Comscore Tracker

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!

Surganya para pecinta wisata alam

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang sebagian wilayahnya terletak di kawasan Meru Betiri dan berada di sebelah barat Selat Bali. Karena letak geografis tersebut, bukan rahasia jika Banyuwangi mempunyai beraneka ragam tempat wisata yang patut dikunjungi.

Bahkan beberapa wisatanya telah kondang hingga seantero dunia seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, G-Land dan masih banyak lagi. Akan tetapi, masih jarang yang tahu jika kabupaten dengan julukan The Sunrise of Java ini rupanya mempunyai beberapa wisata air terjun yang sangat eksotis.

1. Air Terjun Jagir

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/bramsty

Air terjun Jagir berlokasi di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Dua diantaranya dengan ketinggian 20 m dan satunya 40 m.

Airnya jernih, berasa mandi di kolam. Disini kamu bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan asri. Asyik deh!

2. Air Terjun Lider

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/f_rizkillah

Air terjun Lider berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Ketinggiannya mencapai 60 m. Air terjun ini merupakan yang tertinggi dan terapik di Banyuwangi.

Tidak mudah untuk berada di sini, kamu harus menaklukkan tebing-tebing curam dan kawasan hutan. Namun, semua rasa lelah itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam serta gemericik suara air yang akan membuat kamu semakin terpesona dengan tempat ini.

3. Air Terjun Tirto Kemanten

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/galeri.bwi

Air terjun Tirto Kemanten sering disebut air terjun Wonorejo. Sebutan tersebut berkaitan dengan lokasinya yang berada di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Untuk mengakses air terjun dengan ketinggian 10 m ini tidak gampang. Kamu masih perlu melewati perkebunan kopi dan coklat. Tapi karena medan yang masih sulit diakses inilah, menyebabkan air terjun Tirto Kemanten masih terjamin kealamiannya.

Baca Juga: Kekinian, 10 Foto Keseruan Festival Kebaya Nusantara di Banyuwangi 

4. Air Terjun Coklak

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/daerilhabibi

Air terjun Coklak berada di Dusun Darungan, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Wisata yang juga disebut dengan air terjun Pelangi ini sangat unik. Pasalnya, air yang jatuh dari atas tebing tadi menciptakan warna warni yang mirip dengan pelangi. Keren ya!

5. Air Terjun Temcor

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/trulybanyuwangi

Berbeda dengan air terjun lainnya yang harus memasuki kawasan hutan atau perkebunan. Untuk menuju tempat ini kamu harus melewati hamparan sawah yang notabene dibelah oleh aliran deras air terjun.

Lokasinya berada di Dusun Sumberarum, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun temcor mempunyai ketinggian 10 m. Air jernih yang dikelilingi hamparan sawah yang hijau merupakan keunikan dari tempat ini.

6. Air Terjun Pertemon

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/Airyindonesia

Air terjun Pertemon berada di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Untuk berada disini, kamu harus melewati lereng, persawahan dan kebun kopi yang sekaligus bisa menjadi sarana refreshing selama perjalanan.

Keistimewaan dari air terjun ini adalah letaknya yang ada di tepi jurang dan dikelilingi tebing-tebing besar yang mengapit. Tebing-tebing tersebut lembab dan minim cahaya matahari. Sehingga banyak tumbuhan paku-pakuan yang menyelimutinya. Air terjun ini instagramable banget, sayang untuk lewatkan.

7. Air Terjun Telunjuk Raung

7 Air Terjun di Banyuwangi, Surga Tersembunyi yang Eksotis Abis!Instagram.com/rikasharsa

Di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi kamu bisa menemui air terjun yang diberi nama Telunjuk Raung ini. Sebelum mencapai tempat ini, kamu akan disuguhkan pemandangan perkebunan tebu dan bukit-bukit raung.

Karena berada di kaki Gunung Raung, air terjun ini memiliki sungai yang mengalir deras serta airnya yang masih jernih khas pegunungan. Dijamin bikin kamu langsung pengin nyebur ke sungai.

Itulah beberapa air terjun di Banyuwangi yang eksotis abis! Walaupun tempatnya tersembunyi dan butuh perjuangan yang ekstra, kamu tidak akan nyesel untuk mencapainya. Karena panorama alam dan keunikan dari masing-masing wisata tersebut akan menjadi terapi ajaib pelipur kelelahanmu.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Turun, Yuk Main ke 9 Pantai Menawan di Banyuwangi!

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You