Comscore Tracker

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!

Bisa kamu kunjungi saat waktu salat tiba

Negara Singapura merupakan salah satu negara multietnik dan multikultural di dunia. Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada perbedaan agama dan keyakinan yang dianut. Islam merupakan salah satu agama resmi di negara ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya masjid yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Namun, sebagai negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim, mencari masjid di dekat objek wisata terkenal merupakan perkara yang gampang-gampang sulit. Seringkali mereka kesulitan di mana melaksanakan kewajiban salat lima waktu saat waktunya tiba.

Bagaimana solusinya? Maka, inilah masjid-masjid yang bisa kamu kunjungi untuk melaksanakan shalat.

1. Masjid Sultan

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!Facebook.com/Masjid Sultan Singapore

Alamat: 3 Muscat Street, Singapura 198833

Masjid Sultan merupakan masjid yang menjadi salah satu ikon Negara Singapura. Masjid ini dibangun pada tahun 1824 oleh Sultan Hussein Shah, Sultan Johor yang memprakarsai Negara Singapura modern.

Terletak di Kampong Glam yang merupakan kawasan Muslim Singapura, masjid ini memegang peranan penting terhadap perkembangan Islam di negara ini. Keunikannya terletak pada kubahnya yang berwarna keemasan. Desain bangunannya merupakan perpaduan arsitektur India tradisional, Islam, dan Eropa.

Atraksi wisata yang berdekatan dengan masjid ini adalah Haji Lane yang merupakan ruas jalan Instagramable yang terdapat bangunan berwarna-warni. Salah satu kawasan belanja murah terkenal di Singapura, Bugis Street, juga dapat ditempuh kurang dari 10 menit berjalan kaki dari sini.

2. Masjid Bencoolen

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!muslim.sg

Alamat: 51 Bencoolen Street #01-01, Singapura 189630

Masjid Bencoleen merupakan masjid yang terletak di salah satu jalan utama terkenal di Singapura, yaitu Bencoleen Street. Masjid ini juga dinamai dengan Masjid Al-Junied, nama yang diambil dari salah seorang saudagar Arab yang mendirikannya, Syed Omar bin Aljunied.

Didirikan pada tahun 1819, bangunan masjid ini awalnya terletak di atas masjid yang dibangun oleh umat Muslim dari Bengkulu, Indonesia (Bencoolen Muslims). Kemudian, Syed Omar bin Aljunied mendirikan bangunan permanen masjid ini pada tahun 1845. Namun, pada tahun 2004, masjid ini telah disatukan pada bangunan Hotel Bencoleen karena terjadi pemugaran di kawasan Bencoleen Street beberapa tahun sebelumnya.

Salah satu objek wisata dekat masjid ini adalah National Museum of Singapore yang merupakan museum tertua di Singapura. Jika kamu ingin berbelanja, masjid ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan Sunshine Plaza. 

3. Masjid Abdul Gafoor

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!Facebook.com/National Heritage Board

Alamat: 41 Dunlop Street, Singapura 209369

Masjid Abdul Gafoor merupakan masjid yang terletak di kawasan Little India. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1910 ini dinamai dari nama pendirinya, Shaik Abdul Gafoor bin Shaik Hydar.

Tujuan awal pendiriannya adalah untuk memenuhi kebutuhan tempat shalat para imigran Muslim Tamil dari India Selatan dan imigran suku Bawean dari Indonesia.

Desain masjid ini sangat unik karena merupakan perpaduan arsitektur India bagian selatan, Kerajaan Mughal, dan Eropa. Kerennya lagi, masjid ini telah dinobatkan menjadi "monumen  nasional" di Singapura pada tahun 1979.

Jika kamu telah puas berbelanja dan berwisata kuliner khas India di Little India, jangan lupa mampir ke masjid ini untuk salat ya!

Baca Juga: 5 Masjid Tertua di Kota Medan, Megah dan Bersejarah

4. Masjid Moulana Mohamed Ali

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!thechickenscratches.com

Alamat: UOB Plaza I, 80 Raffles Place, #B1-01, Singapura 048624

Masjid Moulana Mohamed Ali merupakan satu-satunya masjid di Singapura yang terletak di bawah tanah. Bangunan masjidnya bersatu dengan gedung perkantoran UOB Plaza. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1994 ini dapat menampung hingga 800 orang.

Masjid ini sering dikunjungi oleh para pekerja kantoran di sekitarnya dan para wisatawan. Selain itu, Patung Merlion yang menjadi ikon utama Singapura dapat ditempuh kurang dari 10 menit berjalan kaki dari sini.

5. Masjid Omar Kampong Melaka

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!straitstimes.com

Alamat: 10 Keng Cheow Street, Singapura 059607

Masjid Omar Kampong Melaka adalah salah satu masjid yang berada di dekat Sungai Singapura (Singapore River). Masjid ini merupakan masjid tertua di Singapura karena dibangun pada tahun 1820.

Awalnya, masjid ini merupakan surau sederhana berdinding kayu. Kemudian, masjid ini direnovasi pada tahun 1855 sehingga dindingnya terdiri dari kumpulan batu bata. Bangunan tambahan berupa minaret yang menjadi penanda masjid ini dibangun pada tahun 1981.

Atraksi wisata dekat masjid ini berupa Clarke Quay yang berada di seberang Sungai Singapura. Dermaga untuk menaiki Singapore River Cruise juga berada di dekatnya. Selain itu, masjid ini berjarak kurang dari satu kilometer Masjid Moulana Mohamed Ali.

6. Masjid Al-Falah

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!Instagram.com/masjid_alfalah

Alamat: 22 Bideford Road #01-01, Singapura 229923

Masjid Al-Falah merupakan masjid yang berada di salah satu kawasan belanja terkenal Singapura, Orchard Road. Masjid ini bersatu dengan sebuah gedung perkantoran komersial di Bideford Road. Dibangun pada tahun 1987, masjid ini bisa menampung hingga 1500 orang.

Mayoritas pengunjung masjid ini adalah para pekerja kantoran sekitar Orchard Road dan para wisatawan yang menjelajahi ruas jalan tersebut.

Pusat perbelanjaan yang berada di dekat masjid ini adalah Paragon Shopping Mall, ION Orchard, Ngee Ann City, 313 @Somerset, The Centrepoint, dan sebagainya. 

7. Masjid Al-Abrar

7 Masjid Ini Berdekatan dengan Objek Wisata Populer di Singapura Lho!straitstimes.com

Alamat: 192 Telok Ayer St, Singapura 068635

Masjid Al-Abrar merupakan masjid yang terletak di kawasan wisata Chinatown. Awalnya, masjid yang didirikan pada tahun 1827 ini merupakan gubuk jerami kecil. Lalu, masjid ini mulai direkonstruksi dengan batu bata pada tahun 1850.

Bangunannya berarsitektur Indo-Islam dan bersatu dengan pertokoan di sisi kanan dan kirinya. Dua minaret yang bersatu pada masjid ini mengapit pintu masuknya yang berada diTelok Ayer St. Sebelum atau setelah mengunjunginya, kamu bisa mengeksplorasi Chinatown dengan mengunjungi bangunan bersejarah, berbelanja, dan wisata kuliner.

Nah, tidak bingung lagi kan di mana mau melaksanakan salat? Jangan lupa melaksanakan salat lima waktu ya, ketika berada di objek-objek wisata yang disebutkan pada list di atas! Sebagai muslim, di manapun kamu berada dan apapun yang kamu lakukan, salat tersebut wajib kamu laksanakan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Dimsum di Singapura, Jangan Sampai Kelewatan!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya