Comscore Tracker

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negara

Disiarkan langsung nih, wajib nonton ya!

Tari Thengul merupakan tari tradisional asli Bojonegoro, Jawa Timur. Tari ini terinspirasi dari kesenian wayang Thengul, yang berkisah tentang cerita rakyat seperti cerita wayang gedhog (cerita tentang kerajaan majapahit) dan juga wayang menak (cerita panji dan cerita para wali).

Tari Thengul di ciptakan sebagai upaya untuk melestarikan wayang Thengul yang hampir punah. Saat ini pemerintah kabupaten bojonegoro terlihat sangat gencar mengenalkan tari Thengul pada masyarakat luas.

Hal itu terlihat dengan digelarnya acara Bojonegoro Thengul International Folklore Festival pada tanggal 14 Juli lalu. Tak berlebihan jika saat ini tari Thengul didaulat sebagai ikon kota Bojonegoro.

Puncaknya pada 17 Agustus mendatang, tari Thengul akan ditampilkan pada acara perayaan Kemerdekaan Indonesia di istana negara. Agar lebih tahu tentang tari Thengul, langsung aja simak fakta di bawah ini.

1. Make up Penari Thengul

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/muri_org

Berbeda dengan tarian lainnya, make up penari Thengul berupa bedak putih tebal dengan garis hitam di rambut dan lipstik merah. Tak ketinggalan konde berbentuk boneka wayang yang menjadi ciri Thengul. Sekilas, penari thengul akan terlihat seperti mengenakan topeng.

2. Ekspresi Wajah

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/humas.bjn

Poin menarik dari tari Thengul yaitu ditampilkannya berbagai macam ekspresi wajah terutama bibir yang lucu seperti tertawa, cemberut, melotot dan ekspresi lainnya yang akan membuat penonton terhibur.

Baca Juga: 5 Fakta Paskibraka, Peran Bergengsi pada Upacara HUT Kemerdekaan RI

3. Tari Thengul merupakan tarian jenaka yang dibawakan secara kelompok

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/genpijatim

Fokus tari Thengul adalah gerakan yang kaku dan patah-patah seperti menirukan gerakan wayang. Tari Thengul dimulai dengan masuknya penari yang berjalan ala pinokio. Selanjutnya penonton akan dibuat tertawa oleh perpaduan gerakan tari yang unik dan ekspresi wajah yang lucu.

4. Jogete durung bubar, ayo diteruske, jogete durung bubar

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/bojonegoropemkab

(Narinya belum selesai, ayo dilanjutkan, narinya belum selesai)

Itu adalah potongan lirik yang ikonik dari lagu pengiring tari Thengul. Dengan musik yang menghentak-hentak, para penari semakin bersemangat menghentakkan kaki dan menari mengikuti iringan musik. Ditambah dengan gerakan siku yang kaku dan kepala menoleh ke kanan dan ke kiri yang menjadi ciri khas tari Thengul.

5. Tari Thengul semakin dikenal setelah digelarnya acara Bojonegoro Thengul International Folklore Festival yang juga dihadiri 4 negara lain

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/bojonegoropemkab

Berskala internasional, acara yang diadakan di area jembatan Sosrodilogo, Desa Trucuk ini turut dihadiri negara lain yaitu Bulgaria, Thailand, Polandia dan Meksiko dengan tujuan pertukaran budaya sekaligus memperkenalkan kebudayaan Bojonegoro pada dunia internasional.

Tak kalah menarik, dalam rangkaian acara ini delegasi negara lain juga turut menampilkan tari tradisional masing-masing lho.

6. Pecahkan Rekor Muri

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/muri_org

Tak tanggung-tanggung acara tersebut berhasil memecahkan rekor MURI atas pemrakarsa dan penyelenggara tari Thengul dengan peserta terbanyak, yaitu sebanyak 2.050 orang yang melibatkan pelajar dari SD, SMP dan SMA di Bojonegoro.

7. Tampil dalam acara HUT Republik Indonesia

7 Fakta Tari Thengul Bojonegoro yang Meriahkan HUT RI di Istana Negarainstagram.com/bojonegoropemkab

Kini tari Thengul siap diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, di mana pada tanggal 17 Agustus nanti 250 penari Thengul akan tampil di istana negara yang juga akan ditampilkan live di seluruh stasiun televisi.

Jadi tanggal 17 Agustus besok siap-siap pantengin televisi untuk menonton tari Thengul ya, guys!

Baca Juga: 7 Promo Diskon Tempat Makan di Jogja Selama Hari Kemerdekaan, Cobain!

Dewi Photo Community Writer Dewi

??

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You