Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kalimantan Selatan, Panoramanya Memesona!

Semuanya instagramable banget! #LokalIDN

Kalimantan dengan keindahan alamnya memang tak pernah mengecewakan, namun sayangnya masih banyak wisata alam yang kurang terekspos. Jika kamu memiliki rencana ingin menikmati alam Kalimantan yang indah dan mendamaikan, Provinsi Kalimantan Selatan dengan sejuta pesonanya dapat menjadi tujuanmu nih.

Berikut tujuh rekomendasi wisata alam di Kalimantan selatan yang wajib kamu kunjungi.

1. Sungai Amandit Loksado

https://www.youtube.com/embed/fzoe9dylIE0

Bagi kamu pencinta olahraga air seperti rafting, wisata alam yang satu ini wajib banget kamu datangin. Loksado merupakan kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Rafting di Loksado terbilang unik, karena tidak menggunakan perahu karet seperti biasanya, melainkan menggunakan rakit yang terdiri dari beberapa bambu. Setiap rakit bambu bisa dinaiki maksimal 3 penumpang dengan seorang pemandu. Rafting ini biasanya dilakukan di sungai Amandit. Waktu yang di tempuh sebuah bamboo rafting bisa mencapai 2 – 3 jam.

2. Air Terjun Bajuin

https://www.youtube.com/embed/QQute1s7P18

Masih berkaitan dengan wisata air, destinasi selanjutnya adalah Air Terjun Bajuin yang terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari yang berjarak sekitar 75 km dari Ibu Kota Provinsi Banjarmasin. Air Terjun Bajuin memiliki pemandangan pegunungan yang eksotik dan udara yang menyegarkan. Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda.

3. Pulau Kembang

https://www.youtube.com/embed/krv3NUKfBKg

Tempat wisata di Kalimantan Selatan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Pulau Kembang. Pulau ini terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini merupakan delta yang terbentuk secara alami dan membentuk pulau yang dihuni oleh kawanan kera. Selain bisa berinteraksi dengan kawanan kera, kamu juga bisa berfoto di hutan mangrove yang super estetik.

Baca Juga: 7 Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan yang Berstandar Internasional

4. Waduk Riam Kanan

https://www.youtube.com/embed/Bb-RjPDyV-k

Danau Riam Kanan merupakan salah satu waduk buatan terbesar di Kalimantan Selatan. Tak hanya berfungsi sebagai sumber air dan irigasi, danau ini juga populer sebagai salah satu tujuan wisata. Di sini pengunjung bisa berenang, memancing dan tentunya berlayar mengelilingi danau sembari menikmati panorama yang indah. Selain itu, kamu bisa singgah di pulau-pulau kecil yang ada di dalamnya seperti pulau Pinus, pulau Bekantan, dan pulau Rusa.

5. Bukit Matang Kaladan

https://www.youtube.com/embed/qO5kOPNYovU

Tempat wisata yang satu ini dikenal juga dengan istilah Raja Ampat-nya Kalimantan. Berada di tengah-tengah bukit barisan, Bukit Matang Kaladan tampak deretan pemandangan indah seperti di Raja Ampat. Bukit Matang Kaladan terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Selain menyajikan pemandangan indah dari ketinggian, perjalanan untuk mencapai puncak bukit ini juga terbilang menantang bagi para pendaki.

6. Bukit Rimpi Pelaihari

https://www.youtube.com/embed/yDvGvc70m4Q

Bukit Rimpi merupakan salah satu tempat wisata andalan Kalimantan Selatan. Bukit yang ini berada di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Bukit Rimpi adalah perbukitan dengan padang savana hijau serta hamparan rumput yang memiliki panorama indah. Bukit ini juga yang lebih dikenal dengan nama Bukit Teletubbies karena gundukan bukitnya yang menyerupai gundukan bukit di film Teletubbies.

7. Pantai Angsana

https://www.youtube.com/embed/-zuPr2_b7l0

Berbicara tentang wisata alam rasanya kurang lengkap tanpa rekomendasi wisata bernuansa pantai. Pantai Angsana bisa dibilang adalah pantai yang memiliki sejuta pesona. Tak hanya memesona dengan pasir dan air lautnya, melainkan ada pula hutanasri  yang bisa dilihat dan dinikmati pengunjung. Bagi kamu penggemar snorkeling dan diving, maka tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Keindangan bawah lautnya tak kalah dengan keindahan bawah laut di Bunaken dan Raja Ampat, lho. Pantai Angsana sendiri terletak di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kalau kamu berada di Kalimantan Selatan, deretan rekomendasi wisata alam di atas wajib untuk kamu kunjungi. Wisata alam mana nih yang paling membuatmu penasaran untuk mendatanginya?

Baca Juga: 7 Bukit di Kalimantan Selatan Ini Menyuguhkan Panorama Indah

Caressa lina Photo Verified Writer Caressa lina

nothing special about me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya