Comscore Tracker

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnya

Nilai sejarahnya gak pernah surut meski kian modern

Istanbul dengan segala daya tariknya selalu berhasil menarik perhatian pengunjung. Makanya wajar saja bila kota terbesar di Turki ini menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh traveler dari seluruh belahan dunia. Istanbul memang dinilai sebagai kota serba modern. Namun di lain sisi, tingginya nilai sejarah tetap terasa lantaran tersebar di tiap sudut kota. 

Gimana pun, kamu mesti mengunjungi dan melihat sendiri pesona kota Istanbul agar bisa merasakan pengalamannya secara langsung. Ada banyak alasan kenapa Istanbul layak jadi pilihan destinasi wisatamu selanjutnya, dan ini 8 di antaranya.

1. Istanbul punya sederet landmark terkenal dan bersejarah

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyatheworldtravelguy.com

Apalah arti berwisata ke destinasi seru kalau kamu gak turut serta mengunjungi landmark-nya. Gak kalah dengan destinasi lain, Istanbul punya landmark tersendiri yang turut menjadi simbol kebanggaan.

Museum seperti Hagia Sophia dan Topkapi Palace dijamin menjadi pilihan mengesankan untuk kamu kunjungi, lho. Jangan lewatkan pula kunjungan wisata ke Kastil Rumelihisari dan Blue Mosque yang kental dengan unsur sejarah di tanah Turki. 

2. Ada banyak galeri seni yang bisa kamu kunjungi

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyacool-cities.com

Selain landmark, ada banyak galeri seni yang tersebar di wilayah Istanbul. Tentu ini bakalan jadi kegiatan super seru dan sayang banget bila kamu lewatkan begitu saja. Terlebih buat kamu pencinta karya-karya seni. Jika kamu sedang berada di distrik Beyoğlu, galeri seni yang ngetop seperti artSümer, Galerist, dan Arter adalah pilihan yang tepat. 

3. Kamu dapat menyaksikan arsitektur bangunan yang mengesankan

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyaistanbultourstudio.com

Salah satu daya tarik yang dimiliki kota Istanbul adalah gaya arsitektur pada bangunan. Saratnya nilai sejarah masih menorehkan pengaruh tertentu pada bangunan-bangunan yang berada di sini. Kuno namun tetap megah, itulah yang menjadi first impression orang banyak.

Umumnya bangunan kuno di Istanbul mewarisi karakteristik gaya arsitektur Ottoman, Byzantium, dan kekaisaran lainnya. Masih adanya warisan arsitektur kuno di antara modernnya bangunan pencakar langit turut menjadi pemandangan yang mengesankan di mata siapa pun. 

4. Untuk melepas penat, kunjungi hammam atau pemandian khas Turki

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyascoprireistanbul.com

Selanjutnya yang menjadi opsi penting adalah kunjungan ke pemandian umum. Disebut hammam oleh penduduk lokal, di sini kamu bisa menikmati mandi air panas ala orang Turki. Gak hanya ampuh untuk membersihkan diri, kamu dapat sekalian melepas penat dan merilekskan raga serta pikiran setelah berjalan-jalan seharian.

Sebagai pilihan, kunjungilah Ayasofya Hürrem Sultan Hamamı, Çemberlitaş Hammam, atau lokasi pemandian lainnya yang recommended

Baca Juga: 7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Kalau Transit Lama di Istanbul

5. Nikmati view eksotis saat menyusuri Selat Bosphorus

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyatruebluetour.com

Saat berada di Istanbul, nikmati juga eksotisme yang ditawarkan selat Bosphorus. Selat ini memisahkan dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Kebayang kan, gimana indahnya view perairan Bosphorus, apalagi jika menyaksikannya secara langsung dari atas kapal.

Bila tertarik, kamu dapat membeli tiket naik kapal di dermaga. Jangan lupa pula bahwa pilihan outfit merupakan faktor penting karena suhu Bosphorus terkenal dingin. 

6. Istanbul turut dikenal akan ragam kuliner lezatnya

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyapropertyturkey.com

Kapan lagi bisa menikmati cita rasa baklava yang otentik selain mencoba langsung dessert ini selagi berada di Istanbul. Selain baklava, macam-macam kulineran Turki lain juga terkenal akan kelezatannya.

Sebut saja manti, kebab, dan manisan ala Turki yang dikenal dengan nama lokum. Di Istanbul, sering pula diadakan bazar makanan yang dapat menjadi lokasi tujuan incaran kamu dalam mencicipi kuliner khas.

7. Kamu dapat berbelanja oleh-oleh sepuasnya di Grand Bazaar

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyafodors.com

Grand Bazaar merupakan pasar kuno yang sudah didirikan sejak tahun 1455 dan sangat terkenal di mata penduduk lokal mau pun pelancong dunia. Sangat sesuai buat kamu yang punya niatan mencari oleh-oleh atau souvenir untuk dibawa pulang. Jangan khawatir dengan isi dompet karena range harga yang dipatok bermacam-macam. Tinggal sesuaikan saja dengan bujetmu.

Di sini kamu bisa jelajahi ribuan toko dengan macam-macam barang jualan. Usahakan kamu berkeliling dari satu toko ke toko lainnya, sehingga bisa menemukan mana barang yang cocok dengan bujet yang kamu sediakan buat belanja. 

8. Pemandangan kota terlihat semakin memikat di malam hari

8 Alasan Istanbul Wajib Jadi Destinasi Wisatamu Selanjutnyaaroundtheworldl.com

Kegiatan wisata di Istanbul makin lengkap dengan jalan-jalan malam. Alasannya karena Kota Istanbul terlihat semakin memikat di malam hari. Ada banyak lho tempat-tempat asyik untuk kegiatan night walk.

Bahkan sekadar duduk-duduk di kedai kopi sudah cukup memperlihatkan kamu pemandangan malam yang memukau di Istanbul. Kalau mau lebih puas melihat view kota, kamu bisa menyaksikannya dari rooftop kafe atau resto. 

Nah, 8 alasan tadi membuktikan kenapa Istanbul mesti ada di bucket list kamu. Paling enggak, kamu harus menikmati indahnya kota ini minimal sekali seumur hidup. 

Baca Juga: 10 Wisata di Istanbul Ini Kaya Sejarah, Gak Pernah Sepi Pengunjung

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You