Comscore Tracker

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakor

Salah satu destinasi incaran untuk berfoto nih!

Korea Selatan menjadi tempat impian banyak orang untuk berlibur. Ada berbagai destinasi yang menarik untuk disinggahi, baik itu wisata alam, sejarah, maupun kuliner. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Istana Gyeongbokgung yang terletak di utara Seoul, Korea Selatan.

Istana yang dibangun pada tahun 1395 ini ternyata sering dijadikan tempat syuting film dan drama Korea lho! Mau tahu trivia seputar Istana Gyeongbokgung? Geser layarmu ke bawah, yuk!

1. Merupakan yang terbesar dari "Lima Istana Besar" yang dibangun oleh Dinasti Joseon

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakoragoda.com

Dinasti Joseon membangun "Lima Istana Besar" di Seoul, yakni Changgyeonggung, Changdeokgung, Gyeonghuigung, Deoksugung, dan Gyeongbokgung. Semua istana ini terletak di Distrik Jongno dan Jung.

Dulunya, istana Gyeongbokgung berfungsi sebagai rumah raja sekaligus pemerintahan Joseon. Gyeongbokgung terus berfungsi sebagai istana utama dinasti Joseon hingga hancur oleh api saat Perang Imjin (1592-1598) dan ditinggalkan selama dua abad.

2. Sempat direstorasi, kemudian dihancurkan lagi

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakorseoulinspired.com

Di bawah kepemimpinan Heungseon Daewongun pada masa pemerintahan Raja Gojong di abad ke-19, sebanyak 7.700 kamar istana dipulihkan. Dan sekitar 500 bangunan direstorasi di atas lahan yang luasnya lebih dari 40 hektar.

Sedihnya, di awal abad ke-20, sebagian besar istana dihancurkan secara sistematis oleh Kekaisaran Jepang. Setelah Jepang lengser, kompleks istana dikembalikan ulang ke bentuk aslinya. Kini, istana Gyeongbokgung menjadi yang termegah dan terindah dari "Lima Istana Besar" yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Baca Juga: Taman hingga Tempat Kuliner, Ini 5 Wisata Malam di Jongno-gu Seoul

3. Memiliki banyak bangunan dengan fungsinya masing-masing

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakorbrussels.korean-culture.org

Istana Gyeongbokgung punya banyak bangunan dengan fungsi masing-masing. Contohnya adalah aula Geunjeongjeon, tempat resmi raja untuk memberikan deklarasi kepentingan nasional, menyapa utusan dan duta besar asing selama dinasti Joseon, serta memberikan audiensi pada para pejabatnya.

Ada pula Sajeongjeon, bangunan yang digunakan sebagai kantor utama raja. Di sini, raja menjalankan tugas eksekutifnya dan mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi pemerintah.

Selain itu, ada paviliun Gyeonghoeru, yakni aula untuk mengadakan jamuan makan kenegaraan, Gangnyeongjeon sebagai tempat tinggal utama raja, dan masih banyak lagi.

4. Ada museum di dalam istana!

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakorhisour.com

Menariknya lagi, di dalam kompleks istana Gyeongbokgung, ada museum! Namanya adalah National Folk Museum of Korea yang terletak di halaman Istana Gyeongbokgung. Museum ini berdiri pada 25 April 1946, ujar laman The Seoul Guide.

Di dalamnya ada 4.000 artefak yang dipajang dan dipertontonkan. Kita bisa belajar bagaimana gaya hidup dan tradisi orang Korea pada masa lampau. Museum ini dikunjungi sekitar 2 juta orang per tahun, lho!

5. Digunakan sebagai tempat syuting banyak drama Korea

5 Trivia Istana Gyeongbokgung, Sering Dijadikan Tempat Syuting Drakortravelodgehotels.asia

Tak terhitung betapa banyak drama Korea yang setting lokasinya berada di istana Gyeongbokgung. Dilansir dari laman Korean Dramaland, contohnya adalah serial televisi Tears of the Dragon (1996-1998), Empress Myeongseong (2001-2002), Ladies of the Palace (2001-2002), hingga 5th Republic (2005).

Sementara, untuk yang terbaru ada Guardian: The Lonely and Great God/Goblin (2016-2017), My Sassy Girl (2017), Temperature of Love (2017), Kingdom (2019), When My Love Blooms (2020), dan masih banyak lagi. Coba tonton sendiri dan buktikan!

Nah, itulah trivia menarik seputar istana Gyeongbokgung yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Tak hanya bagus untuk foto-foto, tetapi juga memperkaya wawasan kita!

Baca Juga: 5 Istana Kuno yang Wajib Dikunjungi di Seoul, Korea Selatan  

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya