Comscore Tracker

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampir

Kamu pasti betah berlama-lama di sana

Apa yang bisa dilakukan jika kita pergi berlibur ke Jepang? Tidak hanya menonton bunga sakura atau mengunjungi kuil, kamu juga bisa pergi ke kebun binatang!

Apa spesialnya? Kebun binatang di Jepang memiliki banyak koleksi satwa yang sangat sehat dan terawat. Selain itu, kebun binatang ini cukup terkonsep. Contohnya lima kebun binatang berikut ini!

1. Tobe Zoological Park

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampirinstagram.com/adesso_ojisan

Tobe Zoological Park terletak di Prefektur Ehime di Pulau Shikoku. Di dalamnya, ada lebih dari 765 hewan dari 150 spesies. Namun, binatang terpopuler di sini adalah beruang kutub.

Beruang kutub itu bernama Peace, yang dilahirkan dan dibesarkan di Tobe Zoological Park. Hewan lain yang bisa dijumpai adalah puma, panda merah, singa, gajah, jerapah, dan masih banyak lagi.

Melansir dari situs resmi Tobe Zoological Park, kebun binatang ini buka dari jam 09:00-17:00. Tiket masuknya seharga ¥500 (sekitar Rp66 ribu) untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun, ¥200 (sekitar Rp26 ribu) untuk anak SMA usia 15-17 tahun, ¥100 (sekitar Rp13 ribu) untuk anak SD-SMP usia 6-14 tahun, ¥200 (sekitar Rp26 ribu) untuk lansia di atas 65 tahun, dan gratis untuk penyandang disabilitas serta anak-anak di bawah usia 5 tahun.

2. Tama Zoological Park

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampirinstagram.com/nekooyaji2

Awalnya, kebun binatang yang terletak di Tokyo ini dibuka sebagai bagian dari Ueno Zoo di tahun 1958. Yang unik, di dalamnya ada tiga taman utama yang dibagi berdasarkan habitat regional, seperti taman Asia, Afrika, dan Australia.

Hewan apa yang bisa dijumpai di sini? Di antaranya adalah macan tutul salju, panda merah, cheetah, harimau, burung pelikan, koala, kanguru, dan lainnya. Ada pula insektarium dengan rumah kupu-kupu di dalamnya.

Tama Zoological Park buka pada jam 09:30-17:00. Tiket masuk untuk orang dewasa usia 16-64 tahun adalah ¥600 (sekitar Rp80 ribu), lansia di atas 65 tahun ¥300 (sekitar Rp40 ribu), pelajar usia 13-15 tahun ¥200 (sekitar Rp26 ribu), dan gratis untuk anak-anak usia 0-12 tahun.

Baca Juga: 6 Festival Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Jepang, Gak Biasa!

3. African Safari

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampirinstagram.com/mocoree

African Safari berlokasi di Prefektur Oita, Kyushu. Seperti taman safari pada umumnya, pengunjung bisa berkeliling menggunakan kendaraan pribadi atau bus wisata yang telah disediakan, laman All About Japan menjelaskan.

Dengan demikian, pengunjung bisa mengamati hewan yang berkeliaran bebas. Bahkan, kita juga bisa memberinya makan dari dalam kendaraan! Seperti namanya, koleksinya adalah singa, cheetah, gajah, jerapah, zebra, hingga badak.

African Safari buka mulai pukul 09:00-16:30. Jika naik bus wisata, orang dewasa perlu membayar ¥1.100 (sekitar Rp146 ribu) dan anak-anak ¥900 (sekitar Rp119 ribu). Sedangkan, kunjungan dengan kendaraan pribadi lebih mahal, yaitu ¥2.500 (sekitar Rp333 ribu) untuk orang dewasa dan ¥1.400 (sekitar Rp186 ribu) untuk anak-anak.

4. Asahiyama Zoo

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampirinstagram.com/misapiii

Kebun binatang yang terletak di Hokkaido ini adalah yang paling banyak dikunjungi kedua di Jepang setelah Ueno Zoo. Fasilitasnya cukup lengkap, interaktif, dan pengunjung bisa mengamati hewan dari dekat.

Contohnya adalah Totori’s Village, kandang besar tempat burung bisa terbang bebas, akuarium besar di mana kita bisa melihat penguin berenang, dan lainnya. Koleksi hewannya adalah kuda nil, beruang kutub, burung hantu salju, anjing laut, beruang cokelat, sampai monyet Jepang.

Untuk masuk ke Asahiyama Zoo, kamu perlu membayar ¥1.000 (sekitar Rp113 ribu). Kebun binatang ini buka setiap hari kecuali libur tahun baru (30 Desember-1 Januari), serta beberapa hari di musim panas dan dingin, melansir dari japan-guide.com.

5. Ueno Zoo

5 Kebun Binatang Terbaik di Jepang, Kamu Harus Mampirinstagram.com/k.norifumi

Dan yang terakhir adalah Kebun Binatang Ueno. Ini adalah kebun binatang tertua di Jepang yang didirikan pada tahun 1882. Di sisi timur berisi hewan eksotis seperti panda dan sisi barat berisi hewan lumbung (barnyard animals).

Sedangkan, di tengah ada pagoda lima lantai yang merupakan bekas situs Kuil Kaneiji, ujar laman All About Japan. Hewan paling populer di sini adalah panda raksasa, tetapi ada pula harimau Sumatera, gorila, beruang kutub, singa, dan tapir. Totalnya ada lebih dari 2.500 hewan dari 350 spesies berbeda.

Ueno Zoo buka setiap hari (kecuali Senin dan libur tahun baru) dari pukul 09:30-17:00. Siapkan uang ¥600 (sekitar Rp80 ribu) jika ingin memasukinya!

Nah, itulah lima kebun binatang terbaik di Jepang yang direkomendasikan untukmu. Dijamin, kamu tak akan menyesal!

Baca Juga: 5 Taman Terindah di Osaka Jepang, Pesonanya Tak Terlupakan

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya