Comscore Tracker

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi Wisatamu

Ada yang dekat dengan river club, lho

Bali selalu identik dengan wisata pantai yang indah. Pantai-pantai yang terbentang ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain pantai, Bali juga memiliki wisata alam berupa pegunungan dan air terjun yang menawan. Seperti di Kabupaten Gianyar yang memiliki beberapa air terjun dengan pemandangan memukau.

Yuk, simak lokasi beberapa air terjun di Gianyar yang bisa kamu kunjungi!

1. Air Terjun Goa Rang Reng

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/agusokyawan20

Air terjun yang berada di Desa Bakbakan ini terbilang cukup unik. Sebab, alirannya gak mengucur deras, melainkan menyebar melalui undakan bebatuan.

Nama air terjun ini yang diambil dari Goa Rang Reng yang biasanya digunakan masyarakat untuk melukat atau membersihkan diri dari hal-hal negatif. Itulah sebabnya area Air Terjun Goa Rang Reng disakralkan oleh umat Hindu.

Jika ingin berkunjung, kamu harus menempuh perjalanan sekitar tiga kilometer dari Kota Gianyar. Kamu juga harus menyiapkan uang sekitar Rp15 ribu untuk masuk ke sini.

2. Air Terjun Sumampan

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/dewa_wirayudha

Wisata air terjun satu ini terbilang masih baru, buka sejak September 2018. Berbeda dengan lainnya, air terjun ini ternyata buatan.

Sumber alirannya berasal dari pembuangan irigasi subak. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 15 meter dan ukiran batu berbentuk topeng yang dibuat oleh Nyoman Retana.

Berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, kamu bisa mengunjunginya dengan melewati tanah milik Wayan Cepeg, sang pengelola. Tak ada harga khusus yang dipatok sebagai tiket masuknya, kamu bisa bayar semampunya.

3. Air Terjun Kanto Lampo

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/dedik_armawann

Air terjun yang berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, ini memang terlihat miring, tapi gak kalah indah dibanding yang lainnya. Di sekitarnya terdapat area yang disucikan untuk Mendak Toya Ning atau mencari air suci dari desa untuk upacara Dewa Yadnya.

Air Terjun Kanto Lampo ini konon menyimpan sejarah tersendiri. Menurut cerita warga setempat, terdapat gua sepanjang kira-kira tiga meter yang dulunya digunakan pasukan Belanda sebagai tempat berdiskusi.

Untuk bisa mengunjunginya, kamu harus menempuh jarak satu kilometer dari Taman Kota Gianyar. Setelah itu, menuruni kurang lebih 500 anak tangga. Siapkan uang sekitar Rp15 ribu untuk masuk ke Air Terjun Kanto Lampo.

Baca Juga: 6 Air Terjun Paling Horor di Pulau Sumatra, Ada Suara Teriakan Mistis

4. Air Terjun Manuaba

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/desa_pekraman_manuaba

Masih berada di kawasan Tegallalang, air terjun ini mengalir indah di antara tebing. Air Terjun Manuaba berada di Kenderan, Kecamatan Tegallalang. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Gianyar.

Nah, akses menuju air terjun ini ternyata dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Kamu cuma perlu berjalan kaki dengan akses gak terlalu ekstrem selama 10 menit untuk mencapainya. Belum ada pungutan biaya khusus untuk masuk ke sini.

5. Air Terjun Tegenungan

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/ray_hands

Air terjun yang berada di Kemenuh, Kecamatan Sukawati, ini memiliki ketinggian 15 meter dengan debit air sangat deras. Meski demikian, airnya sangat bersih dan bening.

Lokasi air terjun ini gak jauh dari pusat Kota Ubud. Dengan menempuh perjalanan selama 30 menit, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang menyejukkan mata.

Akses menuju Air Terjun Tegenungan ini sudah bisa dilalui mobil atau motor. Namun, untuk menuju air terjunnya, dibutuhkan tenaga ekstra, karena menuruni banyak anak tangga. Biaya masuknya Rp20 ribu.

6. Air Terjun Blangsinga

6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi WisatamuInstagram.com/leaguetravels

Air terjun yang berada di Desa Blangsinga ini menawarkan konsep one stop destination village. Kamu bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Blangsinga sekaligus belanja oleh-oleh di Toko Krisna. Mampirlah sekalian ke D'Tukad River Club yang merupakan river club pertama di Bali.

Kamu bisa naik motor atau mobil untuk menuju air terjun yang berlokasi di Jalan raya Blangsinga, Saba, Kecamatan Blahbatuh, ini. Tiket masuknya hanya Rp20 ribu.

Itulah beberapa air terjun keren di Bali yang bisa jadi rekomendasi liburan serumu. Mana yang paling menarik minatmu?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Gianyar Paling Populer yang Bisa Kamu Kunjungi

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya