air terjun.

Nah, air terjun menjadi destinasi wisata alam yang selalu menyajikan keindahan tersendiri. Untuk menikmatinya, kamu bisa mencoba dengan cara lain tanpa harus menceburkan diri.

Salah satunya dengan memanfaatkan gardu pandang. Kamu tetap bisa menikmati air terjun dan mendengar suaranya yang menenangkan. Di Jawa Timur, ada beberapa air terjun yang bisa dinikmati via gardu pandang lho. Seperti di lima tempat berikut:

1. Tumpak Sewu

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin KerenInstagram.com/gebby_rafael007

Air terjun di Lumajang ini memang lebih indah jika dinikmati dari atas ketinggian. Jadi, gak heran kalau kamu menemukan gardu pandang di dekat air terjun ini.

Harga tiket masuknya hanya Rp20 ribu. Lokasinya berada di Jalan Raya Sidomulyo, Besukcukit, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

2. Air Terjun Nglirip

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin KerenInstagram.com/kirana_keyy

Air terjun ini menjadi tempat wisata alam yang dikunjungi banyak orang. Dengan air berwarna tosca, kamu bisa menikmatinya di bebatuan sekitar air terjun. Apalagi sekarang sudah ada gardu pandang yang disediakan, sehingga jadi lebih menarik.

Untuk menikmati wisata di Tuban ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Siapkan uang Rp5.000 untuk tiket masuk. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata yang berada di Desa Mulyo Agung ini adalah saat pergantian musim kemarau dan hujan.

3. Air Terjun Putuk Truno

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin KerenInstagram.com/sherlie_citra

Lokasi air terjun ini berada di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Yang unik dari air terjun di kaki Gunung Weliarang dan Arjuno ini adalah gardu pandangnya punya tinggi mencapai 45 meter.

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp15 ribu. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, ada kamar mandi, bangku, tempat berteduh, dan hingga warung.

Baca Juga: 7 Air Terjun Unik yang Bisa Kamu Jelajahi di Geopark Ciletuh Sukabumi

4. Wisata Alam Banyuanyar

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin KerenInstagram.com/didikjumantoro

Air terjun satu ini baru saja dibuka sekitar Januari lalu. Lokasinya berada di Dusun Curah Leduk, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Untuk berkunjung ke sini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp5.000, belum biaya parkirnya. Dari area parkir, kamu harus jalan kaki untuk bisa sampai ke wisata alam dengan gardu pandangnya.

5. Coban Watu Ondo

5 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Foto Jadi Makin KerenInstagram.com/ruddyreyner

Berada di Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, air terjun ini memiliki nama Coban Kembar Watu Ondo. Ternyata alasan diberi nama ini karena ada dua air terjun yang saling berhadapan. Harga tiketnya cuma Rp10 ribu di hari biasa dan Rp20 ribu saat weekend atau hari libur. 

Itulah beberapa air terjun di Jawa Timur yang dilengkapi gardu pandang yang menarik. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi gak nih?

Baca Juga: 8 Wisata Air Terjun di Lampung dan Sekitarnya, Panoramanya Juara!

Topic:

  • Naya Gayatri
  • Dewi Suci R.

Just For You