Comscore Tracker

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!

Dijamin bikin merinding!

Dark tourism merupakan wisata horor yang berkaitan dengan kematian dan penderitaan. Objek wisata horor menimbulkan kesan seram, sedih, marah, hingga merinding bagi pengunjungnya. 

Hampir di setiap sudut negara pasti memiliki wisata horor, salah satunya Singapura. Kalau kamu pencinta horor, wajib banget dateng ke wisata horor di Singapura. 

Horornya gak main-main, dijamin bikin merinding. Berikut rekomendasi wisata horor di Singapura yang layak kamu kunjungi. Siap-siap uji nyalimu!

1. Fort Canning Hill

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!Fort Canning Hill (pexels.com/darrenhalos)

Fort Canning Hill (Bukit Fort Canning) merupakan bukit yang terdiri dari beberapa artefak bersejarah Singapura. Bukit ini dulunya merupakan lokasi istana raja pada abad ke-14 dan kediaman gubernur kolonial Inggris. 

Artefak paling terkenal di Fort Canning Hill adalah Battlebox, bangunan bawah tanah tempat komando rahasia Inggris pada masa Perang Dunia II. Bangunan sedalam 9 meter ini dibangun pada tahun 1936.

Battlebox menjadi saksi ketegangan penyerahan Singapura dari Inggris kepada penjajah Jepang pada 15 Februari 1942, sebagaimana dilansir laman resmi Battlebox Singapura. Saat ini, Battlebox beralih fungsi sebagai museum.

2. Kranji War Memorial

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!Kranji War Memorial (unsplash.com/sayhitobel)

Kranji War Memorial (Monumen Peringatan Perang Kranji) merupakan pemakaman para korban di Singapura yang meninggal saat menjalankan tugas pada Perang Dunia II. Korban tersebut sebanyak 4.400 orang yang dimakamkan berjejer di pemakaman ini.

Di Kranji War Memorial terdapat memorial terbesar dengan tinggi 24 meter, yaitu Singapore Memorial. Memorial ini memuat lebih dari 24 ribu nama tentara Sekutu yang terbunuh di Asia Tenggara dan tidak diketahui pemakamannya, sebagaimana dilansir Visit Singapore.

3. Changi Chapel and Museum

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!Changi Chapel and Museum (instagram.com/changichapelmuseum)

Changi Chapel and Museum merupakan museum yang terdapat gereja kecil di depannya. Museum ini menampilkan artefak-artefak kisah tawanan perang dan penduduk sipil saat pendudukan Jepang di Singapura. Kamu pun akan merinding dan sedih saat menyimak kisah mereka yang terjadi di masa tersebut.

Changi Chapel and Museum ini terdiri dari delapan area yang menampilkan tema artefak yang berbeda. Uniknya, terdapat replika penjara para tawanan perang yang bernama Changi Gaol di museum ini, sebagaimana dilansir Visit Singapore.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Horor di Bali buat Uji Nyalimu, Berani Datang?

4. Haw Par Villa

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!Haw Par Villa (instagram.com/hawparvilla.sg)

Haw Par Villa merupakan taman yang terdiri dari berbagai atraksi budaya menarik. Atraksinya berkaitan dengan agama dan budaya yang ada di Asia, serta mitologi Tiongkok.

Salah satu atraksi menarik di Haw Par Villa adalah Hell's Museum (Museum Neraka). Pengunjung dapat mempelajari serba-serbi kematian di museum ini.

Atraksi menarik lainnya adalah 10 Courts of Hell (10 Pengadilan Neraka) yang menampilkan diorama dan patung yang menyiksa pendosa sesuai adat Tiongkok. Dijamin kamu merasa ngeri melihatnya.

5. Kay Siang Bunker

5 Wisata Horor di Singapura, Sensasi Ngerinya Gak Main-main!Kay Siang Bunker (facebook.com/wilfredtravel)

Kay Siang Bunker merupakan salah satu bungker (bangunan untuk berlindung dari serangan musuh) populer di Singapura yang digunakan saat Perang Dunia II. Bungker ini juga digunakan untuk menyimpan peralatan militer dan amunisi tentara Inggris, sebagaimana dilansir SG Trek.

Kondisi Kay Siang Bunker masih berupa bangunan aslinya yang ditutupi tumbuhan hijau. Situasi di dalam bungker ini lembap dan sedikit menyeramkan. Jika kamu memiliki adrenalin yang tinggi dan suka menjelajahi alam, bungker ini cocok kamu kunjungi.

Nah, apa kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu wisata horor di Singapura tersebut? Tak ada salahnya menjajal salah satu sebagai pengalaman seumur hidup, nih. Sudah siap ke sana? Jangan lupa siapkan nyalimu, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Horor di Jepang, Ada Hutan Lokasi Bunuh Diri

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya