Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!

Cocok untuk jadi destinasi liburanmu

Berbicara mengenai Indonesia pasti tak lepas dari soal kekayaan budaya, alam hingga pulau-pulau yang dimiliki. Lebih dari 17.000 pulau tersebar dari ujung Timur hingga Barat dan Utara hingga Selatan.

Jika kamu seringnya mendengar pulau-pulau yang familiar saja, maka kamu juga harus mengetahui pulau-pulau berikut. Lima pulau berikut ini unik karena punya lokasi administrasi yang menarik, lho. Mengapa unik? Yuk, simak alasannya sebagai berikut.

1. Pulau Kapoposangbali 

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!ilustrasi keindahan pulau Kapoposangbali (instagram.com/daripulokepulo)

Secara administratif, pulau ini merupakan bagian dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Liukang Tangaya, Provinsi Sulawesi Selatan. Namun menariknya adalah jika dilihat dari peta dan jaraknya, maka pulau ini akan lebih dekat dan berbatasan langsung dengan perairan provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan luas 10,40 km persegi, pulau ini dihuni oleh etnis Bugis, Makassar dan Mandar. Pulau ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu target destinasi wisata anti-mainstream.

Untuk menjangkau pulau ini, kamu bisa memilih berangkat dari provinsi Bali yang akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam dibanding dari kota Makassar yang bisa menempuh waktu puluhan jam dengan perahu motor.

2. Pulau Masalima 

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!ilustrasi keindahan pulau masalima (panoramio.com/said masalboys)

Satu lagi pulau yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di kecamatan Liukang Kalukuang MAS, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Pulau Masalima merupakan pulau kecil dengan jarak 293 km dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sebagai pulau terjauh yang terlihat lebih dekat ke pulau Kalimantan, tepatnya provinsi Kalimantan Selatan, pulau ini memiliki luas sebesar 91,5 km persegi. Pulau Masalima bersama Pulau Pammantauan atau yang sering disebut Pammas merupakan dua pulau terjauh yang dimiliki oleh provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Jadi Pulau Terluar di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik dari Pulau Wetar

3. Pulau Serasan 

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!ilustrasi keindahan pulau serasan (tempatwisata.pro)

Pulau ini sering disebut orang sebagai salah satu surga dunia yang terletak di perairan Laut Natuna. Secara lokasi, pulau ini lebih dekat ke wilayah provinsi Kalimantan Barat. Meskipun pada wilayah administratifnya pulau Serasan terletak di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Pesona pulau Serasan tidak diragukan lagi, banyak pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang dengan air jernih yang memanjakan mata. Untuk menuju pulau ini dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dari kota Pontianak, dan 3 hari jika dari kota Tanjung Pinang dengan menggunakan kapal. Wah, unik sekali ya!

4. Pulau Karamian 

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!Potret dari udara pulau karamian yang indah. (youtube.com/Explore Karamian Island)

Satu lagi pulau unik yang memiliki wilayah administrasi di provinsi Jawa Timur ini, ternyata berlokasi lebih dekat dengan provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Karamian terletak di wilayah Kramian, Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau kecil di utara Jawa Timur ini memiliki keunikan tersendiri untuk kamu yang ingin mengunjungi destinasi wisata jauh dari keramaian.

Penduduk pulau Karamian pun merupakan campuran antara orang Madura dan Bugis. Pulau kecil nan indah ini memiliki luas 10,14 km persegi. Hanya dengan satu jam berkendara kamu bisa menyusuri seluruh pulau dengan sepeda motor, menarik bukan?

5. Pulau Sebira 

Jarang Diketahui, 5 Pulau Ini Punya Lokasi Administrasi yang Unik!ilustrasi keindahan pulau sebira (instagram.com/pulausabira)

Terakhir, ada pulau Sebira yang juga memiliki wilayah administrasi yang unik. Secara lokasi, pulau ini lebih dekat ke pulau Sumatera, lebih tepatnya provinsi Lampung. Walaupun, secara administratif pulau ini adalah bagian dari Kepulauan Seribu Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Uniknya, di pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang merupakan peninggalan dari Belanda sejak tahun 1869. Letaknya di posisi paling utara membuat pulau ini juga disebut sebagai Noord Wachter atau sebagai penjaga dari utara.

Meski tak sefamiliar pulau Pramuka, pulau Tidung dan pulau Pari, pulau ini bisa menjadi destinasi wisata yang unik dan anti-mainstream. Kapan lagi kamu bisa mengunjungi pulau paling ujung dari gugus pulau di Kepulauan Seribu?

 

Nah, kini sudah tahu bukan? Selain menarik untuk diketahui, pulau-pulau ini juga menarik untuk jadi destinasi liburan, lho.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Pulau Sebatik, Dua Negara dalam Satu Pulau

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya