Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjub

Kawah Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan

Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang terletak di antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso , Jawa Timur,. Gunung ini memiliki ketinggian  2.799 mdpl.

Di sana ada kawah Ijen yang menawarkan bermacam-macam pesona alam bagi wisatawan maupun para pendaki. Apa saja pesonanya? Berikut beberapa fakta menarik kawah Ijen yang mampu menjadi daya tarik wisatawan dunia.

1. Kawah asam terbesar di dunia

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjubinstagram.com/@kemenpar

Kawah ijen merupakan salah satu kawah asam terbesar di dunia dengan caldera setinggi 300-500 meter dan luas mencapai 5.466 hektar. Tak hanya mempunyai luas saja, namun keindahan kawah juga menjadi daya tarik.

2. Termasuk dari dua gunung di dunia yang memiliki blue fire

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjubinstagram.com/evidwisoekarno

Pesona langka yang hanya di miliki di dua gunung di dunia ini adalah blue fire. Blue fire hanya bisa dilihat di Gunung Ijen dan gunung yang ada di Islandia. Cahaya kebiruan ini muncul di Gunung Ijen sekitar pukul 03.00 - 04.00 WIB.

Baca Juga: 7 Spot Wisata Belanja di Hong Kong, Murah Meriah!

3. Sebagai cagar biosfer dunia

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjubinstagram.com/explore_banyuwangi

United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan kawah Ijen sebagai cagar biosfer. Cagar biosfer (biosphere reserves) merupakan situs yang ditunjuk berbagai negara untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati.

4. Tambang belerang dengan konsep tradisional

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjubtripadvisor.co.uk

Tambang belerang di kawah Ijen ini termasuk tambang belerang terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT. Candi Ngribi. Belerang yang diproses secara tradisional bisa menarik wisatawan mancanegara untuk melihat langsung pengambilan yang dikerjakan kuli panggul setiap hari dengan wadah sederhana lalu dikumpulkan dan diproses menjadi berbagai produk.

5. Terdapat taksi didorong manusia

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia Takjubyoutube.com

Jalur pendakian gunung Ijen yang panjang dan melelahkan ini bisa di minimalisir dengan adanya taksi manusia alias gerobak sebagai transportasi untuk mencapai puncak. Karena tarif yang terbilang cukup mahal, transportasi ini biasa digunakan untuk wisatawan mancanegara yang tidak biasa mendaki.

6. Memiliki event tahunan berskala internasional

6 Fakta Menarik Kawah Ijen Ini Bikin Wisatawan Dunia TakjubIDN Times/Istimewa

International Tour de Banyuwangi Ijen atau yang dulunya Tour de Ijen ini merupakan tour balap sepeda tahunan yang diadakan sejak tahun 2012. Dengan rute yang ditawarkan dalam acara ini mampu menarik pesepeda balap internasional dari berbagai negara.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Alam di Pemalang yang Memukau, Pernah ke Sini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya